Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Dapat Anda Lakukan Dengan Cryptocurrency?


Crypto - Hi bro, Artikel ini yaitu lanjutan dari artikel sebelumnya wacana Pengenalan Cryptocurrency Untuk Pemula. Kali ini yang dibahas yaitu Apa yang Bisa Anda Lakukan Dengan Cryptocurrency.


Untuk Membeli barang

Di masa lalu, mencoba untuk menemukan pedagang yang mendapatkan cryptocurrency sangat sulit, bahkan tidak ada. Namun, situasi dikala ini sudah berbeda, banyak pedagang yang mendapatkan cryptocurrency sebagai alat pembayaran.

Memang tidak semua negara memperbolehkan, contohnya saja Indonesia, dikala ini negara kita melarang penggunaan cryptocurrency untuk jual - beli barang. Namun, untuk investasi belum ada larangan.

Ada banyak pedagang baik online maupun offline yang mendapatkan Bitcoin (BTC) sebagai bentuk pembayaran. Mulai dari pengecer online besar menyerupai Overstock dan Newegg sampai toko-toko lokal kecil, kafe dan restoran. Bitcoin sanggup dipakai untuk membayar hotel, penerbangan, perhiasan, aplikasi, komponen komputer dan bahkan makanan cepat saji.


Mata uang digital lainnya menyerupai Litecoin, Ripple, Ethereum, dan sebagainya juga mulai diterima secara luas. Cointelegraph menyampaikan bahwa Apple mempunyai otorisasi setidaknya 10 cryptocurrency yang berbeda sebagai bentuk pembayaran yang layak di App Store. Pengguna cryptocurrency selain Bitcoin sanggup selalu menukar koin mereka dengan BTC melalui pertukaran. 

Selain itu, ada pasar menyerupai Bitifyand OpenBazaar yang hanya mendapatkan cryptocurrency sebagai alat pembayaran.

Untuk Investasi

Banyak orang percaya bahwa cryptocurrency yaitu peluang investasi terpanas yang tersedia dikala ini. Memang, ada banyak kisah orang menjadi jutawan melalui investasi Bitcoin mereka.


Bitcoin yaitu mata uang digital yang paling dikenal sampai dikala ini, bahkan harga bitcoin hampir mendekati 300 juta rupiah per kepingnya pada final tahun 2017.

Ethereum, salah satu cryptocurrency paling berharga, telah mencatat kenaikan tercepat yang pernah ditunjukkan oleh mata uang digital. Sejak Mei 2016, nilainya meningkat setidaknya 2,700 persen. Ketika semua cryptocurrency digabungkan, kapitalisasi pasar mereka melonjak lebih dari 10.000 persen semenjak pertengahan 2013.

Namun, perlu dicatat bahwa cryptocurrency yaitu investasi berisiko tinggi. Nilai pasar mereka berfluktuasi. Akan tetapi belakangan ini telah lahir stablecoin atau coin dengan harga yang stabil alasannya yaitu mempunyai nilai sama dengan uang fiat, Contoh USDT dan USDC yang nilainya mengikuti USD.

Jika Anda tetapkan untuk berinvestasi dalam cryptocurrency, Bitcoin terperinci masih yang dominan. Namun, Saya ingatkan srkali lagi, berinvestasi di cryptocurrency mempunyai resiko yang cukup tinggi, gunakanlah uang bebas untuk berinvestasi di crypto !

Ada juga beberapa cara lain untuk mempunyai koin, misalnya, Anda sanggup berdagang secara tatap muka dengan penjual atau melalui ATM bitcoin.

Seperti halnya investasi lainnya, Anda perlu memperhatikan dengan cermat nilai pasar cryptocurrency dan info apa pun yang terkait dengan mereka. Coinmarketcap.com yaitu solusi satu atap untuk melacak harga, volume, suplai sirkulasi, dan kapitalisasi pasar dari kebanyakan mata uang cryptocurrency yang ada.

Bergantung pada yurisdiksi atau peraturan pemerintah daerah Anda tinggal, sehabis Anda menghasilkan keuntungan atau kerugian dalam berinvestasi di mata uang kripto, Anda mungkin perlu memasukkannya ke dalam laporan pajak Anda.

Dalam hal perpajakan, cryptocurrency diperlakukan sangat berbeda dari satu negara ke negara lain. Di AS, Internal Revenue Service tetapkan bahwa Bitcoin dan mata uang digital lainnya dikenakan pajak sebagai properti, bukan mata uang. Untuk investor, ini berarti bahwa keuntungan dan kerugian jangka panjang dari perdagangan cryptocurrency dikenakan pajak pada setiap tingkat keuntungan modal yang berlaku, maksimum 15 persen.

Untuk Ditambang

Dilansir dari Cointelegraph.com, Penambang yaitu bab paling penting dari setiap jaringan cryptocurrency, dan menyerupai perdagangan, penambangan yaitu investasi. Pada dasarnya, penambang menyediakan layanan pembukuan untuk komunitas mereka masing-masing.

Mereka berkontribusi dengan kekuatan komputasi mereka untuk memecahkan teka-teki kriptografi yang rumit, yang dibutuhkan untuk mengkonfirmasi transaksi dan merekamnya dalam buku besar publik terdistribusi yang disebut Blockchain.

Salah satu hal yang menarik wacana penambangan yaitu bahwa kesulitan teka-teki terus meningkat, berafiliasi dengan jumlah orang yang mencoba menyelesaikannya. Jadi, semakin terkenal suatu cryptocurrency tertentu, semakin banyak orang mencoba menambangnya, semakin sulit prosesnya.

Bahkan dikala ini, banyak orang yang berhenti menambag bitcoin alasannya yaitu tidak mendapatkan profit, tingkat kesulitan menambang bitcoin semakin meningkat, harga miner yang semakin mahal, serta biaya listrik yang membengkak. Daripada bersusah payah menambang dan menghabiskan waktu, sebagian dari mereka lebih menentukan membeli bitcoin dan menyimpannya sebagai investasi.

Bagaimana penambang menghasilkan keuntungan? Semakin banyak kekuatan komputasi yang berhasil mereka kumpulkan, semakin banyak peluang yang mereka miliki untuk memecahkan teka-teki kriptografi. Setelah penambang berhasil memecahkan teka-teki, mereka mendapatkan hadiah serta biaya transaksi.

Karena cryptocurrency menarik banyak minat, penambangan menjadi lebih sulit dan jumlah koin yang diterima sebagai hadiah menurun. Misalnya, ketika Bitcoin pertama kali dibuat, hadiah untuk penambangan yang sukses yaitu 50 BTC.

Hingga November 2017, hampir 17 juta Bitcoin telah ditambang dan didistribusikan. Namun, alasannya yaitu imbalan akan semakin kecil dan kecil, setiap Bitcoin yang ditambang akan menjadi lebih eksponensial dan bernilai.