Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mccaleb : Lucu Kalau Ada Yang Bilang Crypto Turun, Tron Ialah Sampah


Crypto - Hi bro, 2018 ialah tahun yang jelek untuk nilai cryptocurrency. Tiga crypto terbesar harganya anjlok, Bitcoin (BTC) turun 74%; Ethereum (ETH) jatuh 84% dan Ripple (XRP) turun 84%. Meskipun demikian, orang-orang percaya crypto akan tetap bertahan.


Coba Bicaralah dengan penggemar crypto yang telah 'bermain' selama bertahun-tahun, dan Anda akan mendengar : harga aset bukanlah yang terpenting, startup crypto ialah alat pembangunan untuk masa depan, ini masih hari-hari awal crypto, menyerupai kala pertama internet, dan sebagainya.

Berbicara kepada Yahoo Finance, Salah satu pembicara tersebut ialah Jed McCaleb, salah seorang pendiri pertukaran bitcoin yang terkenal, Mt. Gox, startup Ripple blockchain untuk bank, dan protokol tokenization Stellar, yang terkait dengan cryptocurrency stellar lumens (XLM). Tahun 2018, cabang komersial Stellar, Lightyear, mengakuisisi sebuah blockchain startup berjulukan Chain.

Jed McCaleb

Jed McCaleb berbicara dengan Yahoo Finance melalui telepon wacana cryptocurrency, dan mengapa dia menolak untuk menyebut adanya penurunan harga pada 2018. Berikut ini ialah transkrip percakapan McCaleb dengan Yahoo Finance : 

Yahoo Finance: Mari kita mulai dengan akuisisi Chain oleh Stellar. Bagaimana integrasi berjalan, dan bagaimana hal itu cocok di tengah-tengah narasi Wall Street yang terkenal wacana "blockchain tanpa bitcoin", bank dan forum keuangan menciptakan blockchains tertutup dan langsung untuk mereka gunakan sendiri. Apakah sensasi itu memudar?

Jed McCaleb : Salah satu motivasi besar untuk Chain di daerah pertama ialah rantai bersifat pribadi, yang diizinkan hanya anda. Anda harus mempunyai jaringan publik.

Saya pikir memang benar bahwa sebagian besar forum keuangan tidak akan memakai bitcoin. Namun berdasarkan saya, yang diberikan blockchain kepada Anda ialah catatan publik yang sanggup dilihat semua orang, tetapi mereka tidak sanggup mengubahnya.

Jadi para pihak sanggup bertransaksi bahkan jikalau mereka tidak saling mengenal. Makara Anda masih membutuhkan rantai publik. Tidak perlu menjadi bitcoin blockchain, tetapi jikalau itu bukan rantai publik, maka Anda kehilangan intinya.

Semua orang memakai industri ini menjadi satu menyerupai bejana besar. Tapi bekerjsama mereka semua ialah protokol yang berbeda dan mereka semua dirancang untuk banyak sekali perkara penggunaan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan bitcoin, beberapa hal yang bisa dilakukan Ethereum, dan beberapa hal yang dilakukan Stellar dengan baik. Dan tidak ada dari mereka yang bisa melaksanakan semua hal dengan baik. Itu bukan cara kerja perangkat lunak.

Apa yang baik dari Stellar?

Stellar sangat elok dalam pembayaran lintas batas dan nilai tokenizing dari jenis apa pun. Jadi, jikalau Anda menginginkan jaringan pembayaran universal, Anda mungkin harus memakai Stellar.

Di seluruh dunia cryptocurrency sekarang, ada dorongan besar untuk tokenizing dengan hal yang berbeda, dan kini ada sensasi stablecoin, dan Stellar telah melaksanakan hal ini selama ini, hanya saja kami tidak menyebutnya begitu.


Cryptocurrency turun pada tahun 2018. Bagaimana pasar beruang menghipnotis bisnis Stellar?

Lucu dikala orang menyampaikan crypto sedang down. Dalam pandangan saya, crypto masih jauh di atas. Itu memang turun dari puncak, tetapi secara keseluruhan, itu naik. Kami tidak fokus pada harga, itu tidak dilema bagi kami.

Tetapi dikala harga naik, itu berarti lebih banyak orang tertarik, dan Anda mempunyai uang tunai untuk melaksanakan lebih banyak hal.

Apa yang Anda lihat di industri kripto sekarang, di luar harga? Anda telah berada di ruang ini semenjak 2009. Jika Anda mengambil langkah mundur, apa yang Anda ambil dari beberapa tahun terakhir?

Sangat menarik. Ini telah berkembang jauh lebih dari yang saya duga pada awalnya kita perkirakan, atau setidaknya lebih cepat. Sungguh menakjubkan bagi saya.

Alokasi modal dan sumber daya cukup liar untuk ditonton, dikala proyek-proyek ini yang tidak mempunyai manfaat teknis bisa mendapat jutaan dolar. Sepertinya sangat memalukan. Semoga itu akan mulai berubah.

90 % dari proyek ini ialah buruk. Saya menantikan perubahan itu. Hal-hal menyerupai Tron (TRX), itu hanya sampah. Tetapi orang membuang banyak uang ke dalamnya, hal-hal ini yang secara teknis tidak berfungsi.

Apakah Anda pikir rata-rata orang memahami apa Stellar itu, dan melihatnya berbeda dari proyek-proyek lain ini?

Saya rasa tidak. Kami telah melaksanakan pekerjaan yang sangat jelek dalam memasarkannya dan memberi tahu dunia wacana apa itu Stellar. Saya pikir mereka mempunyai gagasan yang masih 'kabur' bahwa itu untuk pembayaran, tetapi saya tidak berpikir mereka tahu detail dan kekuatan bekerjsama dari Stellar. Kami berharap untuk mengubahnya pada tahun 2019, tetapi ini sebuah proses.