Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Analisa Teknikal Dan Mendasar Dalam Trading Bitcoin



Crypto - Hi bro, bagi seorang trader pemula menyerupai saya, tentu awalnya resah bagaimana cara supaya dapat menganalisa harga bitcoin (BTC) atau coin lainnya. Biasanya pemula 'ngawur' dan pasrah dalam memutuskan untuk membeli coin. Syukur - syukur harganya naik kalau kita beruntung 😁

Oh iya, bila teman belum tahu kawasan untuk trading bitcoin, jawabannya yaitu Indodax. Silahkan baca artikel sebelumnya :


Kemudian saya coba mencari dasar untuk menganalisa harga bitcoin dan coin lain, ternyata juga berlaku menyerupai halnya trading forex, yaitu analisa Fundamental dan analisa Teknikal. Mari kita bahas kedua analisa ini, kita bahas dasar - dasarnya saja, supaya kepala kita tidak eksklusif pusing dan pemula menyerupai saya dapat eksklusif memahami.

Analisa Fundamental

Analisa Fundamental yaitu cara menganalisa pergerakan harga pasar melalui data atau insiden yang paling menjadi perhatian pasar, sebagai dasar dalam membeli atau menjual suatu pasangan mata uang.

Jadi di dunia Bitcoin atau cryptocurrency, analisa menyerupai ini dibagi menjadi 2, yaitu Bad News yang dapat menyebabkan harga suatu coin turun, dan Good News yang dapat menyebabkan harga naik. Setiap coin mempunyai informasi masing - masing. Seperti insiden kemajuan atau kemunduran perusahaan, peristiwa politik, regulasi sistem keuangan, imbas sosial dan banyak sekali aspek kehidupan dalam masyarakat mengenai cryptocurrency dapat kuat terhadap pasar.

Misalkan hari ini ada informasi besar, Via Vallen dan beberapa artis internasional membeli bitcoin secara besar - besaran, atau bitcoin didukung oleh pemerintah sebagai mata uang resmi. Good news menyerupai ini dapat kuat terhadap harga bitcoin dan kemungkinan harga akan naik.

Untuk mengetahui informasi yang berpengaruh, media menyerupai ccn.com, cointelegraph.com dan coindesk.com dapat menjadi acuan, sayangnya belum banyak media yang dapat dijadikan 'alat' untuk mendasar crypto.

Analisa Teknikal


Menurut Wikipedia, analisis teknikal yaitu suatu teknik analisis yang dikenal dalam dunia keuangan yang dipakai untuk memprediksi musim suatu harga saham dengan cara mempelajari data pasar yang lampau, terutama pergerakan harga dan volume. Pada awalnya analisis teknikal hanya memperhitungkan pergerakan harga pasar atau instrumen yang bersangkutan, dengan perkiraan bahwa harga mencerminkan seluruh faktor yang relevan sebelum seorang investor menyadarinya melalui banyak sekali cara lain.


Jadi kalau ada orang yang trading bitcoin dengan mengamati chart dan menganalisisnya, berarti beliau memakai analisa teknikal. Dengan analisa ini trader berusaha mengetahui pergerakan harga pasar atau arah trend.


Orang yang memakai teknik ini sangat jarang untuk memikirkan analisa fundamental, bahkan tidak memakai sama sekali. Indikator teknikal ada banyak, Untuk pemula, coba cari di google indikator yang banyak dipakai oleh trader bitcoin, yaitu MACD (Moving Average Convergence) dan RSI (Relative Strength Index). Untuk menghindari pusing kepala Itu saja dulu yang dipelajari 😁


Trading cryptocurrency sangat beresiko, kerugian dapat saja kita alami. Selalu gunakanlah uang 'bebas' untuk melaksanakan trading. Segala resiko ditanggung oleh pribadi masing - masing.