Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Software Terbaik Untuk Menciptakan Game

 Membuat game sendiri ketika ini bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan 5 Software Terbaik Untuk Membuat Game

Membuat game sendiri ketika ini bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Bahkan orang yang tidak mempunyai latar belakang IT pun bisa membuat game sendiri.

Saat ini sudah banyak software-software yang bisa membantu anda dalam membuat sebuah game tanpa memerlukan pemahaman mengenai bahasa pemrograman.

Tapi walaupun begitu, sejatinya untuk membuat game-game profesional dan keren itu harus diimbangi dengan penggunaan bahasa pemrograman.

Namun anda tidak perlu khawatir, anda bisa memulai membuat game dengan software sederhana yang mempunyai fitur Drag and Drop.

Lalu ketikan anda sudah mulai bisa menggunakannya, cobalah untuk memakai software yang lebih kompleks.

Ada banyak pilihan software pembuat game yang sanggup anda gunakan, untuk itu saya telah merangkum 5 software pembuat game terbaik. Mau tahu? simak ulasannya di bawah ini:


1. Game Maker: Studio

Software pembuat game yang pertama berjulukan Game Maker: Studio. Ini merupakan software terbaik yang sangat saya rekomendasikan untuk anda yang ingin membuat game sendiri.

Game Maker: Studio juga sangat gampang dan ramah digunakan, baik yang sudah hebat maupun yang masih pemula.

Makara bagi anda yang masih pemula tidak perlu takut untuk mencoba memakai software ini.

Software ini sendiri mempunyai dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar. Dan tentunya versi berbayar-lah yang mempunyai lebih banyak fitur dan layanan yang lengkap dibanding versi gratis.

Ada pula perbedaan output yang dihasilkan antara versi gratis dengan berbayar. Jika anda memakai versi gratis, maka game yang anda buat hanya akan dipublikasikan untuk Windows saja.

Sedangkan kalau anda memakai versi berbayar, maka game yang anda buat akan bisa di eksport ke iOS, Android, HTML5, dan masih banyak lagi.


2. Construct 2

Software pembuat game berikutnya ialah Construct 2. Ini merupakan software yang patut anda coba ketika anda ingin membuat sebuah game, namun tidak punya basic pengetahuan IT.

Construct 2 ini tidak memaksa anda untuk menguasai coding atau bahasa pemrograman lain, alasannya ialah untuk membuat game di Construct 2 anda hanya perlu melaksanakan Drag and Drop saja. Dan lalu menyesuaikan sesuai keinginan.

Untuk tampilannya sendiri, Construct 2 ini sudah memakai interface GUI yang pastinya akan membuat anda lebih nyaman dan lebih gampang dalam membuat game.


3. Unity

Siapa yang tidak kenal dengan software pembuat game terbaik ini. Unity! itulah nama softwarenya. Software ini bisa membuat game-game berkualitas, baik itu game 2D maupun 3D.

Software ini banyak dipakai oleh para developer-developer profesional untuk membuat game terbaik. Namun tidak menutup kemungkinan pula bisa dipakai untuk para pemula.

Ya, walaupun para pemula bisa memakai software ini tapi tidak benar-benar disarankan ya. Sebab ada banyak hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu sebelum memakai software ini.

Pengetahuan dasar hingga pengetahuan tingkat tinggi mengenai kode-kode pemrograman harus anda pahami lebih mendalam kalau ingin bisa membuat game terbaik di software Unity.


4. Unreal Engine  4

Setingkat lebih rumit dari software Unity ialah Unreal Engine 4. Yaitu software pembuat game yang mempunyai kesamaan dengan software sebelumnya, namun lebih ditujukan kepada para developer profesional.

Selain bisa menghasilkan game-game berkualitas tinggi, Unreal Engine 4 ini juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan Virtual Reality, Rancangan Desain, dan Film.


5. Godot Game Engine

Dan software pembuat game yang terakhir ialah Godot Game Engine. Software ini lebih ibarat ke software sebelumnya, yaitu Game Maker: Studio dan Construct 2.

Yang menjadi persamaan ialah alasannya ialah software ini juga menerapkan fitur Drag and Drop yang pastinya akan mempermudah para penggunanya untuk membuat game.

Selain itu, software satu ini juga mendukung bahasa pemrograman lain yaitu Python atau yang biasa dikenal dengan GDscript.

Makara anda bisa menambahkan beberapa sentuhan komplemen pada game yang anda buat semoga semakin maksimal.

Memang untuk mempelajari bahasa pemrograman Python ini sendiri tidak bisa dikatakan mudah, namun bagi anda yang serius untuk mempelajarinya niscaya bisa!

Dengan memakai software ini pula, anda bisa membuat banyak game menarik, baik itu game 2D maupun 3D. Keunikan dan kualitas game yang dihasilkan ditentukan oleh kreatifitas anda pribadi.


Penutup

Itu ia ulasan singkat mengenai 5 software terbaik untuk membuat game. Anda bisa memakai software yang mana saja, itu semua terserah pada cita-cita anda.

Namun saran saya bagi anda yang masih pemula dalam membuat game, anda bisa mencoba software Game Maker: Studio dan Construct 2.

Dan kalau sudah mahir, silahkan lanjutkan pembuatan game anda dengan software yang lebih manis lagi, ibarat Unity dan Unreal Engine 4.

Itu saja yang sanggup saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Terimakasih dan hingga jumpa di postingan berikutnya.