Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Repeater Dan Router

Perkembangan Ilmu Teknologi semakin pesat, apalagi yang bekerjasama dengan Teknologi Informasi  dan komunikasi atau yang lebih dikenal dengan TIK.

Perkembangan yang dirasa dikala ini kita sanggup mengetahui gosip dalam segala bidang, dan mendapatkan gosip yang sedang up to date.

Untuk mendukung kestabilan koneksi jaringan telekomunikasi maka harus ada komponen-komponen pendukungnya, salah satu komponen penting dari jaringan ialah repeater dan juga router.
Dua perangkat keras repeater dan router ini tentu saja mempunyai perbedaan dari masing-masing hal, cara kerja dan fungsinya.

Sebelumnya berikut sedikit pengertian dari Repeater dan manfaatnya

1. Repeater
    Repeater ialah sebuah alat elektronik yang mempunyai fungsi menguatkan sinyal khususnya pada jaringan tanpa kabel atau lebih dikenal dengan jaringan nirkabel.
Sebagai repeater akan mendapatkan sinyal kemudian akan membuatkan kebali dengan sinyal yang lebih berpengaruh sehingga sinyal tersebut sanggup mencapai tempat yanng lebih luas lagi, selain itu repeater lebih mudah sebab ia tidak membutuhkan kabel untuk menghubungkan antar jaringannya.

Repeater sendiri tersusun dari beberapa komponen, berikut komponen dan penjelasannya

a. Penerima sinyal
    Memiliki fungsi untuk mendapatkan sinyal dari pemancar lain, bisa berupa antena yang diletakkan sangat tinggi.

b. Penguat sinyal
    Memiliki fungsi untuk menguatkan sinyal yang sudah di terima dari pemancar

c. Pemancar sinyal
    Memiliki fungsi memancarkan sinyal yang telah di terima dan di kuatkan lagi

Kaprikornus dengan repeater ini kita akan terhubung satu sama lainnya hingga jarak yang tidak mengecewakan jauh

Manfaat dari Repeater

Berikut manfaat dari repeater

a. Repeater memantu telepon seluler/Handphone (HP) mendapatkan sinyal
    Bisa dibayangan kalau tidak ada repeater maka jangkauan sinyal dari tower BTS pastinya akan sangat terbatas dan akan sulit untuk menelpon sebab sinyal tidak tersebar luas.
Dengan repeater sinyal bisa tersebar luas bahkan hingga tempat terpencil, selain itu dengan adanya repeater operator telepon jadi tidak perlu membangun banyak tower BTS .

b. Repeater sanggup memperlancar pengiriman gosip dan data
    Dengan repeater seseorang di tempat terpencilpun masih bisa mendapatkan gosip dan sanggup mengakses gosip dan data dengan mudah.

c. Repeater tidak membutuhkan kabel
    Dengan adanya repeater jaringan lebih sederhana, dan juga tanpa membutuhkan kabel yang sangat panjang. Dan yang niscaya lebih mudah dengan adanya repeater.

Dan Berikut Perbedaan antara Repeater dan Router

Perbedaan repeater dan router bisa dilihat dari aneka macam sisi, setiap komponen jaringan harus terhubung satu dengan yang lainnya untuk membentuk kesatuan sehingga sanggup beroperasi dengan baik dan sistematis.
Jika salah satu pecahan tidak ada maka kinerja dari jaringan pun tidak akan berjalan sebagaimana mestinya, begitupun dengan repeater dan router.

1. Perangkat Repeater sanggup meningkatkan kekuatan sinyal nirkabel tanpa harus memindahkan suatu perangkat komputer atau komponen routernya. Sedangkan router sendiri sanggup diartikan sebagai seuah alat yang berfungsi mengirimkan paket data melalui jaringan menuju perangkat tertentu.

2. Repeater sanggup diletakkan diantara komputer dan router dengan syarat kalau jarak komputer dan router sangat jauh, tanpa repeater maka sinyal yang diterima oleh komputer akan semakin melemah.  Sedangkan router hanya bersifat statis, dan ia tetap sebagai penghubung antar jaringan dengan kekuatannya tetap sama meskipun jarak dengan komputer jauh atau dekat.

3. Repeater hanya akan efektif digunakan kalau terdapat jaringan yang eksklusif terhubung ke banyak komputer dan berjarak jauh, kalau jarak antara komputer dan router didekatkan maka penggna repeater justru menjadi tidak efektif sebab boros sebab membutuhkan supplai listrik lagi. Sedangkan router sangat efektif kalau berada dalam lingkup ruangan kecil dengan jumlah perangkat akseptor yang lebih sedikit.

4. Cara kerja repeater bersifat menyebar secara bebas kepada setiap perangkat yang kompatibel dan jangkauannya luas. Sedangkan router mempunyai kemampuan untuk mengetahui kemana arah router perjalanan paket data baik menuju host lain dalam satu jaringan maupun dalam jaringan lain

5. Kekurangan repeater yaitu harus diletakkan di posisi tinggi , kalau tidak maka sinyalnya lemah dan tidak sanggup menyebar dengan sempurna. Sedangkan kekurangan router yaitu harus memakai IP address didalam setiap pengiriman data.

Kesimpulannya sesudah klarifikasi diatas bahwa perkembangan teknologi nirkabel semakin berkembang pesat apalagi kalau didukung oleh beberapa komponen penunjang ibarat repeater.
Di masa yang akan tiba repetater akan semakin berkhasiat sebab setiap orang menyukai ponsel daripada telepon biasa sebab bisa dibawa kemana-mana, sedangkan router sebagai jembatan dalam proses pengiriman data, tanpa adanya router data yang berisi gosip tidak sanggup terkirim dan diterima oleh perangkat komputer dll.


Sumber http://tutorialnyapas.blogspot.com/