Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Faktor Penyebab Laptop Menjadi Lemot/Lambat

 Laptop yang lemot atau lambat pastinya akan sangat mengganggu 5 Faktor Penyebab Laptop Menjadi Lemot/Lambat

Laptop yang lemot atau lambat pastinya akan sangat mengganggu, lantaran setiap pekerjaan akan direspon secara lambat oleh Laptop.

Hal semacam ini pastinya akan menciptakan produktifitas anda ikut terhambat. Terlebih lagi bagi anda yang pekerjaannya berurusan dengan Laptop.

Sebenarnya, hal apa sih yang menjadi lemot? dan bagaimana sih cara mengatasi Laptop yang lemot?

Untuk menjawab kedua pertanyaan diatas, intinya kita hanya perlu memilih faktor penyebab dari Laptop yang lemot. Kita harus mengerti apa penyebabnya terlebih dahulu.

Dan ketika kita sudah mengetahui apa saja faktor penyebabnya, maka langkah selanjutnya yaitu melaksanakan perbaikan/pencarian solusi.

Nah untuk memudahkan anda dalam mengatasi persoalan ini, maka saya telah merangkum 5 faktor penyebab Laptop menjadi lemot, yang juga disertai dengan solusi untuk memecahkan persoalan tersebut.

Untuk lebih jelasnya sanggup anda lihat pada pembahasan dibawah ini:


1. Terlalu Banyak Menginstall Aplikasi

Aplikasi pada perangkat Laptop/PC merupakan sebuah kewajiban, lantaran tanpa adanya aplikasi maka kinerja Laptop tidak akan optimal.

Menginstall aplikasi yang mendukung aktifitas memang sangat membantu, namun lain halnya jikalau anda menginstall terlalu banyak aplikasi. Bukannya membantu, malahan menciptakan Laptop menjadi lemot.

Alasan yang paling masuk nalar mengapa ketika kita terlalu banyak menginstall aplikasi menjadikan Laptop lemot yaitu lantaran penggunaan RAM berlebih.

Program aplikasi yang di install pastinya akan memakan ruang RAM yang ada, dan semakin banyak aplikasi yang di install, maka semakin banyak pula ruang RAM yang diperlukan.

Oleh lantaran itu, ketika kondisi ruang RAM telah penuh namun tetap dipaksa untuk membuka aplikasi, maka Laptop akan menjadi lemot dan sulit digunakan.

Untuk mengatasi Laptop yang lemot lantaran terlalu banyak menginstall aplikasi caranya sangat mudah, yaitu dengan melaksanakan uninstall aplikasi-aplikasi yang tidak berguna.

Anda sanggup melaksanakan uninstall aplikasi melalui layanan Control Panel, caranya sebagai berikut:

  1. Masuk ke Control Panel
  2. Pilih Program>>Uninstall a Program
  3. Kemudian cari nama aplikasi yang akan di uninstall
  4. Klik kanan pada aplikasi tersebut, kemudian pilih "Uninstall"
  5. Tunggu beberapa dikala hingga proses uninstall selesai


2. Spesifikasi Laptop Yang Kurang Memadai

Faktor penyebab Laptop menjadi lemot selanjutnya yaitu sanggup disebabkan oleh Spesifikasi dari Laptop anda sendiri.

Jika Spesifikasi Laptop kurang memadai, maka akan berakibat pada Laptop yang lemot.

Spesifikasi Laptop intinya merupakan faktor utama yang harus anda perhatikan ketika ingin membeli Laptop, lantaran tinggi rendahnya spesifikasi akan kuat pada kinerja Laptop.

Apabila Spesifikasi Laptop anda tergolong rendah(low), maka ketika anda membuka beberapa kegiatan aplikasi mungkin akan menjadi Lemot/Lambat.

Oleh lantaran itu, untuk anda yang ingin membeli Laptop gres alangkah baiknya anda memperhatikan secara detail mengenai Spesifikasi dari Laptop tersebut.


3. Virus

Virus yang masuk pada perangkat Laptop sanggup mengakibatkan Laptop tersebut menjadi lemot, error, atau bahkan sanggup berakibat pada kerusakan fatal.

Virus pada Laptop sanggup tiba dari mana saja, internet merupakan salah satu jalan masuk penyebaran Virus yang paling sering terjadi.

Oleh lantaran itu pastikan anda memasang aplikasi antivirus terpercaya.

Dengan adanya aplikasi antivirus yang baik, maka penanganan dan pengamanan perangkat dari serangan Virus juga akan semakin baik.

Beberapa software aplikasi antivirus terbaik yang paling banyak digunakan dikala ini adalah:

  • SMADAV
  • Avira
  • Nero
  • AVG
  • Avast
  • dan masih banyak lagi


4. File Sampah Yang Menumpuk

File sampah yaitu salah satu jenis file yang sudah tidak terpakai dan tidak mempunyai kegunaan lagi, file ini biasanya berupa cache aplikasi yang sudah terhapus ataupun data dari aplikasi itu sendiri.

Pada dasarnya file sampah tidak mempunyai ukuran/size yang besar, namun yang menjadi permasalahan yaitu jumlah dari file itu sendiri.

File sampah biasanya mempunyai jumlah yang tidak sedikit.

Salah satu cara yang sanggup kita lakukan untuk membersihkan file sampah yaitu dengan menghapusnya, namun tidak secara manual.

Disini anda sanggup mencoba memakai aplikasi CCleaner.

Dengan memakai aplikasi ini, maka peniadaan file sampah akan lebih cepat dan efisien, lantaran proses peniadaan tidak dilakukan secara manual lagi.


5. Kerusakan Hardware

Laptop yang lemot sanggup juga diakibatkan oleh adanya kerusakan internal dari hardware Laptop itu sendiri, sanggup saja ada beberapa komponen yang error ataupun rusak.

Kerusakan komponen pada Laptop pastinya akan berdampak pada kinerja sistem itu sendiri, sanggup saja Laptop menjadi error, hang, lag ataupun force close.

Untuk menghindari hal menyerupai itu maka anda harus lebih memperhatikan kondisi Laptop anda, baik secara fisik maupun logik, baik secara hardware maupun software.

Minimal lakukanlah perawatan dan pencucian komponen Laptop setiap 1 bulan sekali.


Penutup

Demikian pembahasan ringan mengenai 5 faktor penyebab Laptop menjadi Lemot/Lambat.

Dengan mengenali kelima faktor penyebab tersebut, maka akan membantu anda dalam merawat Laptop dengan baik.

Pada dasarnya kondisi Laptop yang lemot itu berasal dari penggunaan internal user sendiri, jadi anda harus pandai-pandai dalam memakai Laptop anda.

Semoga isu yang saya sampaikan diatas sanggup bermanfaat untuk anda semua. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan hingga jumpa di postingan berikutnya.