Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Gampang Memperbaiki Layar Sentuh Iphone Tidak Berfungsi

 Cara Praktis Memperbaiki Layar Sentuh iPhone Tidak Berfungsi 7 Cara Praktis Memperbaiki Layar Sentuh iPhone Tidak Berfungsi

Anda mungkin pernah mendapati layar sentuh (touchscreen) iPhone bergerak sendiri, ketika Anda mencoba menyentuh layar iPhone ibarat swipe atau tap pada layar tapi justru tidak terjadi apa-apa. Ini membuktikan bahwa touchscreen iPhone tidak berfungsi yang menjadikan tidak merespon sentuhan.

Sekalipun ada banyak keunggulan iPhone dibandingkan smartphone lainnya ibarat ponsel akil berbasis OS Android, layar sentuh iphone juga sanggup rusak atau tidak berfungsi, aku yakin Anda tetap sanggup memakai tombol iPhone ibarat tombol Home, Power, Siri, Voice Commands, atau Volume.

Sebenarnya, ada beberapa penyebab layar sentuh iPhone tidak berfungsi ibarat software atau hal lainnya sehingga dikala mencoba menyentuhnya tidak ada resep dari sentuhan yang diberikan.

Jika Anda gres saja membeli iPhone atau produk Apple lainnya (MacBook, komputer desktop Apple, Apple Watch) dan masih ada garansinya, mungkin lebih menentukan eksklusif mengklaimnya di toko resmi terdekat.

Tapi, apa kesannya kalau garansi resmi Apple sudah hangus?

Nah, Anda yang mendapati persoalan layar sentuh iPhone tidak merespon atau tidak berfungsi dikala disentuh,  baik itu iPhone 4/4s, iPhone 5/5s, iPhone 6, iPhone 7, iPhone 8, iPhone X atau jenis iPhone lainnya. Padahal sudah mencoba force restart iPhone, silahkan mencoba tujuh cara gampang memperbaiki touchscreen iPhone tanpa perlu membawanya ke Apple Authorized Reseller atau tempat servis berikut ini.

Cara Memperbaiki  Layar Sentuh (Touch Screen) iPhone Yang Tidak Merespon Sentuhan, Berfungsi dan Bergerak Sendiri


Ada beberapa cara yang sanggup Anda coba untuk mengatasi layar sentuh iPhone tidak berfungsi atau tidak merespon dikala disentuh. Anda tidak perlu membawanya ke tempat servis resmi Apple untuk mengatasi hal ini, sanggup saja dengan restore iPhone maka layar sentuh sanggup diperbaiki.

1. Bersihkan Layar Sentuh


Cara mengatasi layar sentuh (touchscreen) iPhone yang tidak merespon atau berfungsi yang pertama yaitu dengan membersihkan layar iPhone dan pastikan juga tangan Anda higienis sebelum menunjukkan sentuhan di touchscreen iPhone. Jika terdapat hard case, screen protector atau bumper iPhone, lepaskan terlebih dahulu.

Setelah melepaskan casing atau pengaman layar iPhone, siapkan kain halus kemudian mulai bersihkan layar iPhone dengan cara mengusapkan kain halus tersebut dari atas ke bawah perlahan-lahan sampai tidak ada cairan, kotoran, atau makanan di layar sentuh iPhone. Kotoran atau benda lain yang ada di layar iPhone sanggup menjadikan laya sentuh bergerak sendiri.

Begitu juga dengan tangan, atau pena yang akan dipakai pada touchscreen iPhone, pastikan kering atau tidak berair dikala menggunakannya.

2. Hard Restart (Hard Reboot) iPhone


Cara memperbaiki layar sentuh iPhone yang tidak meresepon atau berfungsi yang kedua yaitu dengan restart iPhone. Cara hard restart atau hard reboot iPhone cukup mudah, tergantung dari model iPhone yang Anda gunakan.

Anda yang juga mengalami persoalan kamera iPhone tidak berfungsi juga sanggup mengatasinya dengan cara restart paksa iPhone (hard reboot).

  • iPhone 6 dan model sebelumnya: Tekan tombol Home dan Power secara bersamaan beberapa detik sampai muncul logo Apple.
  • iPhone 7 dan model diatasnya: Tekan tombol Volume Down dan Power sekaligus beberapa detik sampai muncul logo Apple.

Setelah restart iPhone, Anda kemungkinan akan mendapati layar sentuh sudah anggun ibarat yang pernah aku alami juga.

3. Kapasitas iPhone Penuh


Salah satu penyebab layar sentuh iPhone tidak berfungsi atau merespon lantaran kapasitas penyimpanan iOS habis atau hampir penuh.

Untuk mengecek kapasitas penyimpanan iPhone, jalankan aplikasi Settings kemudian tap General — Storage & Usage — Manage Storage. Pastikan ada ruang kosong sekitar ratusan MB atau kalau perlu sampai satu GB.

Anda harus menghapus beberapa aplikasi iOS yang sudah tidak dipakai lagi untuk menambah kapasitas penyimpanan. Penyimpanan hampir penuh disebabkan beberapa aplikasi iPhone ibarat Facebook, Instragram, Twitter yang menyimpan file cache selama kita install dan gunakan.

Setelah menghapus aplikasi iOS, periksa kembali ruang penyimpanan yang tersedia kemudian restart iPhone Anda.


4. Update dan Hapus Aplikasi


Beberapa persoalan layar sentuh iPhone yang tidak merespon yang pernah aku jumpai disebabkan lantaran aplikasi. Jadi, bukan layar sentuh yang rusak.

Saat Anda mencoba menjalankan sebuah aplikasi kemudian aplikasi berhenti otomatis (freeze) dan halaman utama muncul. Jika Anda mendapati hal ini, sebaiknya update aplikasi tersebut terlebih dahulu sebelum menjalankannya lagi.

Tapi kalau Anda sudah update aplikasi di App Store tapi masih saja menemui aplikasi iOS freeze sehingga tidak merespon sentuhan maka Anda harus menghapus aplikasi iPhone tersebut.

5. Touch Screen Pecah (Rusak)


Jika memang layar iPhone pecah atau rusak lantaran terjatuh misalnya, maka Anda tidak akan sanggup memfungsikan ataupun meresepon sentuhan yang ada. Jalan satu-satunya yaitu dengan mengganti touchscreen iPhone.

Anda sanggup membeli touchscreen sendiri kemudian menggantinya di rumah lantaran caranya hampir sama saja dengan mengganti layar sentuh iPad yang pernah aku bagikan di postingan Panduan Lengkap Mengganti Touch Screen (Layar Sentuh) iPad 2.

6. Restore iPhone


Jika beberap cara memperbaiki layar sentuh iPhone diatas tetap saja tidak berhasil, maka langkah terakhir yang sanggup Anda tempuh yaitu backup data kemudian restore iPhone dengan iTunes.

Pastikan kau backup data iPhone ke iCloud atau komputer sebelum melaksanakan masuk ke dfu mode iPhone atau instal ulang perangkat iOS milikmu lantaran proses ini akan menghapus semua data iPhone, pengaturannya kembali ibarat iPhone gres lagi.

7. Hubungi Call Center Apple Indonesia


Masih juga tidak berhasil memperbaiki layar sentuh iPhone yang tidak berfungsi dengan enam cara diatas? Anda sebaiknya menghubungi Call Center Apple Indonesia atau menanyakan lebih lanjut ke Servis Center Resmi Apple terdekat di kota Anda.

Jika touch screen iPhone rusak, tidak merespon sentuhan atau tidak berfungsi dan iPhone tersebut masih mempunyai garansi, sebaiknya tidak perlu membeli touchscreen di marketplace atau toko online. Cukup klaim garansi ke toko resmi Apple dimana Anda membelinya.

Anda juga sanggup mencari toko yang menunjukkan layanan servis iPhone berkualitas di kawasan Anda yang sudah berpengalaman kalau memang layar sentuh (touchscreen) iPhone bermasalah. Sebelum tetapkan membawanya ke tempat servis iPhone, sebaiknya mencoba restart paksa iPhone terlebih dahulu.

Jika Anda berdomisili di kota Taman, silahkan kunjungi iRepairBontang atau tempat service HP di Bontang.

Anda punya tips memperbaiki layar sentuh iPhone tidak merespon sentuhan atau tidak berfungsi yang lain atau acuan toko servis yang sudah pernah Anda gunakan?