Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Partisi Hard Disk Mac Dengan Disk Utility

Cara Partisi Hard Disk Mac dengan Disk Utility Cara Partisi Hard Disk Mac dengan Disk Utility

Jika Anda gres saja migrasi dari Windows ke Mac, mungkin masih resah bagaimana cara menciptakan partisi baru, menghapus partisi ataupun modifikasi hard disk di Mac OS X atau macOS. Untuk melakukannya, Anda tidak perlu instal aplikasi lagi alasannya yakni Mac Anda sudah dilengkapi dengan aplikasi Disk Utility.

Disk Utility yakni aplikasi yang berfungsi untuk memodifikasi partisi di hard disk Mac. Aplikasi bawaan Mac ini tersedia di semua versi Mac OS X dan cara kerjanya hampir menyerupai dengan aplikasi Disk Management Windows.

Selain untuk keperluan membuat, menghapus dan format partisi hard disk Mac menyerupai dikutip PANDUANMAC dari laman Apple. Disk Utility juga sanggup Anda gunakan untuk memperbaiki kerusakan hard disk dan sanggup dipakai sebagai aplikasi pembakar CD/DVD di Mac serta format USB flash disk.

Jika memang Anda ingin mengutak-atik partisi hard disk Mac, sebaiknya Anda backup semua data Mac terlebih dahulu. Ini dimaksudnya semoga Anda tidak perlu lagi mengembalikan file yang terhapus di Mac kalau terjadi kesalahan ketika menciptakan atau menghapus partisi hard disk.

Setelah berhasil backup data Mac, simak tutorialnya di bawah ini.

Cara Membuat Partisi Hard Disk di Mac


Untuk menciptakan partisi hard disk di Mac, Anda hanya perlu menjalankan aplikasi Disk Utility yang ada di folder /Application/Utilities lalu mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Pertama-tama, pilih hard disk mana yang Anda inginkan pada sajian bab kiri.
    Cara Partisi Hard Disk Mac dengan Disk Utility Cara Partisi Hard Disk Mac dengan Disk Utility
  2. Klik tab Partition untuk memodifikasi partisi hard disk menyerupai menggabungkan, menciptakan atau menghapus partisi hard disk Mac.
    Cara Partisi Hard Disk Mac dengan Disk Utility Cara Partisi Hard Disk Mac dengan Disk Utility
  3. Klik tombol + yang ada di bawah gambar bulat diatas untuk menciptakan partisi gres di hard disk yang telah dipilih.
  4. Isikan nama partisi gres yang akan dibuat, pilih tipe sistem file dan ukuran partisi yang diinginkan masing-masing pada isian Partition, Format dan Size.
  5. Terakhir, klik Apply untuk mulai menciptakan partisi baru.
Secara default, Mac akan otomatis mengisikan tipe format partisi dengan Mac OS X Extended (Journaled). Tapi kalau Anda ingin menciptakan tipe partisi hard disk yang lain, silahkan pilih salah satu dari beberapa pilihan yang tersedia pada isian Format menyerupai OS X Extended (Case-sensitive, Journaled), OS X Extended (Journaled, Encrypted), OS X Extended (Case-sensitive, Journaled, Encrypted), MS-DOS (FAT) dan ExFAT.

Anda sanggup menciptakan partisi sesuai dengan berapa besar kapasitas yang kosong atau tersedia di hard disk Mac. Setelah berhasil, partisi tersebut akan otomatis muncul di desktop menyerupai halnya ketika Anda mencolokkan hard disk eksternal atau USB flash disk ke Mac.

Hapus Partisi Hard Disk Mac


Cara menghapus partisi hard disk Mac sanggup Anda lakukan dengan mudah, cukup ikuti langkah diatas dengan menjalankan Disk Utility lalu pilih hard disk yang akan dihapus partisinya dan klik tombol - yang ada di samping tombol +. Setelah itu, klik Apply untuk menghapus partisi hard disk.

Ingat, kalau Anda hapus partisi hard disk akan menciptakan semua data terhapus di partisi tersebut sehingga Anda harus berhati-hati dengan melaksanakan backup data terlebih dahulu.

Jika Anda masih belum mengerti, silahkan lihat video tutorial cara menciptakan dan menghapus partisi hard disk di Mac OS X dengan Disk Utility atau tanpa aplikasi pendukung di bawah ini.

Cara Mengatasi Hard Disk atau USB Flash Disk Tidak Terbaca di Mac


Bagi Anda yang pernah mengalami hal yang sama menyerupai saya, tidak sanggup mengcopy file atau data dari Mac ke flash disk tidak tapi sanggup copy file dari flash disk ke Mac. Anda tidak perlu khawatir dan berpikiran bahwa flash disk Anda colokkan ke Mac tersebut rusak. Hal ini dikarenakan tipe sistem format flash disk yakni NTFS.

Untuk mengatasi flash disk yang tidak sanggup terbaca di Mac, Anda hanya butuh mngubah atau format ulang flash disk ke tipe FAT32. Anda sanggup melakukannya dengan Disk Utility di Mac atau format di OS Windows.

Cara membuat, hapus dan modifikasi partisi hardisk Mac dengan Disk Utility diatas dilakukan pada sistem operasi Mac OS X El Capitan. Jika Anda memakai versi lain menyerupai macOS Sierra atau yang lain, caranya hampir sama saja.

Setelah proses buat partisi selesai, restart Mac atau MacBook. Jangan pernah mengubah partisi hard disk kalau Anda belum backup data untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan menyerupai error ataupun data Mac terhapus atau hilang.