Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Opini Analis : Tren Turun Bitcoin Belum Berakhir


Crypto - Hi bro, apakah bitcoin (BTC) sudah keluar dari fase 'bear' atau tren turun?. Beberapa ahad ini Bitcoin menyerupai 'ngos - ngosan', tidak besar lengan berkuasa menembus level di atas $4500. Yang menarik, dikala artikel ini dibentuk Bitcoin harganya $4111, akankah mendekati bahkan melewati $4500?


Media CCN mengabarkan bahwa Bitcoin sanggup jadi sudah berada dalam fase terakhir dari bear market, tetapi beberapa analis percaya masih ada jalan panjang sebelum cryptocurrency mayoritas ini pulih ke level sebelumnya.

Sepanjang dua bulan terakhir, harga Bitcoin telah pulih dari $ 3.210 menjadi $ 3.850, hampir 20 persen sesudah menunjukkan lonjakan ajakan dalam kisaran harga rendah.

Opini : Bitcoin Sudah Mulai Keluar Dari Pasar 'Stagnan'

Banyak analis percaya bahwa Bitcoin sedang dalam perjalanan untuk tetapkan dasar (bottom) yang sempurna dan memulai kenaikan harga secara sedikit demi sedikit dalam jangka panjang.

Menurut Mike McGlone, seorang analis di Bloomberg Intelligence, aset kemungkinan besar akan bertahan di pasar bear yang lebih usang dalam dua kuartal pertama tahun 2019.

Dia menyampaikan bahwa pemulihan Bitcoin baru-baru ini yaitu bouncing (pantulan) jangka pendek sebelum mendekati fase terakhir pasar bearish, McGlone berkata:

" Pengurangan penjualan yaitu alasan anggun untuk bouncing. Sekarang yaitu perihal durasi pantulan sebelum melanjutkan apa yang kemungkinan merupakan pasar bear jangka panjang. "

Seperti yang dilaporkan CCN pada 5 Januari, sangat mungkin bagi BTC untuk jatuh di bawah level support utama jikalau aset tidak keluar dari level resistensi kunci yaitu di atas $ 4.500.

Tren Turun Bisa Saja Terus Berlanjut

Dari November sampai Desember 2018, semua aset crypto mayoritas (BTC, ETH, XRP..) menunjukkan volatilitas liar dalam kisaran harga rendah tanpa gejala stabilisasi. 

Sepanjang tiga bulan terakhir, volume harian cryptocurrency rata-rata sekitar $ 15 miliar, yang sanggup dibilang cukup rendah mengingat bahwa secara histori acara perdagangan suatu aset cenderung meningkat.

Dengan volume harian cryptocurrency, terutama aset di luar Bitcoin dan Ethereum yang ada pada posisi terendah tahunan, penembusan di atas level resistensi utama sepertinya mustahil dalam jangka pendek.

Berbicara kepada Bloomberg, analis pasar senior eToro Mati Greenspan menyampaikan bahwa BTC masih lebih bersahabat ke bawah daripada ke atas, dengan demikian justru sanggup terlihat peningkatan ajakan Bitcoin dari investor sebab kisaran harganya yang rendah dan menarik bagi pedagang eceran dan investor.

Jadi bagi Anda yang tertarik untuk membeli bitcoin, silahkan beli di Indodax. Tidak mahal, sebab minimal beli Bitcoin cuma 50 ribu rupiah.


Greenspan berkata:

Biasanya hal terbaik untuk dilakukan yaitu membeli rendah dan menjual tinggi. Makara jikalau kita pergi dengan analisis teknis, kita sanggup dengan gampang melihat pada grafik bahwa kita jauh lebih bersahabat ke bawah daripada kita ke atas. 

Saya melihat industri yang tumbuh dengan sangat cepat dikala ini di mana kami melihat perusahaan yang terlibat dalam Bitcoin dan perekrutan blockchain dengan kecepatan tinggi. Kami melihat proyek gres akan daring. Kami melihat semua jenis indikasi bahwa orang semakin terlibat dalam pasar.

Stabil Di 2019

Jika cryptocurrency mulai terlibat dalam reli besar sesudah melihat tingkat volatilitas yang tinggi dalam dua kuartal terakhir tahun 2018, kelas aset akan rentan terhadap penurunan nilai dalam beberapa bulan mendatang.

Skenario ideal untuk cryptocurrency yaitu untuk terlibat dalam pergerakan harga naik secara sedikit demi sedikit pada tahun 2019 dan mempertimbangkan kinerja historis Bitcoin, kelas aset diperkirakan akan terlihat stabil dalam beberapa kuartal sepanjang tahun ini.

Beberapa Istilah yang mungkin anda belum tahu :

Cryptocurrency : mata uang digital, rujukan : Bitcoin
Bear Market : Kondisi pasar sedang turun (tren turun)
Volatilitas :  Besaran perubahan harga yang membuktikan fluktuasi pasar dalam satu periode tertentu.