Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Kecepatan Internet Dengan Akurat (Untuk Pc & Hp)

Cara Cek Kecepatan Internet Dengan Akurat  Cara Cek Kecepatan Internet Dengan Akurat (Untuk PC & HP)

Pernahkah anda mencicipi proses download ataupun upload yang lambat?

Ketika hal menyerupai itu terjadi, mungkin anda ingin mengetahui berapa sih kecepatan internet yang anda miliki? tapi bagaimana caranya untuk mengecek kecepatan internet?

Sebenarnya untuk mengetahui kecepatan internet itu sangat gampang, sebagian orang mungkin sudah tahu caranya, namun mungkin juga sebagian yang lain belum tahu.

Nah untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan memberi tahu anda bagaimana sih cara cek kecepatan internet?

Disini saya akan menjelaskan cara cek kecepatan internet dengan dua perangkat yang berbeda, yaitu PC/Laptop dan HP/Smartphone.

Langsung saja silahkan simak caranya dibawah ini:


1. Cek Kecepatan Internet Melalui PC

Untuk mengecek kecepatan internet pada perangkat PC/Laptop, anda sanggup memanfaatkan tool online yang sanggup anda kanal dengan praktis melalui browser.

Untuk ketika ini tool online yang menyediakan layanan speedtest/tes kecepatan internet sudah sangat banyak, namun pada kesempatan kali ini saya akan memakai tool online yang berjulukan speedtest.net.

Alasan mengapa saya memakai tool online ini yaitu alasannya yaitu tingkat akurasi perhitungan yang sangat baik, ditambah lagi dengan akomodasi dalam penggunaannya.

Di samping itu, speedtest.net ini dipercaya sebagai speedtest terbaik yang sudah banyak dipakai oleh jutaan orang diseluruh dunia.

Nah untuk cara penggunaan tool online ini, anda sanggup melihatnya dibawah ini:

Cara Cek Kecepatan Internet Dengan Akurat  Cara Cek Kecepatan Internet Dengan Akurat (Untuk PC & HP)
  1. Buka browser/peramban web di PC anda. Saya merekomendasikan untuk memakai Google Chrome.
  2. Kemudian buka situs speedtest.net
  3. Klik "Mulai" untuk memulai melaksanakan test pada kecepatan internet anda
  4. Tunggu beberapa ketika hingga proses testing selesai. Setelah itu, anda akan menerima isu mengenai kecepatan Ping, Unduh/Download, dan Upload.

Cara Cek Kecepatan Internet Dengan Akurat  Cara Cek Kecepatan Internet Dengan Akurat (Untuk PC & HP)


2. Cek Kecepatan Internet Melalui HP

Bagi anda yang juga ingin mengecek kecepatan internet di HP/Smartphone, maka anda sanggup memakai tool online yang berjulukan speedtest.co.id.

Sebenarnya untuk pengguna HP juga sanggup memanfaatkan tool online yang sama menyerupai PC, yaitu speedtest.net, namun anda harus menginstall aplikasinya terlebih dahulu di Google Play.

Nah bagi anda yang tidak mau ruang penyimpanannya penuh gara-gara menginstall aplikasi ini, maka anda sanggup memakai speedtest.co.id saja.

Tool online ini juga tidak kalah dengan speedtest sebelumnya, dengan memakai tool satu ini anda sanggup melihat kecepatan internet mulai dari kecepatan download hingga upload.

Yang hebatnya lagi tingkat akurasinya juga sangat baik. Kaprikornus anda tidak perlu khawatir untuk memakai tool online ini.

Baiklah, untuk lebih jelasnya mengenai cara penggunaan tool online ini, anda sanggup mengikuti cara dibawah ini:

Cara Cek Kecepatan Internet Dengan Akurat  Cara Cek Kecepatan Internet Dengan Akurat (Untuk PC & HP)
  1. Buka situs speedtest.co.id
  2. Lalu klik pada "Mulai Uji" untuk memulai mengecek kecepatan internet
  3. Tunggu beberapa detik hingga proses selesai, dan anda sanggup melihat speed/kecepatan internet anda (Download, Upload, Ping, Jitter)

Cara Cek Kecepatan Internet Dengan Akurat  Cara Cek Kecepatan Internet Dengan Akurat (Untuk PC & HP)


Penutup

Demikian cara praktis cek kecepatan internet dari 2 perangkat yang berbeda (PC & HP).

Dengan memakai tool online diatas, maka anda tidak akan repot lagi untuk cek kecepatan internet.

Kedua tool online diatas yaitu rekomendasi saya untuk anda. Pemilihan saya terhadap kedua tool diatas yaitu alasannya yaitu akomodasi dalam penggunaan, akurasi yang cukup baik dan sanggup anda kanal secara gratis.

Nah cukup sekian yang sanggup saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan hingga jumpa di postingan berikutnya.