Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Folder System32 Dan Syswow64 Di Windows

 Jika kau sering bermain dengan file system Windows Perbedaan Folder System32 dan SysWOW64 di Windows

Jika kau sering bermain dengan file system Windows, kau niscaya sudah tidak ajaib dengan folder "System32" dan "SysWOW64". Kedua folder tersebut sanggup ditemukan di C:\Windows\. Sama menyerupai perbedaan Program Files dan Program Files (x86), perbedaan kedua folder tersebut berkaitan dengan arsitektur Windows yang digunakan. Lalu apa saja perbedaan dari folder "System32" dan "SysWOW64"?

Apa itu System32?

Direktori System32 berisi file sistem Windows, file library DLL yang dipakai oleh kegiatan dan utilitas kegiatan .EXE yang merupakan bab dari Windows. Selain itu, sebagian besar file yang kau temukan di sini yaitu bab dari sistem operasi Windows. Software pihak ketiga terkadang menginstal file DLL mereka sendiri ke folder ini juga.

Aplikasi yang berjalan di Windows kau mungkin diinstal di folder Program Files atau di kawasan lain, namun sering kali menyimpan file sistem mereka dari folder System32.


Memisahkan Perpustakaan file 32-bit dan 64-bit

 Jika kau sering bermain dengan file system Windows Perbedaan Folder System32 dan SysWOW64 di Windows

Pada versi Windows 64-bit, terdapat folder C:\Program Files yang berisi kegiatan 64-bit, dan folder C:\Program Files (x86) yang berisi kegiatan 32-bit. Dipisahnya file-file ini sangat membantu alasannya kegiatan 64-bit memerlukan file DLL 64-bit, dan kegiatan 32-bit memerlukan file DLL 32-bit.

Jika kegiatan 32-bit akan memuat file DLL yang dibutuhkannya, sedangkan yang ditemukan versi 64-bit, saat kegiatan tersebut memuatnya maka kegiatan tersebut akan macet. Dengan memisahkan perangkat lunak 64-bit dan 32-bit menjadi dua folder Program Files yang berbeda, Windows memastikan bahwa mereka tidak akan tercampur dan menyebabkan masalah.

Namun, tidak semua file DLL disimpan dalam Program Files. Kebanyakan file sistem yang disertakan dengan Windows disimpan di C:\System32, dan beberapa kegiatan juga meletakkan file mereka di sini. Jadi, sama menyerupai Windows mempunyai folder "Program Files" 32-bit dan 64-bit yang terpisah, Windows juga mempunyai versi terpisah dari folder "System32" 32-bit dan 64-bit.
System32 dan SysWOW64

Pada komputer 32-bit, semua kegiatan 32-bit menyimpan file di C:\Program Files, dan lokasi keseluruhan file sistem C:\System32.

Sedangkan pada komputer 64-bit, kegiatan 64-bit menyimpan file di C:\Program Files, dan folder C:\Windows\System32 dipakai untuk file sistem 64-bit. Program 32-bit menyimpan file di C:\Program Files (x86), dan file sistem disimpan di C:\Windows\SysWOW64.

Sekilas mungkin penulisan nama dan fungsi kedua folder tersebut terlihat terbalik, dimana System 32 berisi file sistem 64 bit dan SysWOW64 berisi file sistem 32 bit. Namun kau tidak salah baca kok, fungsi kedua folder tersebut memang menyerupai itu. SysWOW64 sendiri sanggup diartikan "SystemWindows 32bit on Windows 64bit". Pertanyaan ihwal pertolongan nama ini akan TeknoWin10 jawab dibawah.

Apa itu SysWOW64?



 Jika kau sering bermain dengan file system Windows Perbedaan Folder System32 dan SysWOW64 di Windows

SysWOW64 yaitu akronim dari "System Windows 32bit on Windows 64bit" yang merupakan folder untuk meletakkan file system Windows 32 bit pada Windows 64 bit.
Nama "WOW64" di sini merujuk pada perangkat lunak "Windows 32-bit on Windows 64-bit" milik Microsoft, yang merupakan bab dari sistem operasi. Hal ini memungkinkan Windows untuk menjalankan kegiatan 32-bit pada versi Windows 64-bit. WoW64 mengalihkan kanal file untuk memastikan kegiatan bekerja dengan baik.

Misalnya, kalau kau menginstal kegiatan 32-bit pada versi Windows 64-bit dan mencoba menulis ke folder C:\Program Files, WoW64 mengalihkan ke C:\Program Files (x86). Dan, kalau ingin mengakses folder C:\Windows\System32, WoW64 mengarahkannya ke C:\Windows\SysWOW64. Windows melaksanakan ini dengan memakai sistem file redirector. Semua ini terjadi secara otomatis di latar belakang.

Kenapa System32 untuk 64bit dan SysWOW64 untuk 32bit?

Pemberian nama ini mungkin akan membuat kau bertanya tanya. Kenapa kok namnya System32 tapi isinya 64bit, sedangkan SysWOW64 yang ada angka 64 malah isinya 32bit?

Jawabannya tampaknya banyak aplikasi 32-bit yang sudah dibuatkan hardcode untuk direktori C:\Windows\System32. Saat pengembang mengkompilasi ulang aplikasi ini untuk versi Windows 64-bit, mereka tetap memakai direktori C:\Windows\System32.

Alih-alih mengubah nama direktori dan memaksa pengembang untuk beralih ke yang baru, dan tentunya membutuhkan proses yang melelahkan, Microsoft menetapkan "System32" sebagai standar direktori perpustakaan sistem. Kemudian Microsoft membuat direktori perpustakaan gres untuk aplikasi yang berjalan di bawah lapisan WOW64, yang diberi nama "SysWOW64". Bila kau memikirkannya menyerupai ini, namanya lebih masuk akal.

Ya, agak konyol bahwa sebuah direktori dengan "32" pada namanya isinya malah 64-bit. Mungkin Microsoft seharusnya sudah melihat hal itu saat mereka memberinya nama C:\Windows\System32 di tahun 90an. Tapi, walaupun sketsa penamaan yang lebih gampang akan lebih bagus, tidak layak untuk merombak ulang banyak kegiatan dan membuat lebih banyak pekerjaan bagi pengembang hanya untuk sebuah nama. Itu artinya kita terjebak dengan nama System32 dan SysWOW64 hingga masa yang akan datang.
Sumber https://teknowin10.blogspot.com/