Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latar Belakang, Pengertian, Dan Pemahaman Metodologi Desain (Bag 1)

 jikalau iya apakah kau sudah paham mengenai konsep dari metodologi desain  Latar Belakang, Pengertian, dan Pemahaman Metodologi Desain (Bag 1)

Apakah kau seorang desainer ? jikalau iya apakah kau sudah paham mengenai konsep dari metodologi desain ? jikalau belum pada artikel kali ini akan menjelaskan perihal hal dasar metodologi desain dari apa pengertian metodologi desain sampai pemahaman nya biar kau semakin paham teori desain itu sendiri.

Latar Belakang

Berikut merupakan latar belakang mengapa metodologi itu dibutuhkan:
  • Mendesain yakni aktivitas memecahkan duduk kasus yang berdasarkan pada metode yang sistematik, saintifik, serta rasional 
  • Kesejajaran aktivitas desain sebagai aktivitas ilmiah dengan menekankan metode pada pemecahan duduk kasus desain 
  • Kompleksitas untuk menghadirkan desain terletak pada bagaimana desainer bisa mengutarakan seluasluasnya duduk kasus yang melingkupi desain 
  • Menghindari unsur subyektivitas (layaknya seniman dalam berkarya), semakin luas desainer mengurai dan mendefinisikan masalah, semakin objektif desain yang dihasilkan.

Pengertian

Metodologi berdasarkan KBBI yaitu ilmu yang mempelajari perihal uraian metode. Adapun pengertian yang lebih rinci yakni :
  1. Cara teratur yg dipakai untuk melakukan suatu pekerjaan biar tercapai sesuai dng yg dikehendaki; cara kerja yg bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu aktivitas guna mencapai tujuan yg ditentukan; 
  2. Lingkup perilaku sekelompok sarjana thd bahasa atau linguistik, msl metode preskriptif, dan komparatif; 
  3. Prinsip dan praktik pengajaran bahasa, msl metode pribadi dan metode terjemahan”

Metodologi yakni Cara – Sistematika – Pendekatan Metodologi sebagai kumpulan metode / perangkat ilmiah yang dipergunakan pada proses perancangan/desain. Hasil selesai berupa anjuran metode perancangan yang sempurna untuk memecahkan suatu problem desain. Studi dan penelitian awal terhadap bidang keilmuan desain melalui konsep proses, dan aplikasi pendekatan yang metodologis / ilmiah.

Perbedaan Metodologi dengan Metode

Namun yang perlu kita pahami yakni Metodologi berbeda dengan Metode, adapun perbedaan nya sebagai berikut :
  • Metodologi yakni metode-metode, prosedur-prosedur, konsep konsep pekerjaan, aturan-aturan yang akan dipakai sebagai pedoman bagaimana dan apa yang harus dikerjakan selama pengembangan desain.   
  • Sedangkan Metode yakni cara, teknik yang sistematis untuk mengerjakan sesuatu. Urut-urutan prosedur untuk penyelesaian duduk kasus ini dikenal dengan istilah algoritma 

Itulah Latar Belakang, Pengertian, dan Pemahaman Metodologi Desain bab awal. Masih banyak hal yang akan kami bahas mengenai Metodologi Desain, jadi nantikan bab 2 dan seterusnya di yaa.