Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Kawasan Wisata Kuningan Yang Mempunyai Aroma Mistis

Akhir pekan atau disaat liburan sering kali kita berkunjung ke kawasan wisata hanya untuk sekedar refreshing atau menghilangkan kepengatan rutinitas sehari-hari. Mungkin kita tidak tahu bahwa di kawasan wisata tersebut mempunyai aroma mistis yang dapat menciptakan bulukuduk merinding. Kali ini aku akan mencoba menggali 3 kawasan wisata kuningan yang mempunyai aroma mistis.
Kuningan yaitu salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Ada banyak kawasan wisata indah bahkan baru-baru ini, desa cibuntu di memutuskan sebagai homestay terbaik se Asia(2017).
Selain mempunyai kawasan wisata yang indah, Kuningan mempunyai legenda sangkuriang, kawasan purbakala bahkan sarat dengan sejarah kemerdekaan Republik Indonesia. Tengok saja Konferasi Meja Bundar Linggarjati yang di selenggarakan di Kuningan.
Keterkaitan sejarah, legenda dan kawasan purbakala akan membawa dongeng lain pada kawasan wisata yang berada di kota Kuningan. Setidak-tidaknya ada 3 kawasan wisata yang berbau aroma mistis namun ramai pengunjungnya.
1. Kolam Renang Cibulan

Tidak ada yang terlihat berbeda area kolam renang terasa panas namun di dalam area kolam renang akan terasa sejuk sekali.
Yang niscaya di kolam renang Cibulan ini anda akan berenang dengan ikan-ikan. Orang disekeliling menamakannya ikan dewa.
Ikan yang berada di kolam renang tidak dapat disentuh(kalau sengaja mau menyentuh) apalagi jikalau di makan akan mati orang yang memakan ikan. Masyarakat disekitar menamakannya ikan dewa.
Konon, ikan yang kuasa yaitu jelmaan dari prajurit prabu Siliwangi. Pantes saja ya sob. Tapi damai ikan-ikan tersebut tidak akan mengganggu pengunjung ko.
Sudah banyak dongeng masyarakat sekitar yang menuturkan aroma mistis kolam renang cibulan. Katanya, setiap kali kolam renang dikeringkan ikan-ikan yang segitu banyaknya ilang ga tau kemana. Wuiihhh, ya namanya juga ikan jelmaan ya.
2. Bumi Perkemahan Palutungan

Bumi perkemahan palutungan sering kali dijadikan kawasan camping atau penginapan sementara bagi para pendaki gunung Ciremai.
Letak bumi perkemahan yang berada di kaki gunung Ciremai membawa aroma mistis yang di yakini keberadaan makhluk askral.
Sebetulnya indah sekali pemandangan disekeliling bumi perkemahan palutungan. Kita dapat lihat view gunung ciremai secara akrab dan udara sejuk menciptakan kita betah camping disana.
3. Paseban Tri Panca Tunggal

Museum yang di jadikan cagar budaya yaitu paseban tri panca tunggal. Paseban tri panca tunggal yaitu kawasan menempa ilmu kebatinan.
Kalo anda mau berkunjung ke Paseban Tri Panca Tunggal gratis loh tapi jangan lewat dari jam 5 sore ya. Paseban Tri Panca Tunggal di buka untuk umum mulai dari jam 7-5 sore.
Masih banyak lagi kawasan wisata yang indah dan beraroma mistis. Untuk sementara 3 dulu aja alasannya yaitu memang ketiga kawasan itu unik dan berbeda kemistisannya tetapi mempunyai irama yang sama yaitu keterkaitan dengan sejarah prabu siliwangi.