Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahas Tuntas Prospek Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual

 Desain Komunikasi Visual ialah jurusan kreatif yang mimiliki prospek kerja yang cukup ce Bahas Tuntas Prospek Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual












Desain Komunikasi Visual ialah jurusan kreatif yang mimiliki prospek kerja yang cukup cerah dan luas. Hasil karya DKV sanggup ditemukan dimana mana. Itulah alasan seberapa pentingnya lulusan DKV yang dibutuhkan industri. Nah kira kira apa saja ya Prospek Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual ? Yuk cari tahu…

Lingkup Kerja Dunia DKV

  • Periklanan (Advertising)
    Dalam Dunia periklanan, lulusan DKV sanggup mengambil banyak posisi pekerjaan yaitu dari Graphic Designer untuk pembuatan desain, Illustrator & Photographer untul pembuatan isi gambaran konten, sampai Videographer & Animator untuk menciptakan video iklan.
  • Media Massa, Televisi dan Perfilman
    Media massa sangat membutuhkan gambaran foto dalam beritanya maka dari itu tugas Photographer sangat dibutuhkan biar foto yang didapat sanggup lebih baik. Dalam dunia televisi dan film lulusan DKV akan dibutuhkan sebagai pembuat gambar storyboard (illustrator), kameramen, art director, creative director, graphic designer, animator, penata artistik, dan penata grafis video
  • Penerbitan dan percetakan (Publishing)
    Dalam posisi ini maka lulusan DKV sanggup menjadi graphic designer, layouter, komikus dan illustrator. Hasil nya sanggup berupa buku, komik, cerpen, majalah dsb.
  • Rumah Produksi (Production House)
    Dalam rumah produksi lulusan DKV sanggup menjadi sumber daya yang dibutuhkan, tergantung produk yang ditawarkan di rumah produksi apakah menjual jasa desain, foto, video, atau illustrasi.
  • Game & Animasi
    Game tentu membutuhkan seorang animator, graphic designer, 2D/3D modelling untuk sanggup membuatnya. Begitupun untuk dunia animasi tentu membutuhkan seorang yang sanggup menciptakan motion graphic, animasi 2D/3D. Lulusan DKV sanggup mencangkup kedua lingkup kerja ini.
  • Dokumentasi
    Dalam dunia dokumentasi peluang lulusan DKV cukup luas untuk menjadi photographer, photo editor, videographer dan video editor yang dibutuhkan untuk dokumentasi acara, event dan wedding.
  • Wirausaha Mandiri
    Lulusan DKV sanggup menjadi wirausaha yang mencangkup ruang lingkup yang sudah dijelaskan diatas. Tentu dengan perjuangan dan keyakinan serta pengalaman Lulusan DKV sanggup menjadi Cretivepreneur
  • Pekerja Lepas (Freelancer)
    Dalam dunia Kerja, kita tidak hanya sanggup kerja Full time saja, kita sanggup menjadi pekerja lepas yang akan dipanggil kalau dibutuhkan saja. Seorang freelancer sanggup berkerja di banyak kawasan kerja sekaligus sehingga sanggup menghasilkan salary yang lebih juga. Bahkan untuk beberapa posisi sanggup berkerja di rumah saja dan memungkinkan untuk sambil kuliah atau kerja lainnya
  • Seniman (Artist)
    Seni ialah dasar dari DKV, Seniman disini sanggup berupa pelukis ataupun illustrator yang menjual karya nya dengan nilai jual dan nilai estetika yang tinggi
  • Youtuber & Selebgram
    Memang semua orang sanggup menjadi youtuber dam selebgram. Namun lulusan DKV yang mempunyai keahlian di bidang videografi, foto dan desain tentu sanggup menyajikan konten yang lebih menarik dengan perjuangan berdikari sehingga sanggup lebih cepat berkembang di dunia kerja yang tengah naik daun ini.

Posisi Pekerjaan Dunia DKV Serta Tugas nya :

  • Graphic Designer
    Menciptakan dan merancang sebuah karya desain grafis untuk tujuan tertentu yang pada dasarnya untuk memberikan sebuah informasi yang diinginkan oleh produk / klien dalam bentuk desain yang menarik.
  • Web Designer
    Merancang sebuah Website biar gampang dipakai sehingga sanggup memberikan informasi yang maksimal dan mempunyai nilai estetika tinggi.
  • 3D Modelling
    Menciptakan banyak sekali ragam bentuk model digital dalam 3D. Biasanya terdapat di bidang animasi.
  • Animator
    Menciptakan banyak sekali ragam gambar yang akan membentuk delusi seperti bergerak pada ketika ditayangkan (animasi) yang diciptakan dengan tujuan tertentu.
  • Art Director
    Penata seni. Penata artistik atau art director (A.D.) ialah sebutan bagi serangkaian profesi serupa dalam teater, periklanan, pemasaran, penerbitan, film and televisi, Internet, dan video game.
  • Cretive Director
    Posisi yang sering ditemukan di dalam industri desain grafis, film, musik, video game, fashion, periklanan, media, atau hiburan, yang biasanya ada dalam organisasi kreatif lainnya menyerupai pengembangan web dan pengembangan perangkat lunak.
  • Videographer / Kameraman
    Mengambil gambar (shooting) memakai kamera video dengan memperhatikan framing, angle, dan gerak kamera yang dibutuhkan untuk memberikan informasi dengan mempunyai nilai estetika yang tinggi.
  • Video Editor
    Mengelola, mengatur, menghias dan memperbaiki bab belahan video yang sudah ada menjadi sebuah video utuh yang layak untuk di tonton.
  • Photographer
    Mengambil gambar dengan cara menangkap cahaya dari subyek gambar dengan kamera maupun peralatan fotografi lainnya, yang memikirkan seni dan teknik untuk menghasilkan foto yang mempunyai nilai estetika tinggi dan penyampaian informasi yang baik.
  • Photo Editor
    Mengelola, memperbaiki dan mengkoreksi foto yang sudah ada biar sanggup lebik baik dari foto sebelumnya.
  • Ilustrator
    Membuat gambar gambaran dari ukiran alat gambar dan digital, umumnya untuk keperluan konten (penyedia gambar) demi memperjelas maksud suatu goresan pena tertentu atau demi menciptakan terlihat menarik tampilannya.
  • Layouter
    Mengatur tata letak konten yang berupa goresan pena dan gambar biar terlihat rapih dan terstruktur sehingga sanggup memberikan informasi dari sebuah halaman secara maksimal.
  • Colorist
    Membantu illustrator mewarnai gambar untuk melengkapi keperluan ilustrasi.
  • Traceer
    Membantu illustrator dan desainer menduplikat gambar dari gambar yang sudah ada berbentuk bitmap ke vector untuk melengkapi kebutuhan penerbitan.
  • Penata Artistik/Studio Hand
    Membantu designer melakukan penataan dekorasi ketika produksi program
  • Penata Grafis Video
    Membantu piƱata grafis dalam menciptakan grafis dalam sebuah video; title, bumper program, caption, dll.

Demikian lah Prospek Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual yang sudah kita bahas tuntas bersama, namun demikian prospek diatas kembali tergantung kawasan kau berguru alasannya setiap Sekolah Menengah kejuruan dan Universitas sanggup saja bahan yang diajarkan berbeda beda, mungkin yang satu berguru animasi namun yang lain tidak. Maka dari itu silahkan perhatikan kurikulum nya telebih dahulu sebelum mendaftar yaa. Jika ada embel-embel silakan komentar saja ya, Terimakasih!