Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menciptakan Bootable Macos High Sierra Di Usb Flashdisk

Apple telah merilis Sistem Operasi terbaru macOS High Sierra Cara Membuat Bootable macOS High Sierra di USB Flashdisk
Sistem Operasi terbaru yang dibenamkan Apple di perangkat komputernya, macOS High Sierra hingga ketika ini sudah memasuki versi 10.13.3. Bagi yang pernah mendapati beberaa error atau bugs ketika pertama kali merilis macOS High Sierra 10.13 sehabis versi beta dirilis, telah banyak perbaikan pada versi terakhir ini sehingga tidak perlu lagi khawatir jikalau ingin menciptakan bootable macOS di Flashdisk atau dalam bentuk DVD installer.

Sebenarnya ada 2 (dua) cara install macOS di MacBook atau perangkat Mac lainnya, yaitu install update dan clean install. Pertama, kau hanya perlu login ke Mac App Store kemudian mengunduh file aplikasi Install macOS High Sierra dan menjalankannya.

Berbeda dengan cara yang kedua, semua file ataupun data lainnya akan hilang di perangkat Mac jikalau memakai metode instalasi yang satu ini. Clean install biasa juga disebut instal ulang, yang berarti semua data akan dihapus secara otomatis.

Untuk download macOS High Sierra terbaru, pastikan kau sudah punya atau buat Apple ID. Jika belum punya, silahkan buat terlebih dahulu pada artikel Cara Membuat Akun Apple ID Baru dan Gratis tanpa Kartu Kredit di iTunes [serta Cara Verifikasi Apple ID di Mac, iPhone dan iPad].

Jika sudah punya ID Apple dan login di Mac App Store, cukup ikuti tutorial bagaimana cara menciptakan bootable macOS High Sierra di USB Flashdisk di bawah ini.

Mengenal Apa Itu USB Flashdisk Bootable Mac


Sebelum menciptakan bootable Mac di Flashdisk, baiknya kau mengetahui mengenai USB Bootable Installer Mac. Tapi jikalau kau sudah tahu apa itu USB Flashdisk Bootable Mac, tidak perlu lagi membaca bab ini.

Bagi mereka yang membeli Mac bekas atau yang gres dari toko resmi Apple di Indonesia atau toko komputer tanpa diberikan DVD Bootable, akan sangat memerlukan USB Bootable Mac ini sebagai pengganti DVD Installer Mac tersebut.

Selain untuk keperluan clean install, pengguna Mac juga banyak menentukan menciptakan bootable flashdisk macOS ini alasannya yakni alasan lain menyerupai format partisi hardisk di Mac atau MacBook, update banyak sekali komputer Mac memakai flashdisk tanpa harus download installer macOS High Sierra lagi, reset password user dan masih banyak fungsi lainnya.

Persiapan Sebelum Membuat Bootable macOS High Sierra


Untuk menciptakan Bootable macOS High Sierra, kau harus mempersiapkan beberapa hal berikut ini:
  1. USB Flashdisk yang kapasitasnya minimal 8GB atau diatasnya dan jangan lupa format flashdisk tersebut dengan pilihan format OS X Entended (Journaled) memakai Disk Utility.
  2. Komputer Mac dengan kanal internet yang akan dipakai untuk download macOS High Sierra di App Store.
  3. Download dokumen aplikasi macOS High Sierra di Mac App Store atau pribadi mengklik tautan ini.
Saat mengunduh aplikasi macOS High Sierra di App Store, terkadang ada beberapa pengguna yang mengalami dilema ketika proses download sehingga kapasitas file aplikasi tidak sesuai atau lebih kecil dari seharusnya. Untuk itu, pastikan koneksi internet yang kau gunakan stabil dan cepat biar proses pengunduhan berjalan dengan lancar.

Akan muncul jendela instalasi macOS High Sierra jikalau kau sudah berhasil mengunduhnya. Tutup jendela tersebut kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

Bagaimana Cara Membuat Bootable macOS High Sierra di USB Flashdisk dengan Terminal

Setelah ketiga persiapan sudah kau punya, selanjutnya yang harus dilakukan yakni menciptakan bootable USB macOS High Sierra sebagaimana yang direkomendasikan oleh Apple sesuai langkah di bawah ini.
  1. Colokkan Flashdisk ke Mac atau MacBook.
  2. Buka aplikasi Terminal yang terdapat di folder ApplicationsUtilities. Kamu juga sanggup memakai Spotlight untuk menjalankan Terminal.
  3. Ketikkan isyarat perintah ini di Terminal. Kamu juga sanggup menyalin perintah yang ada di bawah kemudian paste di Terminal.
    sudo /Applications/Install\ macOS\ High\ Sierra.app/Contents/Resources/createinstallmedia --volume /Volumes/UNTITLED && say USB Bootable Selesai

    Apple telah merilis Sistem Operasi terbaru macOS High Sierra Cara Membuat Bootable macOS High Sierra di USB Flashdisk
  4. Tekan tombol RETURN kemudian ketikkan password user direktur untuk mulai menciptakan Bootable USB High Sierra.
  5. Terakhir, tunggu hingga proses selesai.
Waktu yang dibutuhkan untuk menciptakan bootable installer macOS High Sierra diatas bergantung dari USB Flashdisk dan spesifikasi komputer Mac yang kau gunakan. Rata-rata waktu yang diharapkan untuk proses pembuatan ini berkisar 25-30 menit.

Untuk mencobanya di Mac atau MacBook lain, tancapkan Flashdisk kemudian nyalakan komputer Mac sambil menekan tombol “option” (alt) kemudian pilih High Sierra. Sama halnya ketika Mac dalam kondisi nyala, colokkan USB Bootable High Sierra yang barusan kau buat tadi, restart Mac dan tekan tombol “option” di keyboard Mac.

Penutup


Sekarang, kau sudah sanggup memakai Flashdisk Installer macOS High Sierra tadi jikalau ingin install macOS High Sierra di komputer Mac milikmu. Silahkan restart Mac kau dan pilih USB Flashdisk tadi sebagai startup. Kamu juga sanggup menggunakannya di Mac atau MacBook lain.

Pastikan isyarat perintah yang diketikkan di Terminal ketika menciptakan bootable Mac sudah benar dan harus memastikan ukuran file aplikasi macOS High Sierra sudah sesuai dengan keterangan kapasitas file yang tertulis di Mac App Store biar proses menciptakan bootable macOS tidak bermasalah.

Jika kau menemuai adanya pesan error “command not found” yang muncul sehabis menjalankan perintah diatas di Terminal, artinya file aplikasi yang diunduh kondisinya corrupt (rusak).

Sebelumnya, ketika kau membuat bootable installer High Sierra beta akan mendapati adanya perbedaan perintah Terminal dibandingkan versi final ini.