Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep Mvc - Model View Controller Pada Php



Sesuai dengan apa yang saya janjikan kemarin, kali ini kami akan mengulas sedikit perihal MVC, istilah MVC sendiri mungkin anda sudah sering mendengarnya, istilah MVC sendiri sering dikaitkan dengan Framework, memang konsep MVC sering dipakai dalam pengembangan PHP Framework menyerupai Codeigniter, Yii, Laravel, dll, namun tidak hanya dipakai pada framework, tetapi juga beberapa CMS besar menyerupai Joomla, Wordpress, elgg juga memakai konsep MVC, kemudian apa yang dimaksud dengan mvc itu sendiri ? bagaimana konsepnya ? bagaimana cara membuatnya ?


 Sesuai dengan apa yang saya janjikan kemarin Konsep MVC - Model View Controller pada PHP

Apa itu MVC ?

MVC yaitu abreviasi dari model view controller yang berarti sebuah bentuk pemrograman memisahkan menurut budi penanganan tampilan, budi pengontrolan, dan budi pemodelan. dengan memakai konsep ini, code aktivitas yang kita buat akan lebih terstruktur dan rapi, serta kemudahan untuk dilakukannya maintenance (perbaikan/penambahan atau pengurangan code).

Bagian-bagian dalam MVC

1. Model
Model yaitu bab arahan aktivitas yang menangani bab query atau database. Isi dari model merupakan fungsi-fungsi yang bekerjasama pribadi dengan database untuk memanipulasi data pada Database contohnya insert data, update data, delete data, dll. dan bab Model ini biasanya tidak bekerjasama pribadi dengan View.

2. View
View yaitu bab dari aktivitas yang nantinya akan menjadi User Interface/Antarmuka bagi user, bab ini biasanya tidak bekerjasama pribadi dengan bab Model, tetapi bab ini sudah diatur dalam controller, View berfungsi untuk mendapatkan dan merepresentasikan data kepada pengguna. Makara sanggup di katakan bahwa view merupakan halaman web.

3. Controller
Controller merupakan bab yang menghubungkan model dan view. Controller berisi blok arahan aktivitas yang bertugas mendapatkan Request dari user kemudian memprosesnya sesuai dengan request User.




 Sesuai dengan apa yang saya janjikan kemarin Konsep MVC - Model View Controller pada PHP


Dari sedikit uraian yang ada diatas, sanggup disimpulkan bahwa Model yaitu bab yang mengatur interaksi user dengan database, view dipakai untuk menciptakan user interface, dan controller yaitu bab yang menghubungkan view dengan Model

Dengan memakai Konsep ini, kita sanggup menciptakan Program dengan Kode yang terstruktur, yang nantinya sanggup mempermudah kita dalam proses pengembangan maupun Maintenance

Demikian yang sanggup kami sampaikan mengenai Konsep MVC - Model View Controller pada PHP, Jika ada kritik, saran, silahkan berkomentar, biar bermanfaat