Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mempersiapkan Liburan Simpulan Tahun Semoga Menyenangkan

Liburan bersama keluarga, saudara atau teman bersahabat menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu, apalagi menjelang final tahun atau pergantian ke tahun baru. Bagi anda yang bekerja di perusahaan biasanya ada semacam jatah cuti yang sanggup dimanfaatkan untuk berlibur. Bagi anak sekolah dan kuliah pada pertengahan bulan Desember biasanya sudah masuk masa liburan alasannya ialah sebelumnya sudah melaksanakan ujian final semester. Makara memang ketika yang sempurna untuk berlibur bersama.

baca juga : 3 Tempat WISATA ALAM Maja Majalengka Jawa Barat

Ingin liburan final tahun menyenangkan ? tentu itu yang ingin anda harapkan, dengan berlibur anda mendapat pengalaman menyenangkan dan menambah fresh pikiran anda. Untuk itu ada beberapa tips untuk mempersiapkan liburan final tahun biar menyenangkan, yuk kita simak tipsnya.

1. Memilih objek wisata yang ingin dikunjungi


Objek wisata di Indonesia aneka macam apalagi objek wisata di dunia. Agar tidak galau anda persempit dulu tempat mana yang ingin dikunjungi, apakah di luar negeri atau di dalam negeri. Misal Singapura, Malaysia, Brunei, destinasi wisata lokal juga tidak kalah menarik, anda sanggup mempertimbangkan Bali, Yogyakarta, Malang dan lainnya.

Pemilihan objek wisata yang akan dikunjungi nantinya berkaitan dengan budget, akomodasi, alat transportasi dan lainnya. Makara tentukan dahulu tujuan wisatanya.

2. Persiapan kendaraan


Berwisata di dalam negeri sanggup ditempuh dengan kendaraan pribadi, jauh hari sebelumnya persiapkan kendaraan dalam kondisi fit dan sudah melaksanakan investigasi menyeluruh biar tidak mogok di jalan. 

3. Pemesanan Tiket


Pemesan tiket maskapai penerbangan dan kereta api (apabila tidak memakai kendaraan beroda empat pribadi) lebih gampang dilakukan ketika ini dengan memakai smartphone dan aplikasi dari penyedia/penjual tiket online. Cari barangkali ada yang sedang mengadakan promo, diskon atau penawaran menarik lainnya.

4. Pesan Hotel


Saat liburan hotel-hotel biasanya mencapai hunian 100%, untuk mendapat kamar di hotel, jauh-jauh hari anda harus melaksanakan booking hotel, sehingga ketika anda berliburan, anda tidak khawatir tidak kebagian kamar hotel.

5. Browsing Informasi wisata


Saat anda sudah memilih destinasi wisata, carilah info selengkapnya mengenai tempat tersebut. Selain tempat wisata utama yang anda tuju, adakah tempat menarik lainnya di sekitarnya, apakah kulinernya, seni budayanya, sentra souvenir dan lainnya.

6. Buat list barang


Seringkali jikalau mendadak, kita lupa membawa barang yang penting untuk kita bawa. Mencegah hal ini, sebelumnya catat dan kumpulkan barang-barang penting yang akan dibawa, dimulai dari charger gadget hingga ke barang pribadi. Sebelum berangkat cek semua list barang tadi.           

Satu hal lagi, bawalah barang yang punya manfaat saja atau memang barang yang wajib anda bawa misal obat pribadi, kamera, charger dan lainnya.

7. Mempersiapkan dokumen langsung


Apabila berwisata ke luar negeri ada beberapa dokumen yang harus dibawa yaitu paspor, visa dan lainnya. Apabila destinasi wisata berada di dalam negeri, dokumen identitas langsung saja yang dibawa menyerupai KTP, SIM dan lainnya.

8. Menjaga kesehatan


Sebelum hari keberangkatan, jagalah kondisi kesehatan anda, tidak akan menyenangkan apabila berlibur dalam kondisi sakit kan ? Bawa obat-obatan dan alat medis langsung anda apabila dibutuhkan.

baca juga : Liburan Keluarga Taman Wisata Alam Linggarjati Kuningan Jawa Barat

Demikian beberapa tips mempersiapkan liburan final tahun biar menyenangkan. Persiapan yang matang akan menimbulkan liburan anda menjadi berkesan dan menyenangkan. Selamat berlibur. Keep learning and sharing.