Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Dan Cara Masuk Dfu Mode Di Iphone Dan Ipad

Apa Itu dan Cara Masuk DFU Mode di iPhone Apa Itu dan Cara Masuk DFU Mode di iPhone dan iPad
Bagi Anda yang sudah pernah JailBreak iPhone, pastinya sudah mengenal apa itu DFU Mode. Dengan mengetahui cara masuk DFU mode ini, memungkinkan kau bisa memperbaiki iPhone rusak yang dikarenakan adanya permasalahan sistem operasi pada produk smartphone Apple itu (iOS), bukan hardware.

DFU Mode iPhone, iPad dan iPod touch ini ialah salah satu alternatif terakhir bila ingin memecahkan persoalan yang terjadi di iOS menyerupai stuck logo, sering restart berulang, atau kasus lainnya yang berkaitan dengan software sebagaimana yang sudah diposting pada artikel sebelumnya Cara Masuk DFU Mode iPhone 7.

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu DFU Mode

Seperti yang dijelas diatas tadi, DFU Mode sebagai “jalan terakhir” yang diharapkan bila iPhone, iPad atau iPod touch mengalami error bila terjadi persoalan pada Recovery Mode.

DFU Mode akronim dari Device Firmware Upgrade ialah sebuah mode yang disematkan di perangkat Apple menyerupai iPhone, iPad, dan iPod touch bila kau ingin jailbreak, menghilangkan jailbreak, atau update firmware beta yang sudah kadaluarsa (expired) atau yang lain menyerupai dilansir dari laman theiphonewiki.

Mode ini bisa membantu kau mengembalikan perangkat mobile milikmu kembali normal bila sebelumnya iPhone hanya muncul (stuck) logo iTunes, stuck logo Apple atau persoalan lainnya. Saat masuk DFU Mode, perangkat iOS masih bisa terdeteksi di aplikasi iTunes Mac atau komputer Windows.

Bagi kau yang belum tahu cara masuk DFU Mode di perangkat iOS, baik itu iPhone 5, iPhone 5s, iPhone SE, iPhone 6, iPhone 6 Plus dan jenis iPhone terbaru lainnya tidak perlu khawatir alasannya ialah kami punya bermacam-macam tutorialnya untuk Anda di bawah ini.

Bagaimana Cara Masuk DFU Mode iPhone


Agar kau bisa masuk DFU Mode iPhone, iPad atau iPod touch, kita tidak harus selalu memakai tombol Home. Ada beberapa jenis iPhone yang memungkikan kita untuk masuk ke mode ini tanpa perlu tombol Home sama sekali.

Cara masuk ke DFU Mode untuk setiap iPhone berbeda-beda, bergantung dari varian iPhone yang kau miliki. Terlebih untuk iPhone 8 dan iPhone X, masuk ke DFU Mode agak berbeda dari generasi iPhone sebelumnya.

Cara Masuk DFU Mode iPhone 6s, SE dan versi sebelumnya


Jika kau sudah mencoba sekali dan belum juga berhasil masuk DFU Mode maka kau harus mengulanginya. Kamu mungkin butuh beberapa kali mencobanya supaya iPhone masuk ke DFU Mode.

Dibawah ini ialah bagaimana cara masuk DFU Mode di iPhone 6s dan varian sebelumnya. Langkah-langkah ini juga diperuntukkan untuk semua varian iPhone yang dirilis sebelum iPhone 7 termasuk iPad dan iPod touch.
  1. Colokkan iPhone, iPad atau iPod touch ke port USB Mac atau PC Windows memakai kabel data lightning atau 30-pin.
  2. Buka aplikasi iTunes.
  3. Matikan iPhone, iPad atau iPod touch bila dalam kondisi menyala.
  4. Tekan dan taham tombol Power (On/Off) selama 3 detik.
  5. Sambil menekan tombol Power, tekan dan tahan tombol Home.
  6. Tetap tekan dan tahan kedua tombol tersebut selama 10 detik kemudian lepas tombol Power tapi masih sambil menekan tombol Home sekitar 5 detik.
Sekarang, perhatikan apa yang muncul di layar iPhone. Jika muncul logo iTunes, berarti kau telah gagal masuk ke DFU Mode iPhone dan harus mengulangi langkah ke-3 sampai selesai.

Tampilan layar iPhone hitam tanpa logo iTunes ialah ciri bahwa iPhone sudah masuk ke DFU Mode. Ciri yang lainnya ialah muncul pesan “terdeteksi” di aplikasi iTunes dan kau sudah bisa restore iPhone, iPad atau iPod touch.

Cara Masuk DFU Mode iPhone 7 dan 7 Plus


Untuk masuk DFU Mode iPhone 7 atau iPhone 7 Plus, kita tidak memerlukan tombol Home tapi digantikan/menggunakan tombol Volume bawah. Caranya hampir sama dengan diatas.
  1. Sambungkan iPhone, iPad atau iPod touch memakai kabel data ke Mac atau PC Windows kemudian jalankan aplikasi iTunes.
  2. Selanjutnya, tekan dan tahan tombol Power dan Volumen Bawah kurang lebih 8 detik.
  3. Lepas tombol Power sesudah ditahan selama 8 detik tadi tapi tetap tekan dan tahan tombol Volume Bawah.
  4. Lepas tombol Volume Bawah bila sudah muncul pesan di iTunes, “iTunes has detected an iPhone in recovery mode.” berarti kau sudah berhasil.

Cara Masuk DFU Mode iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X


Pastinya kau sudah tahu menyerupai apa keunggulan iPhone X dan iPhone 8 yang dirilis tahun ini oleh Apple. Sekalipun iPhone X didesain tanpa tombol Home, tapi kau juga bisa masuk DFU Mode iPhone X.
  1. Tancapkan iPhone X atau iPhone 8 ke Mac atau PC Windows memakai kabel data.
  2. Buka aplikasi iTunes kemudian matikan iPhone X atau iPhone.
  3. Sekarang, tekan dan tahan tombol Power yang ada disamping kanan selama 3 detik.
  4. Selanjutnya, tekan dan tahan tombol Volume Bawah disamping kiri dan tetap menekan dan menahan tombol Power selama 10 detik.
  5. Lepas tombol Power dan tetap tekan dan tahan tombol Volume Bawah sekitar 5 detik.

Cara Keluar DFU Mode iPhone


Jika kita sudah masuk ke DFU Mode iPhone, bagaimana sih caranya keluar? Cara keluar DFU Mode terbilang lebih mudah. Kamu hanya peru menekan tombol Home dan Power secara bersamaan sampai iPhone restart dan logo Apple muncul.

Instal ulang iPhone dengan firmware via DFU Mode juga sanggup membantu bila kau lupa passcode iPhone.  Pastikan dulu, backup semua data iPhone sebelum melakukannya alasannya ialah proses ini akan menciptakan file dan konfigurasi hilang.

Tapi bila kau lupa password iCloud (ID Apple), instal ulang firmware melalui DFU Mode tidak akan bisa mengatasi persoalan tersebut.

Masih belum berhasil juga masuk DFU Mode iPhone, iPad dan iPod dengan beberapa langkah-langkah diatas? Silahkan berikan komentar pada kolom yang tersedia di bawah.