Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Bluetooth 5.0, Dan Apa Saja Fitur Gres Yang Perlu Kau Ketahui?


Smartphone modern dan perangkat gres lainnya, mulai dari iPhone 8 dan iPhone X sampai Samsung Galaxy S8, menambahkan pinjaman untuk "Bluetooth 5.0" pada daftar spesifikasi mereka. Inilah beberapa hal gres dan terbaik yang perlu kau ketahui dari Bluetooth 5.0.

Apa itu Bluetooth 5.0?

Bluetooth 5.0 ialah versi terbaru dari standar komunikasi nirkabel Bluetooth. Bluetooth biasanya dipakai untuk headphone nirkabel dan perangkat audio lainnya, serta keyboard nirkabel, mouse, dan pengendali permainan ibarat joystick. Bluetooth juga dipakai untuk komunikasi antara banyak sekali perangkat smart home dan Internet of Things (IoT).

Versi gres dari Bluetooth ini mempunyai banyak sekali perbaikan dan peningkatan, namun hanya bila dipakai dengan periferal yang kompatibel. Dengan kata lain, kau tidak akan melihat manfaat eksklusif dari Bluetooth 5.0 kalau semua komplemen Bluetooth kau dirancang untuk Bluetooth versi lama. Namun, Bluetooth 5.0  sanggup terus kau gunakan untuk menghubungkan perangkat dengan Bluetooth 4.2. Dan, ketika kau membeli perangkat dengan Bluetooth 5.0, perangkat tersebut akan berfungsi lebih baik berkat kemampuan dan fitur gres Bluetooth 5.0.

Merupakan Bluetooth Hemat Daya untuk Headphone Nirkabel (dan Lainnya)


Peningkatan yang paling penting yang dilakukan pada Bluetooth ialah spesifikasi Bluetooth Hemat Daya, yang diperkenalkan kembali dengan Bluetooth 4.0, tidak ibarat Bluetooth versi usang yang memakai lebih banyak daya.

Sebagai contoh, headphone nirkabel klasik tidak bisa berkomunikasi melalui Bluetooth hemat daya, hal itu alasannya ialah headphone tersebut memakai Bluetooth versi usang yang membutuhkan daya besar. Dengan Bluetooth 5.0, semua perangkat audio berkomunikasi melalui Bluetooth Low Energy, yang berarti mengurangi penggunaan daya dan masa pakai baterai yang lebih lama. Akan lebih banyak lagi jenis perangkat yang bisa berkomunikasi melalui Bluetooth Low Energy di masa depan.

Untuk diketahui, Apple's AirPods tidak memakai Bluetooth 5.0. Mereka memakai Bluetooth 4.2 dan chip Apple W1 khusus untuk koneksi yang lebih baik. Di Android, Bluetooth 5.0 akan membantu menciptakan headphone Bluetooth menjadi sesuatu yang layak kau gunakan.

Kemampuan Dual Audio

Bluetooth 5.0 juga membawa fitur gres yang keren yang memungkinkan kau memutar audio pada dua perangkat yang terhubung secara bersamaan. Dengan kata lain, kau bisa mempunyai dua pasang headphone nirkabel yang terhubung ke telepon kamu, dan mengalirkan audio sekaligus ke keduanya disaat yang bersamaan. Atau kau bisa memutar audio di dua speaker yang berbeda di ruangan yang berbeda. Bahkan kau bisa mengalirkan dua audio yang berbeda ke dua perangkat audio yang berbeda pada ketika bersamaan. Agak membingungkan ya? 🤣 Maksudnya gini teman tekno, dua orang bisa mendengarkan dua buah musik yang berbeda, namun streaming dari telepon yang sama.

Fiturini dikenal dengan sebutan"Dual Audio" pada Samsung Galaxy S8. Cukup hubungkan dua perangkat audio Bluetooth ke telepon kamu, nyalakan fitur Dual Audio, dan sudah siap. Namun, itu seharusnya bukan fitur pada Samsung saja. Kemampuan tersebut diaktifkan oleh Bluetooth 5.0 dan biar saja akan muncul di perangkat lainnya juga.

Lebih Cepat dan Jangkauan Lebih Luas


Manfaat utama Bluetooth 5.0 ialah peningkatan kecepatan dan jangkauan yang lebih luas. Dengan kata lain, Bluetooth 5.0 lebih cepat dan sanggup beroperasi lebih jauh daripada versi Bluetooth sebelumnya.

Berdasarkan isu resmi dari organisasi standar Bluetooth mengiklankan bahwa Bluetooth 5.0 mempunyai jangkauan empat kali lebih luas, dua kali lebih cepat, dan kapasitas troughput Bluetooth delapan kali lebih besar dari versi lama. Peningkatan ini berlaku untuk Bluetooth Low Energy, memastikan perangkat sanggup memanfaatkannya sekaligus menghemat daya.

Dengan Bluetooth 5.0, kecepatan transfer data perangkat sampai 2 Mbps, dua kali lebih cepat dari  Bluetooth 4.2. Jarak jangkauan sampai 800 kaki (atau 240 meter), empat kali dari 200 kaki (atau 60 meter) yang diizinkan oleh Bluetooth 4.2. Namun, dinding dan rintangan lainnya akan melemahkan sinyal, ibarat yang terjadi pada Wi-Fi.

Standar kompresi aptX sudah menjanjikan kualitas audio CD yang baik pada kecepatan 1 Mbps, jadi pada kecepatan 2 Mbps memungkinkan kualitas audio nirkabel yang lebih baik lagi.

Secara teknis, perangkat yang memakai Bluetooth 5.0 bersama-sama bisa menentukan antara kecepatan yang lebih tinggi atau jarak jangkauan yang lebih jauh. Manfaat "kecepatan 2x" ini sangat membantu ketika beroperasi pada jarak bersahabat dan mengirim data bolak-balik. Pemilihan jangkauan yang luas akan optimal untuk perangkat lain yang hanya perlu mengirim sejumlah kecil data atau sanggup mengirim data secara perlahan, namun ingin berkomunikasi pada jarak yang lebih jauh. Keduanya tetap memakai daya yang rendah.

Perangkat bisa menentukan mana yang paling baik tergantung kondisi ketika itu. Misalnya, headphone nirkabel bisa memakai peningkatan kecepatan untuk audio streaming bitrate tinggi, sementara sensor nirkabel dan perangkat tersembunyi yang hanya perlu mengirim isu status mereka sanggup menentukan peningkatan jarak sehingga bisa berkomunikasi lebih jauh.

Jika kau tertarik dengan detail spesifik Bluetooth 5.0, kau sanggup melihat spesifikasi resmi Bluetooth 5.0 secara online.


Kapan Perangkat Bluetooth 5.0 tersedia?

Kamu sudah bisa mendapat perangkat yang mendukung Bluetooth 5.0 ketika ini, ibarat iPhone 8 dan 8 Plus, iPhone X, Samsung Galaxy S8, dan ponsel Android gres lainnya. Kamu juga memerlukan perangkat Bluetooth 5.0. Masih belum banya, namun banyak produsen menjanjikan untuk mengeluarkan perangkat Bluetooth 5.0 pada tahun 2018.



Sumber https://teknowin10.blogspot.com/