Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Remote Desktop Windows Dari Mac Dengan Team Viewer

Cara Remote Desktop Windows dari Mac dengan Team Viewer Cara Remote Desktop Windows dari Mac dengan Team Viewer
Beberapa layanan cloud memang menjanjikan kapasitas yang besar menyimpan file serta fasilitas menyebarkan data menyerupai iCloud Apple, Google Drive, Dropbox, Box atau OneDrive. Akan tepapi, tidak bagi mereka yang memiliki Mac dengan koneksi lambat.

Ini mungkin yang jadi salah satu penyebab sehingga banyak pengguna Mac yang memakai aplikasi remote desktop Mac gratis ataupun berbayar menyerupai TeamViewer untuk menyebarkan file atau untuk keperluan remote desktop komputer dari Mac.

Dengan memakai Team Viewer for Mac dan Windows, Anda tidak perlu takut menyebarkan data sekalipun Anda berlangganan ISP plat merah dengan paket berkecepatan rendah alasannya yakni sanggup dengan cepat dan gampang remote desktop komputer lain dari Mac baik itu MacBook, MacBook Pro, atau iMac.

Tidak hanya untuk remote desktop Mac, Anda juga sanggup menggunakannya untuk transfer file dari komputer windows ke Mac dan sebaliknya. Bahkan, dengan memakai Team Viewer di Mac, kita sanggup remote desktop dalam jaringan LAN lokal sekalipun tidak ada koneksi internet.

Nah, bagi Anda yang memakai Mac dan ingin remote desktop ataupun transfer file ke komputer windows dari Mac sanggup mencoba tutorial di bawah ini.

Langkah 1: Download dan Instal TeamViewer


Download aplikasi TeamViewer di Mac dan komputer Windows kemudian instal aplikasi tersebut di Mac dan PC Anda. Silahkan klik tautan ini untuk memulai download aplikasi TeamViewer kemudian klik sajian download atau unduh.

Download TeamViewer for Windows (bagi pengguna Windows) dan TeamViewer for Mac (bagi pengguna Mac OS X dan macOS).

Langkah 2: Setting Team Viewer LAN Only


Setelah berhasil download dan instal TeamViewer, Anda harus mengaktifkan fitur hanya terusan LAN lokal saja terlebih dahulu.
  1. Jalankan aplikasi Team Viewer di Mac dan Windows.
  2. Pilih sajian TeamViewer – Preferences… (Mac) dan pilih Extras – Options (Windows).
  3. Pada tab General, pilih accept exclusivily pada kotak pilihan Incoming LAN connections.
  4. Tekan tombol Apply.

Remote Desktop Windows dengan Mac


Pastikan aplikasi TeamViewer telah berjalan di komputer Windows dan Mac kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Masukkan IP Address komputer Windows di kotak isian Partner ID, contohnya kita isikan dengan ip address: 192.168.2.2.
  2. Tekan tombol Connect to partner.
  3. Tunggu beberapa saat. Jika TeamViewer Windows diproteksi dengan password maka akan muncul jendela konfirmasi untuk memasukkan password.
  4. Isikan password TeamViewer pada komputer Windows kemudian tekan tombol Log on.
  5. Sekarang, akan muncul goresan pena Connecting to 192.168.2.2 jendela Windows dengan sajian Actions, View, Video/Audio dan Extras.
Jika masih belum mengerti, Anda sanggup melihat video Panduan Mac di YouTube berikut ini.


Jangan lupa perlindungan aplikasi remote desktop Mac dan Windows Anda dengan memperlihatkan password untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan menyerupai pencurian data pribadi.

Anda tidak akan mendengarkan bunyi musik atau video (mute) yang berasal dari Mac ketika sedang memakai TeamViewer for Mac untu remote desktop Windows.

Anda punya pengalaman memakai aplikasi remote desktop TeamViewer atau mungkin ada aplikasi remote desktop yang lain di jaringan LAN lokal untuk Mac dan Windows yang Anda ketahui? Silahkan berkomentar pada kolom komentar yang tersedia di bawah.