Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memunculkan Mode Hibernate Di Windows 7, 8 Dan 10

Dalam sistem operasi, baik windows maupun linux tentunya sudah secara default tersedia banyak sekali layanan pendukung ibarat Shutdown yang dipakai untuk mematikan komputer, dan Lock untuk mengunci komputer. Tapi tentunya tidak hanya dua utilitas itu saja yang tersedia, opsi lain ibarat Sleep dan Hibernate juga ada.

Opsi Sleep dan Hibernate ini bergotong-royong punya kemiripan, tetapi juga punya perbedaan. Apa perbedaannya?

A. Mode Sleep

Pada opsi Sleep, komputer/laptop akan berada pada kondisi tetap berjalan namun dengan daya yang minim. Maksudnya ialah ketika anda mengaktifkan mode Sleep maka layar monitor akan mati, dan program-program yang berjalan akan di pause/dihentikan sementara.

Sementara sistem komputer akan tetap berjalan namun dalam kondisi yang lemah. Ini alasannya dikala mode Sleep diaktifkan maka anutan daya listrik yang dipakai sangat kecil.

Sebagai ilustrasi saja, mode Sleep ini sanggup dikatakan ibarat mirip orang yang sedang tidur. Anda masih sanggup bernapas, namun dalam kondisi mata tertutup dan tubuh lemas. Ini alasannya daya/energi yang dipakai dikala tidur sangat minim.

 baik windows maupun linux tentunya sudah secara default tersedia banyak sekali layanan penduku Cara Memunculkan Mode Hibernate Di Windows 7, 8 dan 10


B. Mode Hibernate

Sedangkan opsi Hibernate juga sama ibarat mode Sleep hanya saja ketika mode Hibernate diaktifkan maka tidak ada daya listrik yang berjalan. Artinya semua kegiatan atau pekerjaan yang masih berjalan akan di pause dan disimpan sementara di RAM. Lalu komputer akan mati ibarat dikala melaksanakan Shutdown.

Namun berbeda dengan Shutdown, pada mode ini komputer sanggup dengan cepat melaksanakan Booting dan secara cepat pula sanggup menjalankan tugas/pekerjaan terakhir yang belum selesai.

Kaprikornus pada dasarnya mode ini sanggup menjalankan kembali acara aplikasi terakhir yang belum ditutup atau selesai, dan sanggup dengan gampang melanjutkan kembali kiprah tersebut tanpa khawatir data akan hilang.


Nah  bagi anda yang ingin menjalankan mode Sleep, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu masuk ke Start Menu dan pilih pada Power, kemudian arahkan cursor pada opsi Sleep. Secara cepat komputer akan merespon dan mode Sleep telah berhasil dijalankan.

Lalu bagaimana cara menjalankan mode Hibernate? apakah caranya sama dengan menjalankan mode Sleep?

Cara untuk menjalankan mode Hibernate pada umumnya sama dengan menjalankan mode Sleep, Shutdown, Restart, dan Switch User. Tapi apa alhasil jikalau dalam sajian "Power" tidak ditemukan opsi Hibernate?

Wah pastinya bikin resah ya. Sekedar isu saja, bahwa mode Hibernate sedikit berbeda dengan mode lain. Karena tidak semua sistem operasi menampilkan mode atau opsi ini. Untuk sanggup memakai mode Hibernate kita sendirilah yang harus memunculkannya.

Yang menjadi permasalahan, bagaimana cara memunculkan mode Hibernate ini?

Tenang saja, sesuai judul diatas, kali ini saya akan memperlihatkan tutorial sederhana untuk memunculkan mode Hibernate di windows 7, 8 dan 10. Oke pribadi saja, silahkan disimak baik-baik tutorial berikut:


Mengaktifkan Mode Hibernate Di Windows 7


1. Langkah pertama yang harus anda lakukan ialah dengan membuka layanan Command Prompt atau CMD, dengan memakai Run as administrator.

Alasan memakai CMD Run as direktur ialah semoga kita sanggup leluasa untuk mengakses layanan yang ada. Dengan menjalankan CMD secara direktur juga menciptakan kita menerima layanan khusus yang tidak diberikan oleh CMD pada umumnya.

2. Ketika Command Prompt sudah terbuka, silahkan anda ketik perintah "powercfg /hibernate on" (tanpa tanda petik). Kemudian tekan Enter.

3. Lalu masuk ke "Contol Panel". Anda sanggup masuk melalui tombol start, pada bilah kanan pilih "Control Panel". Lalu bagaimana dengan Command Prompt-Nya? silahkan di Minimize dahulu.

4. Silahkan cari sajian "Power Options". Agar mempercepat pencarian anda sanggup memanfaatkan sajian search pada kolom di pojok kanan atas layar yang bertuliskan "Search Control Panel". Klik satu kali dan ketik "Power Options". Lalu buka sajian tersebut.

5. Tunggu sebentar dan akan ditampilkan jendela layar baru. Pada tampilan tersebut akan ada beberapa opsi/pilihan yang muncul. Tugas anda hanyalah mengarahkan cursor pada tombol "Change advanced power settings".

6. Klik pada sajian "Sleep" dan klik lagi pada sajian "Allow hybrid sleep". Akan ada dua opsi yaitu On Battery dan Plugged in. Caranya ganti kedua opsi tersebut menjadi "Off".

7. Setelah itu klik "Apply" kemudian "Ok".

8. Selesai. Anda sanggup melihat tombol Hibernate pada Start Menu bersamaan dengan opsi Shutdown, Sleep, Restart, Lock, Log Off, dan Switch User.



Mengaktifkan Mode Hibernate Di Windows 8 dan 10



1. Lakukan kombinasi tombol "Win+R" pada keyboard untuk menjalankan acara Run. Lalu ketikan perintah "powercfg.cpl" (tanpa tanda petik). Kemudian tekan Enter atau Ok.

2. Setelah perintah tersebut berhasil dijalankan, maka akan terbuka tampilan jendela baru. Lebih tepatnya anda akan dibawa pada sajian "Power Options". Kemudian pribadi saja anda klik pada opsi "Choose what the power button does".

3. Kemudian klik pada "Change settings that are currently unavailable".

4. Lalu arahkan cursor anda pada "Shutdown Setting" yang biasanya terletak di selesai halaman, atau berada di halaman bawah. Lihat disana ada beberapa opsi yang ditampilkan diantaranya Turn On Fast Startup (Recommended), Sleep, Hibernate, dan Lock.

Nah untuk mengaktifkan mode Hibernate, anda hanya perlu mencentang opsi Hibernate tersebut. Kemudian klik "Save changes" untuk menyimpan perubahan.

5. Sampai pada tahap ini anda sudah berhasil mengaktifkan mode Hibernate. Untuk mengecek apakah benar mode Hibernate sudah aktif anda sanggup masuk Start Menu kemudian pilih Power.


Itu ia cara untuk memunculkan mode Hibernate pada windows 7, 8 dan 10. Semoga sanggup bermanfaat, selesai kata saya ucapkan mohon maaf dan terimakasih.