Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prinsip Desain Seni Rupa Yang Wajib Ada Di Dalam Karyamu

 Design yang anggun yaitu desain yang mengandung sebuah prinsip Prinsip Desain Seni Rupa Yang Wajib Ada Di Dalam Karyamu

Design yang anggun yaitu desain yang mengandung sebuah prinsip. Dengan adanya prinsip, desain yang kita buat sanggup terlihat lebih menarik, dan sanggup memberikan pesan yang ada. Prinsip desain sendiri ialah hal fundamental yang membangun suatu desain. Lalu, apa saja kah prinsip prinsip dalam desain

  1. Keseimbangan (Balance)
    Komponen harus seimbang, dalam artian komponen komponen dalam desain tidak berat sebelah. komponen tersebut ialah : Warna, Font, ataupun Gambar.
  2. Kesatuan/keselarasan (Unity)
    Komponen dalam desain harus menyatu, dalam artian komponen desain tersebut harus sanggup memberikan maksud dari anutan kita dengan cara memadukan semua elemen menjadi lebih kuat, dan menghasilkan tema yang berpengaruh juga.
  3. Ritme/Perubahan (rhytm)
    Sama ibarat hal nya sebuah nada dasar Do Re Mi Fa So La Si Do, nada dasar tersebut sanggup kita ubah semau kita menjadi nada yang lebih berbeda dari nada dasar tersebut, ibarat nada nada yang terdapat dalam sebuah lagu. Hal tersebut sanggup dilakukan apabila kita memiliki Komposisi yang pas, yaitu adanya :
    • Emphasis = Daya tarik utama pada sebuah desain/Penekanan dalam sebuah desain. misalnya ibarat : dalam sebuah grup tentara, semua berseragam, tapi ada satu yang berbeda sendiri, seragam yang lain berwarna hijau, sedangkan beliau berwarna pink. Tetapi semua nya tetap sama yaitu tentara. dan tentara berwarna pink itulah yang menjadi Daya tarik/Emphasis nya.
    • Perulangan/Repetisi = Perulangan secara terus menerus. Contohnya ibarat : Abcd-Abcd.
    • Oposisi/Kebalikan = Hampir sama ibarat Repetisi, tetapi, perulangan yang ada dilakukan secara kebalikan. Contohnya ibarat : Abcd-dcbA.
  4. Emphasis/Penekanan
    Daya tarik utama sebuah desain, yaitu ada satu hal yang menjadi tolak ukur/titik teladan sebuah desain, yang berbeda/lebih menonjol dari desain yang lainnya. Dengan adanya emphasis tersebut, kita sanggup mempertegas maksud dari sebuah desain tersebut.
  5. Proporsi
    Proporsi sanggup diartikan sebagai ukuran sebuah desain. Dengan adanya proporsi, maka sebuah desain tidak akan terlihat aneh, dalam istilahnya yaitu stretch, Stretch sendiri adalah, desain yang terlalu memaksa biar sanggup fit kedalam ukuran yang diinginkan tanpa memperdulikan panjang dan lebar, sehingga terlihat ibarat gepeng/tidak proporsional.