Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menciptakan Bootable Usb Flashdisk Macos Sierra Di El Capitan Lengkap Dengan Gambar

Cara Membuat Bootable USB Flashdisk macOS Sierra di El Capitan Cara Membuat Bootable USB Flashdisk macOS Sierra di El Capitan Lengkap dengan Gambar
Pada postingan sebelumnya, Anda mungkin sudah pernah membaca tutorialnya di blog ini perihal cara menciptakan bootable USB El Capitan di macOS Sierra. Pada artikel ini, justru sebaliknya alasannya yakni kita akan menciptakan bootable flashdisk macOS Sierra di El Capitan. Ini tentunya sangat cocok bagi pengguna Mac yang ingin update Mac ke beberapa perangkat, backup installer macOS Sierra, mungkin juga akan clean install Mac atau alasannya yakni adanya virus.

Sebenarnya caranya hampir sama saja, pada dasarnya kita akan memasukkan installer Mac OS X ke media USB menyerupai Flashdisk dan dipakai untuk clean install perangkat Mac yang ada. Ketikan ingin download sistem operasi OS X terbaru baik itu El Capitan atau macOS Sierra sebaiknya di Apple Store dan jangan disitus download yang ada di Internet.

Anda tentunya sudah mengetahui alasan kenapa harus download install Mac OS X di Apple Store bukan di situs download software 'kan?

Ada 2 (dua) hal yang harus dipersiapkan sebelum menciptakan bootable USB Mac OS X El Capitan yaitu:
  • Flashdisk berukuran 8GB atau lebih besar kapasitasnya yang akan dipakai untuk memasukkan installer El Capitan.
  • File installer OS X El Capitan yang sanggup Anda download pribadi di Apple Store.

Nah, bagi Anda yang pernah menciptakan bootable USB macOS Sierra tapi tidak berhasil booting atau muncul pilihan booting USB alasannya yakni salah dalam menentukan partisinya. Untuk itu, ikuti beberapa langkah berikut.
  1. Colokkan Flashdisk ke port USB Mac.
  2. Jalankan aplikasi Disk Utility yang ada di /Applications/Utilities/ atau menekan kombinasi tombol Shift + Command + A kemudian pilih folder Utilities.
  3. Pilih drive USB pada sajian bab kiri dibawah goresan pena External dan pilih tab Erase.
  4. Ubah nama Flashdisk dengan mengetikkan "PanduanMacSierra" pada kolom Name kemudian pilih tipe pertisi "OS X Extended (Journaled)" pada kolom isian Format dan pilih "Guid Partition Map" pada pilihan Scheme.

    Cara Membuat Bootable USB Flashdisk macOS Sierra di El Capitan Cara Membuat Bootable USB Flashdisk macOS Sierra di El Capitan Lengkap dengan Gambar

  5. Selanjutnya, tekan tombol Erase untuk format drive Flashdisk.
  6. Jalankan aplikasi Terminal kemudian copy dan paste perintah dibawah ini.

    sudo /Applications/Install\ macOS\ Sierra.app/Contents/Resources/createinstallmedia --volume /Volumes/PanduanMacSierra --applicationpath /Applications/Install\ macOS\ Sierra.app --nointeraction &&say Done

  7. Sekarang, tekan Enter dan masukkan password user admin kemudian tunggu hingga proses selesai.

    Cara Membuat Bootable USB Flashdisk macOS Sierra di El Capitan Cara Membuat Bootable USB Flashdisk macOS Sierra di El Capitan Lengkap dengan Gambar

Setelah muncul goresan pena Done, berarti Anda sudah berhasil menciptakan bootable Mac di Flashdisk dan siap dipakai untuk menginstall perangkat Mac.

Sebelum melaksanakan clean install Mac, pastikan Anda sudah backup semua data Mac alasannya yakni proses clean install akan mengakibatkan semua data Mac hilang.

Demikian tips menciptakan Bootable USB Flashdisk macOS Sierra di OS X El Capitan. Jika mengalami masalah, silahkan berkomentar pada kolom yang tersedia dibawah.