Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilpres 2019 Gosip Tempe Joko Widodo Vs Sandiaga

Presiden Jokowi dan Wali Kota Bogor Bima Arya blusukan di pasar. (Niken Purnamasari/detikcom)
Tempe kini meramaikan isu Pilpres 2019. Menjadi objek bahasan ketika menyinggung urusan kondisi ekonomi.

Cawapres Sandiaga Uno yang mulanya menyebut-nyebut tempe. Namun sorotan Sandiaga secara tak pribadi dijawab capres petahana Joko Widodo (Jokowi).

"Isu-isu materi pokok naik. Ada yang tiba ke pasar, harga materi pokok naik. Inflasi biasanya 8-9 persen, kini inflasi di bawah 3,5 persen. Artinya harga itu terkendali. Dipikir saya nggak pernah keluar-masuk pasar," ujar Jokowi dalam sambutan di Kongres Wanita Kristen Republik Indonesia di Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (30/10).

Pernyataan ini disampaikan Jokowi sekaligus untuk mengingatkan masyarakat tidak terpengaruh isu yang tidak benar, salah satunya soal ekonomi.

"Jangan hingga kita ini tergoda isu-isu yang tidak benar. Wong saya setiap pagi bacaan saya apa sih? Harga-harga, angka-angka. Apa yang saya baca itu, harga-harga, jangan dipikir saya nggak ngikuti. Telur pagi ini berapa, beras harga berapa. Seperti tadi pagi yang masuk ke saya, harga beras Rp 11.750 turun Rp 100. Telur Rp 22.950 turun Rp 350. Mungkin dengan ibu-ibu yang lebih tahu saya," papar Jokowi.

Sandiaga Uno memegang tempe di Pasar Projosari, Bawen, Rabu (24/10/2018). (Eko Susanto/detikcom)
Malam itu juga, Jokowi blusukan ke Pasar Suryakancana, Bogor, bersama Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Jokowi juga mengecek harga dan ukuran tempe.

"Ini sambil ngecek tempe naik atau tidak naik. Harganya tetap," kata Jokowi di pasar.

Jokowi menepis ukuran tempe setipis kartu ATM, sebagaimana pernah disebut cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno. Jokowi menyampaikan tempe yang dicek dan dibelinya berukuran tebal.

"Tadi lihat sendiri. Ya tebal," ujar Jokowi.

Harga tempe yang mahal dan berukuran setipis kartu ATM sempat disinggung Sandiaga pada September lalu. Menurut Sandiaga, alasannya yaitu harganya meningkat, ukuran tempe ketika ini setipis kartu ATM.

"Kita sangat khawatir, prihatin dengan keadaan ekonomi dan kita ingin menyuarakan aspirasi rakyat. Tempe katanya kini sudah dikecilkan dan tipisnya udah hampir sama dengan kartu ATM," kata Sandiaga di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (7/9).

Sedangkan soal pengecekan Jokowi ke pasar, Sandiaga mengaku bahagia alasannya yaitu isu harga pangan di pasar mendapat respons dari Jokowi.

"Saya apresiasi bahwa isu yang kita angkat selama dua bulan terakhir sejak pencalonan didaftarkan di KPU itu kesudahannya mendapat respons dari pemerintah dan pimpinan tertinggi, yaitu Pak Presiden sendiri," ujar Sandiaga di kompleks perumahan DPR, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (31/10).

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-4282238/isu-tempe-jokowi-vs-sandiaga

Video Recommended :