Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Ilham Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga Yang Menguntungkan

Bisnis rumahan ibu rumah tangga sering kita jumpai di sekitar kita. Seorang ibu rumah tangga yang biasanya hanya mengurus acara rumah tangga saja, namun ternyata tetap sanggup juga menjalankan bisnis rumahan dan mendapatkan perhiasan penghasilan.

Rumah tangga zaman kini terkadang tidak sanggup hanya mengandalkan seorang ayah sebagai pencari nafkah. Kebutuhan rumah tangga yang bertambah tiap tahunnya seringkali mendorong seorang ibu rumah tangga untuk turut membantu suami dalam mencari nafkah. Pilihan yang sanggup dipilih seorang ibu rumah tangga yang ingin membantu suami menambah penghasilan keluarga ialah dengan membuka bisnis rumahan. Bisnis rumahan sanggup dikerjakan di rumah tanpa harus meninggalkan kewajiban sebagai ibu rumah tangga.

baca juga : 9 Contoh perjuangan sampingan dikala menjadi karyawan Perusahaan

Lalu bisnis rumahan apa sajakah yang sanggup seorang ibu rumah tangga lakukan, namun tetap sanggup menjalankan kewajibannya sebagai ibu rumah tangga. Berikut beberapa inspirasi bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menguntungkan yang sanggup anda pilih :

1. Penjualan Pulsa, Kuota Internet dan Pembayaran Online


Bisnis rumahan penjualan pulsa gampang untuk dilakukan. Berbekal sebuah handphone anda sudah sanggup menjalankan bisnis ini. Anda sanggup mendaftar sebagai biro penjual pulsa ke provider penjual pulsa, atau ke counter hp yang mendapatkan registrasi biro pulsa. Modal yang disediakan ialah perangkat handphone dan saldo pulsa.
Untuk pembayaran online ibarat pembelian token listrik, pembayaran cicilan, pembayaran langganan telepon, biasanya memakai sebuah smartphone yang dilengkapi aplikasi pembayaran online.

Bisnis ini cocok diterapkan di lingkungan yang penghuninya banyak mahasiswa, pekerja, pelajar atau kos-kosan. Apalagi kebutuhan kuota internet dikala ini cukup tinggi dengan maraknya penggunaan social media ibarat whatapps, facebook dan instagram.
  

2. Bisnis makanan


Bisnis kuliner sanggup berupa kuliner besar ibarat nasi dan lauk pauk maupun kuliner berbentuk kudapan atau kuliner ringan. Bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak akan pernah padam, sepanjang kita sanggup jeli melihat pasar yang ada.

Menjual nasi kuning dan gorengan contohnya. Nasi kuning dan gorengan banyak dicari dikala waktu sarapan pagi, sebab biasanya dikala itu terlalu repot untuk memasak, berbarengan dengan persiapan untuk kerja. Banyak dari mereka yang tidak sanggup memasak pagi hari, mencari sarapan yang siap santap ibarat nasi kuning dan gorengan.

Bagi anda yang mempunyai keahlian dalam memasak sanggup juga membuka perjuangan warung makan dan pemesanan catering makan. Usaha ibarat ini cocok apabila di sekitar kita banyak kalangan mahasiswa, pelajar, pekerja dan penghuni kos-kosan.  

Makanan kudapan juga mempunyai potensi yang bagus, sebab masyarakat di Indonesia tidak terlepas dari kuliner ringan atau kudapan dalam kesehariannya. Makanan kudapan ini sanggup berbentuk kudapan berair ibarat kue-kue basah, yang harus laris dalam waktu cepat, jikalau tidak maka akan basi. Camilan kering ibarat macam-macam keripik, relatif tahan lebih usang selama dikemas secara baik.        

3. Bisnis minuman


Selain bisnis makanan, bisnis minuman juga mempunyai potensi bagus. Dengan modal di bawah 5 juta anda sudah sanggup menjalankan bisnis ini. Beberapa jenis bisnis minuman ialah bisnis teh poci, bisnis juice buah dan lain-lain. Anda sanggup berjualan di depan rumah sendiri dengan space ruangan yang relatif kecil dan tidak memakan tempat.  


4. Bisnis MLM (Multi Level Marketing)


Wanita tidak sanggup dipisahkan dengan kecantikan. Setiap perempuan selalu ingin tampil cantik. Bisnis MLM produk kosmetik sanggup menjadi peluang perjuangan yang bagus untuk ibu rumah tangga. Contohnya bisnis MLM Oriflame. Dengan mendaftar sebagai member anda sanggup menjual produk dan menerima keuntungan. Selain itu apabila anda merekrut maka akan mendapatkan bonus. Bisnis MLM lainnya ialah Tupperware, Sophie Martin, dan Herbal Halal Mart. Setiap MLM mempunyai hukum yang berbeda. Disarankan sebelum anda bergabung, pelajari dulu sistem yang ditawarkan, potensi yang sanggup dicapai dan lainnya.    

5. Bisnis Pakaian/Fashion


Bisnis pakaian sanggup anda mulai dengan mengatakan produk pada tetangga terdekat. Produk yang biasa diperlukan ialah pakaian anak, hijab, kerudung, jilbab, dan lainnya. Cari harga paling murah dari supplier namun tetap memperhatikan kualitas baik, biar anda sanggup mengatakan harga yang bersaing namun dengan kualitas baik. Dalam bisnis pakaian anda harus siap jikalau ada calon pembeli yang menawar harga atau bahkan meminta dibayar secara angsur (kredit). Perhitungkan terlebih dahulu apabila anda akan menjual secara kredit.

6. Bisnis kerajinan tangan


Kerajinan tangan yang sederhana dan kini banyak diminati ialah kerajinan flanel. Dengan bekal kreatifitas, anda sanggup menciptakan banyak sekali produk yang lucu dan imut berbahan flanel. Produk yang dihasilkan berupa buku flanel, boneka, pajangan flanel, hiasan dinding, alat tunjuk qur'an dan lain sebagainya. Bahan yang dbutuhkan relatif gampang didapat di toko kancing/bahan baju. Media promosi sanggup melalui media umum terutama Instagram

baca juga : Simak HP Samsung 4G Kualitas Bagus Harga 1 juta

7. Menjadi penulis / blogger


Ibu rumah tangga yang hobi menulis baik itu artikel narasi, artikel tutorial dan artikel info sanggup menyalurkan hobi anda sekaligus mendapatkan bayaran. Beberapa website ibarat Hipwee.com dan Jalantikus.com membuka slot untuk penulisan artikel. Pembayaran gaji apabila artikel telah diterima dan disetujui oleh pemilik website.

Apabila mempunyai blog sendiri akan lebih bagus. Anda sanggup monetize dengan beberapa jadwal iklan ibarat Google Adsense, Adsnow dan lainnnya. Iklan akan tampil pada blog anda dan apabila ada visitor yang mengklik, anda menerima penghasilan, sanggup dicairkan apabila telah memenuhi ambang batas minimal.

8. Menjadi Youtuber


Menjadi seorang youtuber tidak harus sanggup seni dan akting. Seorang ibu rumah tangga sanggup menjadi youtuber juga. Anda sanggup menciptakan video yang berkaitan dengan acara di rumah, atau hobi yang anda sukai. Contoh apabila anda hobi memasak, anda sanggup menciptakan video wacana tips memasak rendang ala masakan padang atau apabila anda menyukai tanaman, sanggup menciptakan video tips merawat tanaman. Berbekal kamera dari smartphone anda sanggup menjadi youtuber juga.

Youtube menghasilkan uang apabila channel anda telah mempunyai 4000 jam tayang dan 1000 subscriber. Makara capailah angka tersebut dulu dan sehabis itu anda sanggup mencicipi manisnya menerima penghasilan dari youtube.  

Demikian 8 inspirasi bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga, berperan sebagai seorang ibu rumah tangga tidak sanggup menghalangi impian ibu rumah tangga untuk menjalankan bisnis rumahan. Namun hal yang perlu diingat, kewajiban sebagai seorang ibu tangga tetap dijalankan sebagaimana mestinya biar hidup menjadi seimbang. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.