Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Perbedaan Utama Iphone Orisinil Dengan Iphone Palsu (Replika)

Perbedaan iPhone Asli dengan iPhone Palsu 9 Perbedaan Utama iPhone Asli dengan iPhone Palsu (Replika)
Sampai ketika ini, masih ada sebagian orang yang menentukan untuk membeli iPhone bukan di toko resmi Apple atau Apple Reseller Authorized sebab harga yang ditawarkan terbilang sangat murah. Tapi, apakah ponsel murah yang ditawarkan itu iPhone Palsu (Replika) atau bukan?

Seperti kita ketahui smartphone besutan Apple, iPhone memang terbilang ponsel yang mahal dari beberapa merek handphone yang beredar di pasaran. Sekalipun terpaut dengan harganya yang sangat mahal itu, ada banyak kelebihan yang ditawarkan.

Inilah yang dimanfaatkan olek oknum tertentu, menciptakan iPhone palsu atau iPhone KW kemudian dijual dipasaran dengan harganya sangat murah dibandingkan dengan iPhone asli.

Apa Itu iPhone Replika?


iPhone Replika disebut juga iPhone Palsu atau iPhone KW. Tidak sama ibarat iPhone Refurbished, iPhone Replika yaitu ponsel yang dirakit oleh seseorang, bukan Apple yang tampilannya sangat ibarat dengan iPhone orisinil tapi terbuat dari material plastik atau logam biasa (bukan material aluminium premium) sehingga kualitasnya sangat jelek dan tidak memakai sistem operasi iOS.

Sepintas kalau dilihat dari fisiknya, tidak ada perbedaan antara iPhone orisinil dengan iPhone Replika. Cara terbaik untuk mengecek iPhone palsu ini dengan menyentuh bodi dan menyidik sistem operasi yang tertanam didalamnya.

Untuk itu, biar Anda tidak tertipu atau keliru ketika ingin membeli iPhone sebaiknya mengetahui sembilan perbedaan utama antara iPhone orisinil dan iPhone palsu dibawah ini.

1. Harga iPhone Replika Relatif Lebih Murah


Ini yaitu salah satu perbedaan utama dan ciri iPhone palsu. Dibandrol dengan harga yang sangat murah menciptakan sebagian orang tergiur ingin membelinya. Jika pada umumnya iPhone orisinil dijual dengan harga 8 jutaan, maka Anda sanggup membeli iPhone palsu dengan harga 2 jutaan.

Ingat, iPhone orisinil tidak pernah dijual dengan harga dibawah 5 jutaan sehingga Anda patut curiga kalau ditawarkan dengan harga yang lebih murah dari itu.

Sangat masuk akal mereka menjualnya dengan harga murah mengingat kualitas dan spesifikasi iPhone replika sangat jauh berbeda dengan iPhone asli.

2. Bodi iPhone Asli Bahan Premium


Hal yang masuk akal kalau iPhone orisinil ditawarkan dengan harga mahal sebab bodinya yang terbuat dari materi logam berkualitas tinggi (premium). Berbeda dengan iPhone palsu yang hanya didesain dari materi plastik atau logam biasa.

Jika ada dua iPhone yaitu iPhone orisinil dan iPhone replika diletakkan diatas meja, maka sangat gampang mengenalinya dengan cara menggenggamnya, terasa kokoh dan besar lengan berkuasa sebab material yang digunakan iPhone orisinil berbahan premium.

3. iPhone Palsu Tidak Terdeteksi di iTunes


Windows Phone punya software Zune untuk mengenali perangkatnya. Begitupun dengan produk Apple, dengan software iTunes yang sanggup berjalan di OS Windows dan Mac yang diperuntukkan khusus untuk iPhone asli.

Tidak hanya iPhone orisinil saja, perangkat Apple yang lain ibarat iPad, iPod touch, atau iPod Shuffle akan terdeteksi di iTunes kalau dihubungkan dengan kabel data baik itu kabel 30-pin ataupun Lightning.

Anda sanggup mengecek keaslian iPhone dengan mencoba menghubungkannya melalui iTunes. Jika terdeteksi, maka Anda tidak perlu khawatir sebab iPhone tersebut asli. Begitupun sebaliknya, kalau kabel data kondisinya baik atau tidak rusak tapi iTunes tidak mendeteksi iPhone tersebut, maka sanggup dipastikan itu yaitu iPhone palsu.

4. iPhone Asli Garansi 1 Tahun


Tidak ada salahnya membeli ponsel buatan Apple sebab banyak sekali sumbangan dan layanan diberikan kepada konsumennya. Garansi misalnya, Apple mengatakan satu tahun garansi bagi mereka yang membeli iPhone orisinil tentunya.

Beda halnya kalau Anda membeli iPhone replika, Anda mungkin hanya mendapat garansi paling usang satu bulan atau bahkan tidak sanggup sama sekali.

Padahal, dengan garansi resmi Apple Anda sanggup dengan gampang klaim kerusakan iPhone di Apple Reseller Premium ketika ada cacat fisik dan akan digantikan dengan unit gres kalau itu sesuai dengan ketentuan Apple.

Untuk mengecek garansi iPhone, cukup kunjungi tautan Check Your Service and Support Coverage untuk menyidik proteksi layanan dan sumbangan yang disediakan oleh Apple.

Jika memang itu yaitu iPhone orisinil maka akan muncul keterangan garansi dan sumbangan Apple lainnya di laman tersebut sedangkan iPhone replika tidak.

5. Sistem Operasi


Untuk memastikan apakah itu iPhone palsu atau bukan, cara yang sangat gampang dilakukan dengan melihat sistem operasi (OS) yang tertanam didalamnya.

Dengan melihat sepintas, mungkin kita tidak sanggup mengetahui keaslian iPhone apalagi kalau jarak pandang yang terlampau jauh.

Tapi dengan mencoba mengakses OS yang digunakan, melihat IMEI, serial number contohnya maka Anda sanggup dengan gampang mengecek keaslian iPhone.

iPhone orisinil hanya sanggup diinstallkan dengan sistem operasi bawaan Apple yaitu iOS. Sementara, OS yang digunakan iPhone palsu yaitu Android.

6. App Store


Seperti yang dikatakan diatas, OS yang digunakan iPhone orisinil yaitu iOS. Dengan iOS, Anda sanggup mengakses toko aplikasi (App Store). Dengan begitu, kita juga sanggup mengunduh aplikasi yang ada di App Store tentunya ibarat aplikasi VPN iPhone, Facebook for iOS, Instagram dan lainnya.

Tidak demikian dengan iPhone palsu, sekalipun ada ikon App Store tapi ketika mencoba mengaksesnya justru muncul halaman Google Play Store, bukan laman App Store Apple.

7. Voice Over


Cara mengecek iPhone palsu yang lain sanggup Anda lakukan dengan mencoba mengaktifkan salah fitur yang tertanama di iOS yaitu “voice over”. Dengan fitur bawaan iPhone orisinil yang tidak memiliki Siri, Anda bisa menjalankan music tanpa memakai perintah bunyi dengan menekan dan tahan beberapa detik tombol Home.

iPhone yang tidak bisa mengaktifkan fitur ini, sanggup dipastikan itu yaitu iPhone palsu atau iPhone replika.

8. Kualitas Kamera


iPhone Palsu memang memperlihatkan harga yang sangat murah, tapi tentunya Anda tidak akan mendapat kualitas yang sama ibarat iPhone asli.

Anda yang bahagia selfie atau hobi fotografi tidak akan mendapat hasil potret yang memuaskan kalau mengandalkan resolusi kamera iPhone palsu.

Ini dikarenakan kualitas kameranya sangat rendah dan beda jauh dari iPhone asli.

9. Screenshot


Sekalipun iPhone palsu punya tombol yang sama dengan iPhone orisinil ibarat tombol Home, Volume Up, Volume Down dan Power tapi Anda tidak akan bisa mengambil screenshot atau gambar layar dengan menekan kombinasi tombol Home + Power.

Hanya iPhone orisinil yang bisa memakai fitur screenshot dengan menekan kombinasi tombol tersebut secara bersamaan dan otomatis menyimpan hasil screenshot di Photos.

Dari banyak sekali ciri-ciri iPhone palsu diatas, kami yakin Anda tidak akan mau membelinya dan lebih menentukan iPhone orisinil bukan?

Jadi, Anda harus jeli mengecek keaslian iPhone ketika ingin membelinya biar tidak tertipu dan pastikan mengecek sembilan perbedaan utama iPhone orisinil dengan iPhone palsu diatas. Langkah terbaik yaitu mengujungi Apple Authorized Reseller terdekat.