Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsumsi Daya Listrik pada PlayStation 4 Pro (PS4 Pro)

Berhubung sekarang banyak user Playstation Balikpapan yang sudah mulai beralih ke PS4 Pro, atau yang mungkin baru berencana beralih, disini saya akan share sedikit info mengenai hal yang menurut saya pribadi merupakan momok bagi saya, yakni konsumsi daya listrik yang dibutuhkan oleh PS4 Pro. Saya secara awam berfikir saat memakai hardware yang memiliki tenaga kuat, maka konsumsi daya listriknya akan semakin boros, contohnya PC Master rice. Berhubung biaya listrik barusan naik bulan Mei kemarin, jadi tentunya kita harus semakin bijak dalam mengkonsumsi listrik.
Saya melakukan reset artikel dari beberapa web dan saya mendapatkan informasi dari salah satu web yang cukup kredible, yakni Digital Foundry, mereka sudah melakukan test konsumsi daya terhadap PS4 Pro, dan jurur hasilnya ternyata membuat saya kaget, ternyata PS4 Pro tidak se-boros yang saya kira dari segi konsumsi daya listrik.
Berikut ini merupakan rangkuman dari artikel yang saya baca :
  • Konsumsi maksimum dari PS4 Pro adalah 300Watt, Pada spek yang dikeluarakan secara resmi oleh pihak Sony adalah 310W, Namun ini tentunya sangat jarang terjadi saat menumbus angka tertingi. Kosnsumsi daya biasanya meningkat saat mesin digunakan dalam jangka waktu yang lama, logikanya, hardware menjadi panas, kipas fan berputar lebih kencang, panas dan putaran kipas berlebih sama dengan konsumsi daya yang meningkat.
  • Saat dalam kondisi idle di menu utama atau sedang menginstall game dari bluray konsumsi daya PS4 Pro sekitar 75W, PS4 Slim dayanya sama yakni 75W juga, sedangkan PS4 Fat 89W
  • Saat kondisi mendownload game digital dan tidak ada kaset bluray di dalam PS4 Pro memakan daya 71W, sama seperti PS4 Slim 71W sedang PS4 Fat 80W
  • Dalam kondisi rest mode tidak mendownload game PS4 Pro memakan daya 58W, sedang PS4 Slim 46W dan PS4 Fat 73W
  • Saat memainkan game Project cars dengan resolusi 1080p tanpa patch terbaru, PS4 Pro memakan daya 104W sedangkan PS4 Slim 84W dan PS4 Fat 140W
  • Saat memainkan Infamous First Light dengan resolusi 4k, PS4 Pro memakan daya 155W, sedangkan PS4 Slim berhubung resolusi maksimal cuma 1080p memakan daya 80W dan PS4 Fat 148W
  • Tingkat kebisingan PS4 Pro memang paling berisik dibanding dengan seri PS sebelumnya, yakni 55 decibel, PS4 Slim 35 decibel, sedang PS4 Fat 40 decibel, saya berasumsi karena semakin banyak tenaga yang di ciptakan semakin panas hardware tersebut makan putaran fan akan lebih kencang walau dengan menggunakan sistem pendingin yang lebih baik dari PS4 biasa.
  • Temperatur maksimum adalah 55 derajat saat memainkan game selama 5 jam Raise of Tomb Raiders 1080p, PS4 Slim 40 derajat dan PS4 Fat 47 derajat.
Jadi dari beberapa poin di atas bisa disimpulkan kalo PS4 Pro memiliki konsumsi daya yang hampir sama seperti PS4 Slim walaupun pada poin-poin tertentu PS4 Pro memakan daya cukup banyak. Tidak disangka-sangka PS4 Fat merupakan yang terboros dalam poin-poin tertentu pula. Namun ingat perhitungan di atas cuma PS4nya aja, jangan lupa konsumsi listrik dari TV, apa lagi TV 4k yang mungkin memiliki panel display lebih besar dengan segudang fiture-fitur.
Namun lagi, semua perhitungan di atas bisa naik atau turun tergantung juga dengan frimware yang dikeluarkan oleh pihak Sony, dengan selalu menggunakan frimware terbaru biasanya ada kemungkinan kalo konsumsi daya bisa berkurang walau tidak terlalu signifikan. 

Sebagai perbadingan saya sertakan list peralatan rumah tangga yang memakan listrik paling banyak :
  1. TV - LED 32' memakan daya sekitar 80 sampai 150 watt
  2. Air Conditioning - AC ½ PK sekitar 350 watt
  3. Kulkas - 2 pintu 100 sampai 120 watt
  4. PC/ Laptop - PC sekitar 500 watt, Laptop 80 watt
  5. Rice Cooker - Saat menanak nasi 395 Watt, saat idle 77 watt
  6. Setrika - 300 watt
  7. Dispenser - 80 watt sampai 450 watt
Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat, terima kasih.
Sumber https://hydeist666.blogspot.com/