Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Gampang Mengaktifkan Night Shift Di Macos Biar Mata Tidak Cepat Lelah

Cara Praktis Mengaktifkan Night Shift di macOS semoga Mata tidak Cepat Lelah Cara Praktis Mengaktifkan Night Shift di macOS semoga Mata tidak Cepat Lelah
Fitur Night Shift macOS Sierra 10.12.4 gres saja dihadirkan tapi sudah lebih dinikmati oleh pengguna iOS lebih awal. Bagaimana cara aktifkan dan setting fitur ini di Mac?

Sama halnya di iPhone, iPad dan iPod touch, Night Shift ini mengubah komposisi warna layar sehingga sehingga memancarkan cahaya yang lebih "nyaman" ke mata dibandingkan cahaya dengan pancaran warna biru terperinci menyerupai di bawah terik sinar matahari, cukup keras ketika matahari terbenam dan menciptakan mata cepat lelah dan kepala pusing.

Sebelumnya, mungkin ada banyak pengguna Mac sudah memakai aplikasi F.lux dengan fungsi yang hampir sama dengan Night Shift Mac. Tapi kalau anda memakai macOS Sierra terbaru, versi 10.12.4 sanggup pribadi menikmatinya alasannya ialah sudah disertakan didalamnya (built-in).

Sayangnya, hanya ada beberapa perangkat Mac yang mendukung fitur ini, yaitu:
  • Mac mini (Late 2012 atau paling baru)
  • iMac (Late 2012 atau paling baru)
  • MacBook Pro (Mid 2012 atau paling baru)
  • MacBook Air (Mid 2012 atau paling baru)
  • Mac Pro (late 2013 atau paling baru)
  • MacBook (Early 2015 atau paling baru)
  • Apple LED Cinema Display
  • Apple Thunderbolt Display
  • LG UltraFine 5K Display
  • LG UltraFine 4K Display
Pastikan perangkat Mac yang anda gunakan terdapat diatas, kemudian mengikuti cara aktifkan fitur Night Shift macOS Sierra dibawah ini:

Cara Mengaktifkan dan Non-Aktifkan Night Shift di Mac


Untuk mengaktifkan fitur terbaru macOS Sierra di perangkat Mac, caranya sangat mudah. Cukup ikuti beberapa langkah berikut ini:
  1. Pastikan sudah upgrade ke macOS Sierra 10.12.4 dan Mac yang dipakai termasuk salah satu dari beberapa perangkat diatas yang mendukung fitur ini.
  2. Jalankan System Preferences dengan cara mengklik ikon System Preferences yang ada di dock, buka Finder dan masuk ke folder Applications kemudian klik System Preferences atau mengklik ikon Apple di hidangan kafetaria dan pilih System Preferences.
  3. Selanjutnya, klik Display kemudian pilih tab Night Shift yang ada diatas.
  4. Klik hidangan Schedule. Pada bab ini, terdapat 2 (dua) pilihan yaitu Sunset to Sunrise dan Custom. Jika anda menentukan "Sunset to Sunrise", maka Night Shift akan otomatis aktif dan tidak aktif menurut terbit dan terbenamnya matahari sedangkan "Custom", memungkinkan untuk mengatur waktu kapan Night Shift diaktifkan dan dinonaktifkan.
  5. Pada bab "Color Temperature", geser ke kanan untuk mendapat temperatur warna yang lebih baik.
Jika sudah tamat setting Night Shift Mac, silahkan tutup System Preferences alasannya ialah konfigurasi ini akan otomatis tersimpan.

Anda juga sanggup memakai Notification center untuk aktifkan atau nonaktifkan Night Shift secara manual dengan mengklik ikon Notification di pojok kanan atas hidangan kafetaria kemudian ubah tombol On dan Off pada bab Night Shift.

Demikian tutorial wacana cara gampang mengaktifkan Night Shift di macOS semoga mata tidak cepat lelah. Semoga bermanfaat.