Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu 5G, Dan Berapa Kecepatan 5G?


Pada gelaran CES 2018, standar untuk 5G dirilis yang mengundang hype semua orang dari perusahaan besar menyerupai Intel, Samsung maupun dari pengamat teknologi lainnya. Bahkan Samsung hingga menyebutnya "Wireless Fiber" sebab menjanjikan internet super cepat dengan latency rendah. 5G seharusnya lebih cepat jikalau dibandingkan dengan koneksi internet kabel rumahan ketika ini, dan tentu saja 5G tidak membutuhkan kabel.
 

Apa itu 5G?

5G yaitu standar industri yang akan menggantikan standar 4G LTE yang ada ketika ini, sama menyerupai 4G yang menggantikan 3G. 5G hanya kependekan dari "Fifth Generation", yang artinya ini merupakan generasi kelima dari standar jaringan data seluler.

Kedepannya, perangkat seluler atau smartphone kau akan memakai 5G bukan lagi 4G menyerupai yang dipakai ketika ini.

Akan jadi seberapa cepat koneksi 5G?

Perusahaan teknologi menjanjikan banyak hal dari 5G. Jika secara teoritis 4G ketika ini mempunyai kecepatan koneksi maksimal 100 megabits per detik (100 Mbps), sedangkan 5G mempunyai kecepatan maksimal 10 gigabits per detik (10 Gbps). Itu berarti 5G seratus kali lebih cepat daripada teknologi 4G ketika ini. Perlu diketahui bahwa itu merupakan kecepatan secara teori yang bisa berubah sebab banyak faktor menyerupai lokasi dan penyedia layanan jaringan.

Misalnya, Consumer Technology Association memperlihatkan bahwa, pada kecepatan ini, kau bisa mengunduh film berdurasi dua jam hanya dalam 3,6 detik pada 5G, sedangkan 6 menit pada 4G atau 26 jam pada 3G.

Bukan hanya itu, 5G menjanjikan penurunan latensi yang akan berdampak pada kecepatan respon internet yang lebih cepat. Misalnya ketika kau membuka halaman web akan terbuka lebih cepat. Secara khusus, 5G menjanjikan latensi maksimum 4ms sedangkan pada 4G LTE 20ms ketika ini.

Dengan kecepatan menyerupai itu 5G bisa mengalahkan kecepatan internet kabel rumah ketika ini. Seandainya jaringan seluler tidak memakai kuota, maka 5G bisa jadi problem serius untuk perusahaan penyedia internet kabel. Pada kenyataannya, operator jaringan menyediakan pembelian kuota data, meskipun mungkin nanti kuota yang didapatkan pada jaringan 5G jauh lebih besar. 

Bagaimana cara kerja 5G?

  

5G memanfaatkan banyak teknologi untuk memperoleh internet yang super cepat. Standar gres ini akan memakai keseluruhan spektrum radio 4G yang baru. 5G akan memakai "gelombang milimeter", disiarkan pada frekuensi antara 30 dan 300 GHz versus pita di bawah 6 GHz yang dipakai di masa lalu. Sebelumnya ini hanya dipakai untuk komunikasi antar satelit dan sistem radar. Tapi gelombang milimeter tidak sanggup dengan gampang bergerak melalui bangunan atau benda padat lainnya, jadi 5G juga akan memanfaatkan "sel kecil" - BTS berbasis miniatur kecil yang sanggup ditempatkan setiap 250 meter melintasi kawasan perkotaan yang padat. Ini akan menawarkan cakupan yang jauh lebih baik di lokasi tersebut.

BTS ini juga memakai "MIMO masif". MIMO yaitu kependekan dari multiple-input multiple-output. Kamu mungkin mempunyai router nirkabel rumahan dengan teknologi MIMO, yang artinya  mempunyai banyak antena yang sanggup dipakai untuk berkomunikasi dengan beberapa perangkat nirkabel yang berbeda sekaligus daripada harus beralih dengan cepat di antara keduanya. Massive MIMO akan memakai lusinan antena di satu BTS. Selain itu juga akan dipakai beamforming untuk mengarahkan sinyal tersebut dengan lebih baik dan mengurangi gangguan pada perangkat lain.

Kapan 5G akan tersedia?

Bagi kita yang berada di Indonesia mungkin masih belum bisa menikmati teknologi 5G dalam waktu akrab bahkan mungkin hingga tahun depan (2019) pun masih belum. Banyak hal yang perlu di lakukan oleh penyedia jaringan menyerupai instalasi 5G yang pastinya akan dilakukan terlebih dahulu di kota kota besar. Selain itu ada juga tahap percobaan yang membutuhkan waktu tidak sedikit.

Disisi lain, untuk menikmati jaringan 5G kau membutuhkan ponsel gres yang mendukung untuk penggunaan jaringan tersebut. Qualcom sendiri menjanjikan akan merilis chips 5G pada tahun 2019. 

Sekarang sudah tau kan menyerupai apa ketangguhan 5G? Kaprikornus bersiaplah untuk koneksi jaringan 5G yang super cepat. Terimakasih sudah berkunjung. 😊

Sumber https://teknowin10.blogspot.com/