Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara berbagi akun PSN, berbagi library games digital.


Beberapa hari ini saya melihat di OLX Balikpapan, ada beberapa member yang menjual ID PSN yang berisi game digital didalamnya, dan tidak tanggung-tanggung harga yang dibanderol cukup murah untuk satu paket games. Dari sini muncul berbagai macam pertanyaan, apakah ini legal? apakah game bisa dimainkan secara online atau hanya offline? apa konsekuensinya?

Yuk mari kita bahas, saya akan mencoba menjabarkan sesingkat mungkin, dan konten yang saya bahas hanya untuk seputaran berbagi akun untuk console PS4 saja.

Pertanyaan pertama : Apakah game yang dishare itu legal? atau tidak melanggar ketentuan dari Sony?

Jawabannya adalah legal, sebenarnya pihak Sony memperbolehkan kita untuk melakukan share akun PSN ke maksimal 2 console PS4 dan itu merupakan hal yang murni dilegalkan, namun hal ini dalam cakupan digunakan dalam hubungan keluarga, jadi Sony memperbolehkan membeli 1 game dan bisa dimainkan oleh 2 console milik 2 anggota keluarga yang berbeda misal si kakak, adik, dan ayah dalam satu keluarga dan satu rumah. jadi total ada 3 console yang secara legal bisa memainkan game tersebut. *TOS dari Sony akan selalu diperbarui sampai Oktober 2018 kita masih bisa share ID

Namun dalam kasus di atas tentunya sudah banyak diselewengkan, share akun PSN ke teman, orang tidak dikenal dan bahkan di jual belikan ke orang lain, makanya hal ini menjadi sedikit "abu-abu" dan jujur pihak Sony pun kesusahan untuk mengontrol hal ini. Dan untuk penjual ID kita tidak tau ID tersebut sudah dijual ke berapa user, dan inilah sebenarnya yang jadi masalah, karena kita tidak kenal jadi kita tidak tau, jika ID tersebut dibagikan ke banyak user ini yang akan menjadi masalah di kemudian hari, Sony akan mendeteksi kalau ID tersebut telah digunakan oleh lebih banyak console dan selanjutnya kita tidak tau apa yang akan terjadi, bisa ke banned atau gamenya di lock/ di tarik, kita tidak tau. Jadi untuk hukum jual beli akun PSN temen-teman bisa menilai sendiri apakah itu termasuk legal atau ilegal.
Pertanyaan kedua : Apakah game yang dishare bisa dimainkan secara online bersamaan atau harus offline?

Jawabannya game yang sudah dibagi ke 2 console tentunya bisa dimainkan secara online, baik itu secara bersamaan dalam waktu yang sama. Dan jika game itu game offline, game tersebut tetap bisa kita mainkan tanpa harus terhubung di internet terus menerus, setelah game tersebut selesai di download.

Just for information aja untuk temen-teman ada satu metode lagi, yakni share ID secara benar-benar ILEGAL, dan ini bisa dilakukan ke banyak console secara tidak terbatas, namun syaratnya kita tidak boleh sama sekali terkoneksi dengan internet, jika kita terkoneksi maka semua gamenya akan tergembok dan tidak bisa dimainkan lagi.

Pertanyaan ketiga: Apakah semua DLC dan konten berbayar dari game yang sudah di beli di akun yang di share juga bisa di download di mesin lain?

Jawabnya tidak semua DLC bisa di share, yang jelas premium avatar, in game money seperti di uang cash di game GTA 5, Fifa Coin dan sejenisnya tidak bisa di share ke akun lain, aksesoris dalam game MMO juga tidak bisa di share.

Pertanyaan Terakhir : Bagaimana cara share akun PSN ke orang lain?
Untuk share ID PSN sebenarnya cukup mudah sekali, pada menu utama PS4 sebelum login atau pada menu setting kita tinggal buat login/sign in id baru, yang kita perlukan adalah USERNAME dan PASSWORD dari akun yang mau di share, kalau kita sudah login ke akun tersebut dan melakukan Set As Primary PS4 maka otomatis kita bisa mengakses library games yang pernah dibeli dari akun tersebut, dari sini kita bisa bisa men download game yang ada di library, jika sudah selesai di download kita bisa memainkan game tersebut secara online atau offline. biasanya setelah proses ini pihak penjual ID akan mengganti password dari akun tersebut, supaya kita tidak bisa membagikan username dan password dari id tersebut ke orang lain lagi.
Free games dan layanan PS+ juga bisa ikut di share ya temen-temen, jadi kita bisa membeli PS+ di region 3 yang lebih murah dan menggunakan free games atau layanan onlinenya di akun primary kita misal region 1.

Kesimpulannya adalah, dengan berbagi akun PSN ini sebenarnya membeli game digital menjadi lebih murah karena 1 harga di bagi menjadi 3, asal 3 orang teman kita ini berkomitmen dan tidak meng share lagi ID tersebut ke pihak ke 4 dst. Sebenarnya hal ini cukup menguntungkan kita dari pihak konsumen, dan jujur sebenarnya share akun PSN ini tidak terlalu di expose beritanya ke khalayak ramai, dan terkesan "sedikit" ditutup-tutupi oleh pihak Sony, tau sendiri lah, Sony tentunya mau meraup keuntungan sebesar-besarnya dari kita para konsumennya. Share id PSN juga sangat menguntungkan untuk teman-teman yang menggunakan untuk usaha rental PS4.

Contoh kasus :
1. Mesin 1 : ID Utama yg beli PES2019/FIFA2019 deactive as primary
2. Mesin 2 : ID Kedua yg di share set as primary

3. Mesin 3 : ID Ketiga yang di share set as primary
Namun bagi sebagian orang saya yakin pasti ada perasaan kurang 'Puas' tidak 'Srergg', muncul semacam semacam ketakutan dll, karena bisa jadi akun yang kita beli akan bocor, dipakai orang lain dll. Sebenarnya sih secara hakiki baik itu kita beli game secara fisik atau digital, kita sebagai pengguna hanya meminjam game tersebut, dan yang memiliki game tersebut secara hukum tertulis ada pihak developer, kita hanya meminjam game dari mereka, Sony cuma sebagai penyedia platforming dan penyedia hardware, jadi ya sama aja library game yang kita punya bisa ditarik oleh developer kapan saja.

Semoga informasinya bermanfaat, syarat dan ketentuan di atas bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pihak Sony. Kalo ada kurang lebihnya saya silahkan di koreksi. Dari ini kita jadi lebih tau lagi bahwa ada cara lain memainkan game secara lebih murah, tanpa membajak console tersebut :)

Sumber https://hydeist666.blogspot.com/