Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Penyebab Dan Cara Mengatasi Hp Cepat Panas, Ampuh!

 Penyebab dan cara mengatasi HP cepat panas 7 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Cepat Panas, AMPUH!
Penyebab dan cara mengatasi HP cepat panas - Salah satu problem umum dalam penggunaan smartphone yakni suhu panas yang berhebih. Masalah itu tentunya akan menciptakan pengguna merasa tidak nyaman ketika memegang smartphone.

HP sering panas biasanya diikuti oleh penurunan performa smartphone dan baterai cepat habis. Pada pemakaian normal HP cepat panas ketika internetan dan panas akan terasa di penggalan atas smartphone yang merupakan kawasan prosesor atau chipset.

Lalu kenapa HP gampang panas dan boros baterai meskipun tidak bermain game?, nah untuk mendinginkan HP yang panas, yuk eksklusif saja simak penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya di bawah ini.

Penyebab HP Cepat Panas

Berikut beberapa penyebab kenapa HP gampang panas dan boros baterai. Tentunya problem ini bisa terjadi di banyak sekali vendor smartphone tak terkecuali iPhone Sony Docomo, Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi lainnya.

1. Bermain Game Terlalu Lama

 Penyebab dan cara mengatasi HP cepat panas 7 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Cepat Panas, AMPUH!

Penyebab pertama dan paling umum kenapa handphone cepat panas yakni sebab penggunaan untuk bermain game dalam waktu yang lama. Penggunaan untuk gaming tentu akan menguras resource HP baik sektor CPU, GPU dan RAM.

Apabila suhu terlalu tinggi maka akan terjadi CPU throttling yang menjadikan game menjadi lag sebab imbas penurunan kinerja secara otomatis. Wajar tentunya baterai akan lebih cepat habis kalau dipakai untuk bermain game dari pada penggunaan untuk sekadar sosmed atau browsing.

Saran: Apabila suhu panas perangkat berlebih atau terjadi overheat, maka hentikan dulu penggunaan untuk bermain game selama beberapa ketika biar kinerja perangkat kembali stabil.

2. Menggunakan HP ketika Charging

Menggunakan smartphone ketika mengisi daya boleh-boleh saja. Namun akan HP menjadi cepat panas apabila proses pengisian daya dibarengi dengan penggunaan yang memerlukan kinerja lebih menyerupai bermain game.

Solusi: Sebisanya hindari bermain game sambil mengisi daya. Selain itu sebelum melaksanakan pengisian daya sebaiknya istirahatkan atau dinginkan suhu perangkat terlebih dahulu.

3. Sinyal Tidak Stabil

 Penyebab dan cara mengatasi HP cepat panas 7 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Cepat Panas, AMPUH!

Penyebab HP cepat panas selanjutnya yakni sinyal yang tidak stabil sehingga modem di dalam smartphone akan bekerja lebih keras untuk mendapatkan sinyal dari BTS seluler, tentunya modem akan membutuhkan lebih banyak daya baterai.

Saran: Pilih jaringan seluler yang paling stabil. Misalkan jaringan 3G lebih stabil dari 4G, maka setting smartphone biar menentukan jaringan 3G. Selain itu penggunaan jaringan Wi-Fi sanggup meringankan bebab perangkat.

4. Suhu Lingkungan yang Terlalu Panas

Faktor lingkungan juga bisa menjadi penyebab smartphone lebih cepat panas, khususnya penggunaan smartphone di bawah terik matahari tentu akan menciptakan suhu smartphone lebih cepat naik. Dengan kondisi smartphone yang terlalu panas tentu sanggup menurunkan kinerja.

Solusi: Gunakan smartphone di kawasan yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Misalnya di kawasan yang sejuk menyerupai ruangan yang mempunyai AC attau di bersahabat kipas angin.

5. Bug dari Sistem atau Aplikasi

 Penyebab dan cara mengatasi HP cepat panas 7 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Cepat Panas, AMPUH!

Sistem operasi atau aplikasi yang tidak stabil sanggup menjadikan kinerja smartphone menjadi tidak stabil. Hal ini biasanya terjadi ketika smartphone mendapatkan update software namun versi tersebut tidak stabil dan mempunyai beberapa bug.

Saran: Apabila sistem operasi dirasa menjadi menjadikan kinerja smartphone yang kurang stabil, maka Anda bisa melalukan downgrade atau upgrade ke versi paling stabil. Selain itu Anda uninstal aplikasi yang mencurigakan dan selalu berjalan di background.

6. Charger Bermasalah

Kemungkinan penyebab HP cepat panas juga bisa berasal dari tipe charger yang digunakan. Biasanya hal ini terjadi kalau memakai charger yang tidak original dan tidak sesuai dengan kemampuan smartphone.

Charger yang bermasalah dan tidak sesuai sanggup menjadikan daya yang diterima smartphone tidak stabil sehingga proses pengecasan bisa sangat lambat. Selain itu juga kemungkinan besar merusak baterai sehingga baterai menjadi drop.

Solusi: Gunakan adaptor charger dan juga kabel data original atau bawaan dari smartphone. Jika Anda tidak memakai charger original, pastikan Anda menentukan charger yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi smartphone.

7. Pengaturan yang Tidak Optimal

 Penyebab dan cara mengatasi HP cepat panas 7 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Cepat Panas, AMPUH!

Faktor terakhir yang bisa menjadikan HP cepat panas yakni dari pengaturan yang kurang optimal sehingga smartphone bekerja lebih keras meskipun dalam penggunaan normal.

Saran: Silahkan cek dan atur tingkat kecerahan layar, hapus widget yang tidak begitu penting, jangan memakai live wallpaper yang boros baterai, matikan koneksi bluetooth, GPS dan Hotspot.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas paling Ampuh

Setelah mengetahui beberapa penyebab HP gampang panas. Nah berikut 2 cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi problem HP yang cepat panas dan baterai yang cepat habis.

1. Menggunakan Aplikasi BatteryGuru

BatteryGuru yakni aplikasi pendingin HP yang efektif untuk mengontrol menggunaan daya, menjaga suhu untuk mengatasi problem HP cepat panas dan boros baterai. Berikut langkah-langkah memakai BatteryGuru:

Langkah 1. Download dan instal aplikasi BatteryGuru melalui Google Play Store.

Langkah 2. Setelah terinstal, silahkan buka aplikasinya dan berikan perinzinan aplikasi yang diperlukan.

Langkah 3. Setelah itu pilih hidangan Protection. Pada Temperature protection silahkan atur maksimal suhu, misalkan 38°C. Lalu klik tombol ENABLE.

 Penyebab dan cara mengatasi HP cepat panas 7 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Cepat Panas, AMPUH!

Selesai..., apabila proses pengisian daya menjadi lambat, Anda bisa menonaktifkan fitur ini. Setelah pengecasan selesai, Anda bisa mengaktifkannya kembali.

2. Menggunakan Cooling Fan

 Penyebab dan cara mengatasi HP cepat panas 7 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Cepat Panas, AMPUH!

Apabila cara sebelumnya dirasa kurang efektif. Maka Anda bisa membeli perangkat perhiasan yakni Cooling Fan atau kipas angin pendingin khusus untuk perangkat smartphone.

Cooling Fan ini berfungsi untuk menurunkan dan menstabilkan suhu smartphone, sehingga smartphone sanggup bekerja lebih optimal pada segi performa. Untuk harganya, Cooling Fan ini dibandrol mulai dari 200 ribuan.

Akhir Kata....

Nah jadi itulah penyebab dan cara mengatasi HP cepat panas dan baterai cepat habis. Baiklah sekian saja artikel ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jangan lupa ikuti terus untuk mendapatkan update artikel seputar tips smartphone.

Sumber https://teknolalat.blogspot.com/