Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menciptakan Write-On Text Di Premiere Pro Cc


belajarnyata.com - Bismillah pada hari ini saya akan membagikan sebuah tips video yang bertulis menyerupai seolah kita menggunakan tangan sendiri. 

Intilah dari pembuatan video ini menyerupai ukiran pena tetapi dituangkan kedalam video dengan nama Write-On Text.

Dalam refensi video tersebut saya menemukan di youtube dengan berbahasa inggris, maka kali ini saya akan menerjemakan kedalam goresan pena bahasa indonesia.

Dengan animated GIF yang diatas saya menggunakan materi dari video bersangkutan alasannya yaitu dari video saya belum ada versi video nya.

Oke, kita bahas ke topik utama yaitu Write-On Text tersebut, Dari langkah yang saya lalui mungkin hal tersebut cukup rumit dan usang dengan menggunakan frame by frame serta ketelitian yang cukup baik.

Membuatnya kita menggunakan Adobe Premiere Pro (Saya menggunakan versi CC 2015) bila belum punya silahkan download di aneka macam sumber yang menyediakan Premiere Full Version.

Video dengan menambahkan Write-On Text akan menambahkan kesan yang sangat elok terhadap video anda, alasannya yaitu pada tips ini belum ada yang menyediakan plugin pada adobe premiere tersebut.

Cara Membuat Write-On Text Adobe Premiere Pro CC

Langkah Pertama

Buka Adobe Premiere Pro kalian, dan import video yang akan di edit dengan Write-On Text.

Langkah Kedua
Buatlah goresan pena dengan menuju menentukan Menu > Title > New Title > Default Still (Dari gambar diatas menggunakan MacOS, bila versi Windows ada sajian tampil yang di atas).

Pada video write-on text tersebut menggunakan font Gloss And Bloom dapat download di sini (Tulislah sesuai Text impian kalian).

Lalu ganti warna text tersebut dengan berwarna cerah disaran kan berwarna hijau terang, alasannya yaitu pada langkah selanjutnya bila berwarna default (putih) akan tidak rapi saat di write-on.

Setelah itu drag text tersebut kedalam Timeline sempurna diatas video anda yang telah dimasukan.

Langkah Ketiga
Kita menambahkan Transparent Video dengan cara Kolom Project > Klik Kanan > New Item > Tranparent Video. Lalu Drag Kedalam Time Line tepat diatas text yang anda telah di masukan.

Langkah Keempat
Tambahkan Effect > Write-On > Lalu Drag ke Transparent Video yang telah tadi kita buat di timeline.
Keterangan : 
1. Write-On merupakan Effect yang tersedia bawaan oleh Adobe Premiere Pro pada kolom Video Effect > Generate > Write-On.
2. File Transparancy Video yang tadi telah di buat dari New Item pada kolom Project.( Drag Ke Time Line).

Langkah Kelima
Setelah Efefct Write-On di Drag ke Transparancy Video maka kita akan setting bab kolom Effect Control.
Setting : 
- Brush Size =  33 Atau terserah kalian ( Ukuran menyerupai pada tengah text bulat berwarna putih)
- Stroke Lenght = 5.0 
- Brush Spacing = 0,001
Setelah itu kita atur Tag Line ke awal video text dan Transparancy Video sebagai permulaan write-on.

Langkah Keenam
Klik kolom Write-on untuk memulai dan tekan symbol jam pada Brush Position dengan dari awl frame pertama ujung awal video dari text dan Transparancy Video.

Langkah Ketujuh
Pada langkah ini kita akan menyesuaikean sesuai pola font yang ada, kita memulai dari abjad C bagian atas dengan cara :
- Drag kursor secara perlahan dengan menggerakan frame by frame, (tarik sedikit kemudian tekan tombol kanan untuk memajukan frame, terus berulang hingga habis text tersebut).
- Tekan Keyboard Kanan untuk memajukan frame menyerupai teladan pada Kolom Effect Control.

Langkah Kedelapan
Setelah Write-On telah hingga final text menyerupai gambar di bawah ini, Kita menambahkan effect Track Matte Key, Lalu Drag ke video Title Text yang anda telah buat. (Bukan Drag ke Tranparancy Video).

Langkah Kesembilan
Setting pada bab Text Tittle adi yang di beri Track Matte Key dengan mengatur di kolom Effect Control. Dengan mengubah sajian matte > None > Video 3 (Merupakan Posisi Text Tittle berada di Kolom Video 3).

Ketika anda telah mengubah dari None menjadi Video 3 makan tampilan akan kesemula text pada normalnya (Tergantung Title Text kalian berada di kolom video berapa).

Langkah Kesepuluh
Rubah warna anda sesua kebutuhan, bila saya merubah pada warna default dengan warna putih, dan selesai.

Nah, Apakah gampang melakukannya ? Begitu langkah menciptakan Write-on text dengan Adobe Premuere Pro.

Sekian saja dari saya bila ada kesalahan atau kritik, silahkan komentar di bawah ini dengan bijak.