Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Melihat Spek (Spesifikasi) Komputer Dan Laptop

 Melihat spesifikasi komputer bukanlah suatu kewajiban yang harus dilakukan 7 Cara Melihat Spek (Spesifikasi) Komputer Dan Laptop
Melihat spesifikasi komputer bukanlah suatu kewajiban yang harus dilakukan, tapi ada beberapa orang yang menyebabkan kegiatan melihat spek yaitu suatu kewajiban. Seperti halnya gamers yang harus menyesuaikan kemampuan komputer/laptopnya untuk sanggup menjalankan game yang akan dijalankan.

Atau bisa juga para desainer digital yang saya rasa perlu dan harus mengetahui spesifikasi dari komputer yang dimiliki.

Ada banyak laba dari mengetahui spesifikasi komputer diantaranya bisa mengetahui kualitas dari komponen komputer, dan sanggup memilih apakah komputer yang dipakai bisa menjalankan game/program tertentu.

Nah bagi kau yang ingin mengetahui cara-cara mendapat info detail mengenai spesifikasi komputer, anda bisa mencoba beberapa cara yang sudah saya siapkan dibawah ini:


1. Menggunakan Aplikasi CPU-Z


CPU-Z yaitu salah satu jenis aplikasi pihak ketiga yang memperlihatkan layanan berupa info rinci mengenai spesifikasi pada komputer atau laptop kamu. Aplikasi ini akan memperlihatkan anda rincian mengenai beberapa perangkat yang terpasang pada komputer anda, menyerupai Processor, RAM, VGA(kartu grafis), dan beberapa info lain.

Alasan mengapa anda perlu menggunakan aplikasi CPU-Z yaitu lantaran layanan info yang ditampilkan lebih lengkap dan akurat.

Untuk sanggup menggunakan aplikasi CPU-Z anda bisa mengunduhnya dari beberapa pihak penyedia aplikasi yang ada di Google. Setelah anda berhasil mengunduh aplikasi ini, langkah selanjutnya yaitu menginstall aplikasi tersebut.

Apabila proses instalasi telah selesai, anda bisa pribadi menjalankan aplikasi CPU-Z ini melalui halaman desktop atau pada direktori kawasan anda menginstall aplikasi tersebut. Cukup menunggu beberapa ketika maka info komputer akan ditampilkan secara lengkap.



2. Menggunakan Terminal (Linux)


Untuk cara yang kedua ini sedikit berbeda, dikatakan berbeda lantaran cara ini hanya berlaku atau hanya bisa berjalan pada sistem operasi Linux saja. Cara ini dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya yang telah ada pada Linux, yaitu Terminal.

Terminal yaitu aplikasi khusus pada Linux yang mempunyai kesamaan dengan Command Prompt(CMD). Perbedaannya terletak pada perintah dan penempatannya saja, jikalau Terminal berada di Linux sedangkan CMD berada di windows.

Alasan kita memanfaatkan Terminal untuk melihat info komputer yaitu lantaran kemudahannya. Karena Terminal sudah ada bersamaan dengan sistem operasinya, maka kita tidak perlu repot-repot melaksanakan installasi lagi.

Kita hanya perlu masuk ke terminal itu sendiri dan mengetikan perintah "sudo lshw"  kemudian tekan "Enter". Dalam beberapa detik saja info mengenai komputer akan ditampilkan secara rinci.



3. Menggunakan Layanan DXDIAG


Cara ini merupakan cara yang paling saya sukai, selain simpel cara ini juga bisa dibilang efisien dan gampang diaplikasikan.

Sedikit info saja bahwa DXDIAG merupakan aplikasi/layanan bawaan sistem operasi windows. DXDIAG sesungguhnya yaitu layanan yang dipakai untuk menampilkan info directX.

Namun pada kenyataannya layanan DXDIAG ternyata tidak hanya menampilkan info directX saja, tetapi juga info lain menyerupai jenis dan tipe sistem operasi, tipe komputer, kapasitas RAM, VGA, dan sebagainya juga ikut ditampilkan.

Untuk sanggup menggunakan layanan ini juga sangat mudah, anda hanya perlu mengkombinasikan tombol "win" dan "r" kemudian mengetikan perintah "dxdiag" tanpa tanda petik, kemudian enter.



4. Menggunakan Layanan Properties


Cara lain yang cukup gampang untuk dilakukan yaitu dengan memanfaatkan layanan "properties". Anda hanya perlu melaksanakan seleksi pada "Computer" atau "My Computer" pada file explorer windows. Kemudian lakukan klik kanan dan pilih pada "properties".

Cara ini memang gampang untuk dilakukan tapi ada kelemahannya yaitu info yang ditampilkan tidak lengkap, anda hanya akan mendapati beberapa info dasar saja dari komputer anda.



5. Menggunakan Advanced SystemCare


Untuk cara ini sendiri saya rasa masih menjadi hal tabu dikalangan masyarakat, lantaran hanya beberapa orang saja yang mau menggunakan layanan ini. Alasan banyak orang tidak mau menggunakan layanan ini, ya salah satunya lantaran proses dan caranya yang cukup memakan waktu.

Selain itu juga layanan ini cukup menguras kuota internet anda. Sebab layanan ini akan mendownload beberapa aktivitas pendukung yang cukup besar untuk menampilkan info super lengkap.

Disamping kekurangan layanan ini, ada kelebihan yang akan didapatkan, yaitu info yang ditampilkan akan dikupas secara lengkap dan terperici hingga bagian-bagian penting juga akan ditampilkan.



6. Menggunakan Aplikasi TuneUp Utilites


Hampir sama dengan Advanced SystemCare, cara ini yaitu dengan memanfaatkan aplikasi yang berjulukan "TuneUp". TuneUp bekerja layaknya Advanced SystemCare, yaitu dengan mengunduh beberapa aktivitas pendukung untuk menampilkan informasi.

Dengan aplikasi ini anda tidak hanya bisa melihat spesifikasi komputer/laptop saja, anda juga bisa melaksanakan beberapa identifikasi dan penyelesaian dilema apabila terjadi error pada touchpad.



7. Menggunakan Software Speccy


Speccy juga termasuk dalam aplikasi pihak ketiga yang bisa anda manfaatkan untuk mendapat info lengkap mengenai komputer anda.

Cukup download dan install saja aplikasi yang berjulukan Speccy ini, kemudian silahkan buka/jalankan aplikasinya, dan ketika itu pula anda akan ditampilkan info rinci mengenai spesifikasi komputer anda.


Kesimpulan


Untuk sanggup mengetahui spesifikasi komputer atau laptop sesungguhnya sangat mudah, hanya saja setiap cara punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dalam hal ini anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga apabila ingin mendapat info lengkap, namun sebaliknya apabila anda hanya membutuhkan info dasar dari komputer anda, maka anda bisa memanfaatkan layanan DXDIAG, Properties, maupun terminal.