Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Microsoft Store Tidak Dapat Download Aplikasi (Pending, Error, Dll)


Microsoft Store (sebelumnya berjulukan Windows Store) merupakan bursa aplikasi pada sistem operasi Windows 10, Windows 8, dan Windows Phone. Menggunakan Microsoft Store merupakan cara termudah dan teraman dalam mencari aplikasi, permainan, maupun film layar lebar. Selain fasilitas yang ditawarkan, semua aplikasi maupun permainan yang tersedia terjamin keamannanya sebab bebas dari virus maupun malware.

Tapi, banyak pengguna yang sering mendapat duduk kasus dikala ingin mencari aplikasi melalui Microsoft Store (Windows Store). Untuk itu TeknoWin10 kali ini akan merangkum beberapa cara yang sanggup kau gunakan untuk mengatasi Microsoft store yang bermasalah. Langsung simak dibawah ini ya!

Baca: Inilah fitur gres Windows 10 Redstone 4, Tersedia Maret 2018

Pastikan Internet Stabil

Untuk memakai microsfot store koneksi internet sangatlah penting. Koneksi internet yang cepat belum tentu stabil. Untuk mengetahui apakah internet kau stabil, sanggup dilihat melalui lamanya waktu ping. Makin sedikit waktu ping maka makin cepat respon internet yang kau gunakan.

Bersihkan Cache Microsoft Store

Jika kau yakin internet yang kau gunakan stabil, cobalah untuk membersihkan cache Microsoft Store. Cara ini sanggup menuntaskan duduk kasus download pending atau proses install aplikasi yang lama. Untuk cara menghapus cache windows store sanggup kau baca disini (Cara menghapus cache windows store di windows 10 dan windows 8/8.1)

Gunakan Windows Store TroubleShooter

Windows Store troubleshooter merupakan tools yang dirancang untuk memperbaiki banyak sekali macam duduk kasus pada Windows Store (Microsoft Store). Tools ini dirancang pribadi oleh Microsoft sehingga kau tidak perlu takut menggunakannya. Cara penggunanya pun sangat mudah, sebab tampilannya yang simpel. Saya yakin kau niscaya mengerti jikalau mencobanya. Silahkan unduh Windows Store TroubleShooter melalui link official ini.

Pastikan waktu dan tanggal sudah tepat

Waktu dan tanggal yang tidak sempurna akan mencegah Microsoft Store untuk mengunduh aplikasi. Untuk itu silahkan atur waktu dan tanggal dengan benar. Pastikan juga kau memakai zona waktu sesuai lokasi kau tinggal. Untuk waktu Indonesia barat kau sanggup gunakan UTC+7 sebagai zona waktu.

Gunakan Control Panel Windows Update

Banyak pengguna yang berhasil menuntaskan duduk kasus Windows Store dengan cara ini. Untuk penjelesan lengkapnya sanggup kau lihat di postingan sebelumnya melalui link berikut (Cara memperbaiki windows store)

Reset Windows Store 


Dengan mereset windows store maka semua pengaturan dan akun pada windows store akan kembali ibarat keadaan semula. Cara ini hanya sanggup dipakai pada Windows 10 Creators Update atau yang lebih baru. Caranya buka Settings > Apps > Cari Microsoft Store (Windows Store) > Klik Advance Option > Terakhir klik Reset. Tunggu hingga proses selesai.

Cari arahan error yang muncul
 

Sebagian besar duduk kasus yang muncul pada windows menyertakan arahan error. Kode tersebut sanggup kau gunakan untuk mencari tahu apa permasalahan yang mengakibatkan windows store kau bermasalah. Salin arahan error yang muncul kemudian paste pada kolom pencarian Bing atau Google. Maka akan muncul artikel berbahasa inggris yang menjelaskan arti arahan error tersebut.  Jika kau masih resah dengan arahan error yang kau dapatkan, silahkan tuliskan arahan error kau pada kolom komentar dibawah biar admin atau pembaca yang lain sanggup membantu.

Buat Akun Windows Baru

Cara ini terbukti ampuh menuntaskan banyak sekali duduk kasus pada aplikasi UWP termasuk Windows Store. Tapi data akun sebelumnya (aplikasi terinstall, settings, dll) tidak ikut pindah namun file nya tetap ada dan sanggup kau saluran melalui akun yang bersangkutan. Sedangkan data - data lainnya (Data C, D, E, dst) tetap aman. Untuk cara menciptakan akun windows gres sanggup kau lihat melalui link berikut (Cara menciptakan akun gres Windows 10)

System Restore

Cara ini hanya sanggup dilakukan jikalau sebelumnya kau pernah menciptakan system restore. Dengan cara ini maka komputer kau akan kembali ibarat keadaan dikala menciptakan system restore yang kau gunakan.

lakukan system restore dengan cara berikut:
  • Tekan tombol Windows + S kemudian ketikkan "System Restore"
  • Pilih Create a Restore Point
  • Klik System Restore kemudian klik Next
  • Pilih restore point yang kau inginkan kemudian klik next
  • Tunggu prosesnya hingga selesai
Reset Windows

Jika cara-cara diatas masih belum berhasil, kau sanggup mencoba opsi refresh windows. Dengan refresh windows maka komputer kau akan kembali ibarat gres selesai di install ulang dan menghilangkan data data kau yang ada di local disk C. Opsi refresh windows sanggup kau temukan di Settings > Update & Security > Recovery

Install Ulang Windows

Ini merupakan cara yang paling ekstreme dan angker bagi sebagian orang sebab prosesnya yang sangat lama. Belum lagi harus ulang install aplikasi aplikasi yang dibutuhkan. Sebenarnya hasil install ulang windows tidak jauh berbeda dengan reset windows. Cara ini sebaiknya kau lakukan jikalau duduk kasus yang kau alami sudah benar benar parah.

Itulah beberapa cara menuntaskan duduk kasus pada Windows Store (Microsoft Store) yang sanggup kau coba. Jika masih ada duduk kasus jangan sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar yaa! :)

Sumber https://teknowin10.blogspot.com/