Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Definisi Sinematografi Dalam Dunia Dkv !

 Meskipun bidang keilmuan DKV itu sendiri jikalau kita ambil dari namanya hanya mempelajari v Penjelasan Definisi Sinematografi dalam Dunia DKV !


Meskipun bidang keilmuan DKV itu sendiri jikalau kita ambil dari namanya hanya mempelajari visual,  namun seiring waktu DKV berkembang ke ranah Audio Visual juga salah satunya ialah sinematografi. Selintas jikalau kita mendengar kata sinematografi  yang ada di benak kita mungkin ialah sebuah film. Namun benarkah demikian ? atau ada klarifikasi yang lebih sempurna ? Jika kalian mencari definisi secara terperinci, aku ucapkan selamat, alasannya ialah anda berada di website yang tepat. Maka dari itu sekarang akan bahas secara tuntas

Sinematografi ialah kata serapan dari bahasa Inggris Cinematography  yang berasal dari bahasa Yunani yaitu κίνημα (kinema) yang artinya gerakan dan γράφειν (graphein) yang artinya merekam sehingga jikalau digabungkan menjadi merekam gerakan sehinnga dari sini sinematografi disebut juga Seni dalam menciptakan “visual movements”. Namun, jikalau kita ambil dari KBBI Sinematografi mempunyai arti teknik pembuatan film. Jika kita simpulkan dari pengertian semua tadi tadi maka Definisi Sinematografi ialah ilmu terapan yang membahas perihal teknik menangkap gambar dan sekaligus menggabung-gabungkan gambar tersebut sehingga menjadi rangkaian gambar yang memililki kemampuan memberikan wangsit dan cerita.

Dalam artian luas, sinematografi bukan hanya teknik memikirkan cara pengambilan gambar melalui kamera menyerupai framing dan angle gambar saja, namun lebih luas dari itu!, semua hal perihal pembuatan sinema, dari memilih wangsit cerita, kata-kata, aksi, emosi, tone, dan banyak sekali format komunikasi nonverbal kita pelajari di sinematografi. Hal yang tadi kemudian dimeramu dalam karya visual yang hasil risikonya ialah memberikan amanat, pesan, ekspresi dan perasaan dalam sebuah sinema. 

Cukup seru jikalau kita membahas Sinematografi, yang penting hal yang harus diperhatikan di sinematografi ialah kepahaman, kerjasama tim dan kreatifitas.  masih banyak hal yang harus kita bahas untuk memahami ilmu ini secara penuh, namun jangan khawatir, tunggu update selanjutnya di alasannya ialah kita akan bahas tuntas dari hal yang fundamental sampai advance. Jika punya pertanyaan silakan tinggalkan komentar ya, Terimakasih!