Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Penting Sebelum Membeli Iphone Refurbished

 iPhone yakni salah satu yang smartphone yang menjadi incaran 6 Tips Penting Sebelum Membeli iPhone Refurbished
Diantara beberapa merek ponsel berilmu (smartphone) yang beredar di pasaran ketika ini, iPhone yakni salah satu yang smartphone yang menjadi incaran. Tak heran ada banyak orang yang rela antri mulai dari pagi sampai siang hari di Apple Reseller Authorized Indonesia.

Sekalipun harga iPhone terbilang mahal, tapi ponsel berilmu besutan dari Apple yang didirikan oleh Steve Jobs ini juga punya varian lain yang disebut iPhone Refurbished.

Dengan usulan harga yang lebih murah, menciptakan pecinta iPhone terkadang menentukan membelinya di toko online atau toko ponsel yang tidak menjalin kerjasama dengan Apple.

Entah itu lantaran di wilayahnya tidak ada toko resmi Apple atau tidak punya waktu sehingga tidak menyadari jikalau iPhone gres yang ia beli itu yakni iPhone bekas yang dijual lagi oleh Apple.

Mengenal Lebih Jauh Apa itu iPhone Refurbished


Sekarang, Anda sudah mengetahui jikalau iPhone yang beredar di pasaran ketika ini ada aneka macam varian, salah satunya iPhone refurbished ‘kan.

Apple tidak pribadi menjual iPhone bekas yang didapatkan dari klaim pengguna iPhone tapi melalui beberapa proses yang panjang yang disebut dengan refurbishement.

Pengguna iPhone yang mengklaim garansi lantaran adanya kerusakan atau cacat fisik kemudian pihak Apple mengeceknya dan mengganti dengan unit iPhone baru.

iPhone bekas yang mengalami kerusakan tadi akan diperiksa dan diperbaiki oleh Apple. Jika iPhone tersebut layak dijual sesudah dianalisa, maka Apple akan menjualnya dalam kondisi yang disebut dengan iPhone refurbished.

Setelah mengetahui hal diatas, masih ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui sebelum membeli iPhone refurbished. Simak selengkapnya dibawah ini.

1. Kotak Kemasan tertulis “Apple Certified Pre-Owned” dan “RFB”


Selain harga murah, tips mengenali iPhone refurbished yang lain yakni dengan melihat box atau kotak kemasan iPhone.

Ini yakni salah satu cara gampang mengetahui apakah itu iPhone refurbished atau tidak tanpa harus membuka kotak kemasan.

Seperti yang dikatakan diatas, jikalau ada pengguna iPhone yang mengklaim garansi dan Apple menggantikannya dengan iPhone gres maka iPhone bekas tadi akan dianalisa dan diperbaiki.

Setelah itu, Apple akan mengujinya lagi sebelum dijual ke pasaran dengan lengkap dengan aksesoris dan diberi goresan pena “Apple Certified Pre-Owned” yang pertanda bahwa iPhone tersebut sudah pernah dipakai (bekas) kemudian diperbaiki dan dijual ulang oleh Apple.

2. Harga Murah


Umumnya, iPhone gres tidak pernah dijual dengan harga yang murah, maksudnya dibawah 5 jutaan tapi dengan harga yang lebih mahal, kisaran 7 jutaan ke atas.

Apalagi, Anda yang menentukan membeli iPhone gres di toko online atau toko ponsel yang tidak punya status sebagai Apple Reseller Authorized, besar kemungkinan Anda akan membeli iPhone refurbished dengan usulan harga murah.

Sebaiknya Anda harus mengecek terlebih dahulu harga iPhone gres yang ingin diincar di toko resmi Apple menyerupai iBox kemudian membandingkan harganya dengan iPhone gres yang ada di toko ponsel biasa.

Nah, jikalau Anda mendapati harganya selisih besar dari iPhone yang dijual di iBox misalnya, 99% iPhone tersebut yakni iPhone refurbished.

Jadi, jangan gampang tergiur dengan iPhone gres dengan harga murah jikalau tidak ingin membeli iPhone refurbished.

3. Kotak Kemasan Berwarna Putih 


Ketika ingin membeli iPhone 5 berwarna hitam contohnya kini ini, kebanyakan toko online atau toko ponsel jarang menyediakannya.

Apakah kotak kemasan iPhone refurbished berwarna putih semua?

Iya, betul. Selain bertuliskan “Apple Certified Pre-Owned”, hampir semua iPhone refurbished dijual dalam kotak kemasan berwarna putih.

Bukan berarti, jikalau Anda membeli iPhone dalam kemasan warna putih di toko resmi Apple itu yakni iPhone refurbished.

Ups, tunggu dulu.

Umumnya, iPhone refurbished banyak dijumpai di toko online atau toko ponsel biasa.

Jadi, sebaiknya jikalau Anda ditawarkan iPhone kemasan berwarna putih, tidak ada salahnya menanyakan kepada penjual apakah itu iPhone refurbished atau bukan

4. Kualitas Standar Apple


Hingga ketika ini, masih ada beberapa orang yang sangsi dengan keberadaan iPhone refurbished khususnya dari segi kualitasnya.

Seperti yang kita ketahui, iPhone yang diklaim oleh seseorang lantaran cacat fisik atau software ke Apple akan dianalisa dan diperbaiki pribadi oleh pihak Apple. Setelah itu, akan diuji ulang apakah layak untuk dijual atau tidak.

Nah, jikalau layak jual maka oleh Apple akan menjualnya di toko iPhone Refurbished resmi Apple atau Apple Store dengan harga yang lebih murah tapi dengan kualitas standa Apple tentunya.

Dapat dikatakan, kualitas iPhone refursbished sama dengan iPhone baru.

5. Garansi Resmi


Sebelum membeli jenis iPhone ini, Anda harus mengecek terlebih dahulu apakah toko itu termasuk toko resmi Apple atau bukan.

Jika tidak, maka Anda akan menyesal lantaran ada beberapa toko yang terkadang tidak memperlihatkan sama sekali garansi dan hanya memberi garansi selama satu bulan.

Padahal, garansi iPhone refurbished yang bahwasanya yakni  satu tahun.

6. Aksesoris


Salah satu hal yang juga sangat ditakuti oleh pengguna ponsel berilmu Apple yakni memakai aksesoris yang tidak orisinil. Ini dikarenakan aksesoris tiruan Apple menyerupai charger dan kabel data sanggup menyebabkan kerusakan pada perangkat iPhone.

Karena diperbaiki dan dijual resmi oleh pihak Apple, Anda tidak perlu mewaspadai aksesoris iPhone refurbished. Charger, Earpods, dan aksesoris lainnya dijamin asli.

Semua aksesorisnya sama dengan aksesoris iPhone baru, tidak ada bedanya sama sekali.

Sekarang, Anda tentunya sudah tahu apakah iPhone refurbished itu manis atau tidak bukan?

Bagi Anda tidak punya budget yang lebih, tidak ada salahnya membeli iPhone refurbished mengingat beberapa pertimbangan diatas menyerupai garansi, kualitas, aksesoris yang dijamin pribadi oleh Apple.

Namun, jikalau ingin mendapat barang gres dan garansi yang lebih sebaiknya Anda membeli iPhone baru.