Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kelebihan Iphone Dibanding Android

 paling diminati yaitu Android dan iPhone 10 Kelebihan iPhone Dibanding Android

Saat ini, ada dua smartphone paling diminati yaitu Android dan iPhone. Tak heran bila dua platform mobile ini sering bersaing setiap tahunnya merilis ponsel terbaru besutannya.

Jadi, harus pilih iPhone atau Android?

Saya yakin itu yang Anda pikirkan ketika ini, lebih baik iPhone atau Android ‘kan.

Seperti yang kita ketahui bahwa Galaxy S8 dan S8+ gres saja dirilis oleh Samsung dengan desain yang cukup menawan, kualitas kamera terbaik dan sensor pemindai iris mata. Berbeda dengan Apple, yang gres akan merilis iPhone keluaran terbaru yaitu iPhone 8 pada bulan September nanti.

Sekalipun Android memegang pangsa pasar di Indonesia alasannya jumlah penggunannya yang lebih banyak dibandingkan iOS, masih ada beberapa asalan kenapa Anda harus menentukan ponsel besutan Apple itu.

Setelah membahas kelebihan MacBook dibanding laptop biasa, kami juga akan mengembangkan 10 kelebihan iPhone dibanding Android yang sudah kami rangkum di bawah ini.

1. Jaminan Update OS Lebih Lama


Kelebihan iPhone dibanding Android yang pertama yaitu jaminan update sistem operasi iPhone. iOS yaitu sistem operasi mobile buatan Apple dan hanya sanggup diinstal pada perangkat iOS menyerupai iPhone, iPad, iPod dan Apple Watch.

iPhone keluaran terbaru dirilis bersamaan dengan iOS terbaru dan mendapat update kurang lebih 5 tahun.

Sebagai contoh, iPhone 4s yang secara sedikit demi sedikit dalam waktu lima tahun mendapat update iOS terbaru mulai dari iOS 6, 7, 8 sampai iOS 9.

Begitupun dengan penerusnya, iPhone 5s yang dirilis pada bulan September 2013. Sudah hampir 4 tahun lamanya masih mendapat update iOS terbaru, termasuk upgrade ke iOS 11 yang masih dalam tahap beta dan bulan depan akan dirilis.

Dan tidak menutup kemungkinan bila iOS 12 rilis pada tahun 2018 nanti, Anda masih sanggup upgrade iOS 12 di iPhone 5s. Itu berarti Anda menikmati update iOS selama 5 tahun lamanya.

Berbeda dengan Android, yang diproduksi oleh beberapa vendor populer menyerupai Samsung, HTC, Xiaomi, dan lainnya hanya menawarkan sumbangan update sistem operasi beberapa kali saja.

Selain itu, cara update iOS sangat gampang dilakukan melalui perangkat tanpa komputer ataupun dengan cara jailbreak.

2. Aplikasi Terbaik Rilis Lebih Awal di iOS


Aplikasi terbaik selalu hadir lebih awal di iPhone daripada di Android. Tak heran bila beberapa waktu lalu, ada beberapa aplikasi ekslusif yang hanya sanggup dijalankan di iOS menyerupai Instagram, Flappy Bird, BBM dan Super Mario Run.

Meskipun Android lebih banyak diminati di tanah air dan ada jutaan aplikasi yang tersedia di Google Play Store, tidak akan mengalahkan ekosistem aplikasi di App Store.

Kebanyakan pengembang lebih menentukan merilis lebih dulu aplikasi di iOS kemudian menyediakannya di Google Play Store milik Google itu.

Ada banyak alasan kenapa developer lebih bahagia menciptakan aplikasi di iPhone daripada Android. Salah satunya alasannya tool development iOS lebih gampang digunakan.

3. Performa iOS Lebih Baik


Seperti yang kita ketahui, iOS yaitu sistem operasi mobile buatan Apple sendiri dan hanya sanggup dipakai di perangkatnya menyerupai iPad, iPod, iPhone dan Watch Apple. Inilah yang menciptakan Apple tahu betul apakah perangkatnya memungkinkan mendapat update iOS atau tidak.

Berbeda dengan Android  yang dibentuk oleh beberapa vendor menyerupai Samsung, HTC, Xiaomi, Sony, Motorola. Anda mungkin mendapat update OS Android, tapi tidak ada jaminan apakah update terbaru tersebut sanggup berjalan dengan baik di perangkat Anda.

Begitupun dengan tampilan antar-muka, Anda mungkin pernah dibentuk pusing alasannya tampilan sajian di HP Android yang berbeda-beda. Sementara di iPhone tidak menyerupai itu, baik itu iPhone 5, iPhone 6, iPhone 7 dan iPhone 2017 yang akan dirilis tahun ini.

Tampilan yang lebih gampang dan tidak memusingkan ketika ingin membuka layar, melihat jam, mengecek waktu, merekam, memotret dan masih banyak lagi yang menciptakan orang lebih menentukan membeli iPhone daripada Android.

Hal lain yang orang banyak tidak senangi ketika memakai smartphone yaitu aplikasi tertutup sendiri. Tapi tidak untuk iOS, Anda akan jarang menemukannya alasannya iOS lebih stabil daripada Android.

Tak heran bila Anda banyak menemukan error force stop atau aplikasi tiba-tiba berhenti dengan sendiri di Android.

Tak hanya itu saja, iOS membenamkan mode DFU yang memungkinkan Anda sanggup mengembalikan semua data menyerupai SMS, foto, video dan setting yang hilang tapi tentunya, kau sudah pernah sebelumnya melaksanakan backup data iPhone.

4. Sistem Operasi Lebih Aman


Selain 3 kelebihan iOS daripada Android diatas yang menciptakan orang lebih menentukan iPhone walaupun harganya terbilang mahal yaitu sistem keamanan iOS jauh lebih baik. Keamanan data yang jauh lebih anggun menimbulkan alasan kenapa kau harus beli iPhone.

Sejak dirilisnya iOS 9, Apple juga menambahkan fitur ID Apple yang gres pertama kali login ke perangkat iOS atau web browser baru. Anda diharuskan memasukkan isyarat verifikasi yang dikirimkan ke perangkat Apple.

Anda mungkin masih mengingat ketika ransomware menyerang awal tahun 2017, Apple tidak tinggal membisu dan segera merilis update iOS 10.3 bagi pengguna perangkat iOS untuk menangkal serangannya.

Untuk mengetahui lebih terang mengenai update keamanan iOS sanggup Anda baca di situs Apple.

5. Berbahan Premium, Desain Simpel dan Elegan


iPhone dikenal sebagai smartphone dengan harga mahal. Tapi itu sepertinya masuk akal saja mengingat materialnya terbuat dari aluminium berbahan premium dengan rangka stainless steel.

Ini juga yaitu salah satu kelebihan iPhone daripada Android yang patut Anda pertimbangkan ketika galau menentukan lebih baik iPhone atau Android.

Dikabarkan pada bulan Septermber tahun ini, Apple akan merilis iPhone 2017 yang mungkin diberi nama dengan iPhone 8 yang material materi yang lebih premium dibandingkan generasi pendahulunya.

Dari segi desain, iPhone punya penampakan yang lebih unik dan tampil beda bila dibandingkan dengan Android. Banyaknya produsen HP Android yang membuatnya tidak punya keunikan daripada iPhone.

Ketika Apple merilis iPhone terbaru, desain yang dibentuk tidak pernah menciptakan penggunanya merasa kesulitan menggunakannya. Penempatan tombol Home, volume, power tidak pernah mengalami perubahan yang signifikan.

6. Garansi


Kelebihan iPhone dibanding Android yaitu garansi. Semua produk Apple mendapat garansi resmi selama 1 tahun semenjak Anda membelinya baik itu Mac, iPhone, iPad, iPod, dan Watch Apple.
Cakupan garansi resmi iPhone sangat lengkap. Jika Anda mengalami persoalan pada komponen atau hardware maka Anda tidak hanya mendapat perbaikan saja tapi juga pergantian komponen pada masa garansi 1 tahun tersebut dengan biaya gratis.

Cara klaim garansi resmi iPhone terbilang sangat mudah, Anda hanya perlu pergi ke Apple Premium/Authorized Reseller. Anda tidak perlu khawatir, ada banyak toko resmi Apple di Indonesia yang tersebar di kota-kota besar.

Ini tentunya berbeda dengan garansi distributor, yang tidak ditunjuk pribadi oleh Apple. Biasanya masa garansi yang diberikan kurang dari 1 tahun, kurang lengkap dan proses klaim yang rumit serta agak lama.

Dengan AppleCare Protection Plan, Anda sanggup memperpanjang atau menambah masa garansi iPhone. Cara daftar AppleCare sangat mudah,cukup kunjungi Apple Reseller Authorized kemudian mengaktifkannya di situs AppleCare.

Dengan menambah garansi iPhone, Anda tidak perlu lagi khawatir ataupun mengeluarkan uang untuk membeli spare parts iPhone yang harganya terbilang mahal ketika masa garansi satu tahun sudah selesai.

Jika Anda punya budget yang lebih, sangat disarankan menggunakannya walaupun harga Apple Care terbilang mahal.

7. Kualitas Kamera Terbaik


Jika dibandingkan dengan Android yang mempunyai resolusi kamera tinggi, iPhone justru masih membenamkan kamera dengan resolusi rendah. Akan tetapi, kamera iPhone karenanya jauh lebih anggun ketimbang kamera Android yang resolusinya lebih tinggi.

Sudah menjadi diam-diam umu bila kualitas kamera iPhone terbaik. Ada banyak faktor yang mengakibatkan hal tersebut.

Resolusi kamera yang menjadi salah satu faktor penentu menentukan orang dalam menentukan smartphone, apakah harus pilih iPhone atau Android.

Samsung Galaxy S8+ dan iPhone 7 Plus masing-masing punya kamera belakang dengan resolusi yang sama yaitu 12 MP, perbedaannya terletak pada bukaan kameranya.

Pada kenyataannya, bila keduanya dalam mode auto maka hasil jepretan yang dihasilkan kamera iPhone lebih detil dibandingkan dengan Galaxy S8.

8. Harga Jual Lebih Tinggi


Banyak orang yang mengetahui bahwa produk Apple mahal dan ekslusif. Itulah yang mengakibatkan harga jual iPhone lebih tinggi dan termasuk juga kelebihan iPhone.

Tak heran bila Anda termasuk orang yang suka gonta-ganti smartphone, tidak akan merasa rugi bila membeli iPhone alasannya harga jual iPhone lebih tinggi.

Asumsinya, iPhone bekas pemakaian Anda yang akan dijual itu tidak mengalami kerusakan menyerupai layar pecah, adanya baret, baterai bocor, atau cacat fisik lainnya.

9. Minim Resiko Terkena "Malware"


Symantec menyampaikan bahwa Android lebih rentan terkena serangan malware dibandingkan dengan iOS milik Apple itu. Tentunya ini dikarenakan oleh penggunanya sendiri dan banyaknya aplikasi root Android yang gampang didapatkan dari internet.

Bukan berarti pengguna iPhone 100% kondusif dari malware. Jika Anda mencari tahu cara jailbreak iPhone dan melakukannya alasannya suatu hal, sanggup jadi iPhone lebih rentan terkena malware atau serangan berbahaya lainnya.

Instal aplikasi Android yang cukup gampang memang sangat menguntungkan pengguna Android, tapi ada banyak aplikasi Google Play Store yang berasal dari sumber yang tidak terpercaya sehingga resiko terkena malware lebih tinggi.

Berbeda di toko aplikasi iOS, App Store. Apple sangat ketat dalam menyeleksi aplikasi yang sanggup diunduh oleh penggunanya.

10. Tanpa Aplikasi Operator Seluler


Anda tidak akan menemukan adanya aplikasi perhiasan dari pihak operator seluler bila membeli iPhone. Tidak sama menyerupai HP Android yang diproduksi oleh Samsung, Xiaomi, HTC dan lainnya.

Ada banyak aplikasi operator seluler yang disertakan, padahal sanggup jadi Anda tidak terlalu membutuhkannya. Aplikasi bawaan Android ini terkadang membuah orang kesal alasannya tidak sanggup dihapus, hanya sanggup dinonaktifkan saja.

Keberadaan aplikasi ini akan mengurangi kapasitas memori internal.

iPhone tidak sama menyerupai Android. Bagi Anda yang memakai iOS 10, cara menghapus aplikasi bawaan Apple sangat gampang dilakukan bila Anda tidak menggunakannya.

Penutup


Memiliki smartphone yaitu dambaan semua orang. Kelebihan iPhone ini yang menciptakan banyak orang ingin menggunakannya.

Sekalipun sistem operasi iOS lebih aman, Anda jangan pernah berpikiran jailbreak iPhone alasannya tergiur banyaknya aplikasi berbayar yang sanggup Anda instal tanpa harus bayar supaya keamanan data dan privasi lebih terjaga.

Membeli aplikasi berbayar di App Store jauh lebih baik bila memang Anda punya budget lebih daripada download aplikasi gratis di App Store iOS alasannya ada banyak fitur menarik yang ditawarkan.