Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tni : 100% Rumah Rusak Akhir Gempa Di Ntb Sudah Dibersihkan

TNI robohkan dan bersihkan rumah warga yang rusak akhir gempa NTB (Foto: Dok. Puspen TNI)
Seluruh rumah yang rusak akhir gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah dirobohkan dan dibersihkan. Total ada 74.092 unit rumah yang rusak akhir gempa.

"Tugas kami (prajurit TNI) membantu merobohkan dan membersihkan rumah-rumah warga, ketika ini pencapaiannya sudah 100% dari jumlah keseluruhan rumah yang rusak akhir gempa dan sudah terverifikasi," kata Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Mayjen Tentara Nasional Indonesia Madsuni dalam keterangan tertulisnya, Rabu (31/10/2018).

Panglima Kogasgabpad pimpin rapat penilaian penanganan pasca-gempa NTB (Foto: Dok. Puspen TNI)
Madsuni memberikan hal ini dalam rapat penilaian bersama staf-staf di Markas Komando Gabungan (eks Bandara Selaparang Mataram). Dia menyampaikan perobohan dan pencucian rumah ini telah disetujui pemilik rumah dan sudah terverifikasi tim dari Dinas Perumahan dan Permukiman NTB berdasarkan SK Bupati tertanggal 28 Oktober 2018.

Perobohan rumah ini dilakukan supaya rumah-rumah warga segera dibangun kembali. "Harapan kami, rumah-rumah warga segera dibangun sehingga mereka sanggup tinggal di rumahnya yang layak," kata Madsuni.

Selain rumah, ada 698 bangunan kemudahan sosial yang rusak juga sudah dirobohkan dan dibersihkan. Lokasi bangunan yang sudah dibersihkan siap dibangun kembali.

"Dari jumlah 74.092 rumah yang telah dibersihkan sebanyak 67.796 sudah siap dibangun kembali, sedangkan untuk kemudahan sosial dari jumlah yang dirobohkan siap dibangun 445 unit," tuturnya.

Total ada 74.092 unit rumah yang rusak akhir gempa (Foto: Dok. Puspen TNI)
Dalam masa kiprah selama tiga bulan, Tentara Nasional Indonesia merobohkan dan membersihkan bangunan dengan memakai alat berat dan manual. Selama waktu itu Tentara Nasional Indonesia juga mendistribusikan derma logistik, air higienis ke daerah pengungsian dan permukiman warga.

Di samping itu, prajurit Tentara Nasional Indonesia juga memberi pelayanan kesehatan, membantu pemulihan trauma warga dengan memperlihatkan pendampingan psikologi oleh Tim Psikologi Tentara Nasional Indonesia serta membantu penanganan pengungsian. Prajurit juga memperbaiki instalasi air higienis di beberapa daerah di NTB yang sangat diharapkan oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-4282332/tni-100-rumah-rusak-akibat-gempa-di-ntb-sudah-dibersihkan

Video Recommended :