Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Gampang Mengetahui Apakah Pc Kau Sudah Terlindungi Dari Spectre Dan Meltdown


Spectre dan Meltdown merupakan celah keamanan yang ditemukan pada semua prosesor baik prosesor x86, x64, maupun ARM. Celah keamanan ini dapat dimanfaatkan oleh hacker untuk membaca semua proses yang dijalankan oleh prosesor. Itu artinya data - data sensitif kau berpotensi di ambil oleh hacker.

Kabar baiknya, aneka macam macam system operasi sudah merilis update untuk menambal celah keamanan ini. Tidak terkecuali Windows yang beberapa hari yang kemudian sudah merilis patch melalui windows update untuk menambal celah keamanan ini. Untuk itu pastikan kau memasang update tersebut melalui windows update.

Namun perlu diketahui bahwa pada beberapa kasus, menginstall patch yang dirilis windows tidak sepenuhnya melindungi komputer kau dari serangan Spectre dan Meltdown. Berikut ini yakni cara gampang melaksanakan pengecekan untuk mengetahui apakah komputer kau sudah terlindungi dari serangan Spectre dan Meltdown atau belum.

Catatan: Cara ini hanya untuk pengguna OS Windows (Windows 7, 8, 10)

Untuk melaksanakan pengecekan kau membutuhkan software inSpectre Tools yang dapat kau unduh melalui link berikut ini (Download inSpectre Tools). Software ini akan mempermudah kau alasannya tidak perlu memakai powershell untuk memasukkan baris perintah yang panjang.

Setelah teunduh, kau tinggal membuka inSpectre Tools tanpa perlu di install. Software tersebut akan melaksanakan pengecekan pada komputer kau dan selanjutnya akan menampilkan tiga warta yang penjelasannya dapat kau lihat dibawah ini.

  • Vulnerable to Meltdown: Jika tertulis "YES", maka kau perlu menginstall pembaruan dari Windows update alasannya komputer kau belum terlindungi.
  • Vulnerable to Spectre: Jika tertulis "YES", maka kau perlu memasang pembaruan untuk firmware UEFI atau BIOS dari parbikan PC kamu. Kecuali untuk produk Surface dapat kau unduh melalui Windows update.
  • Performance: Jika muncul goresan pena selain "GOOD" sesudah kau install patch keamanan, Itu artinya kau memakai komputer lawas yang tidak mempunyai hardware yang cukup untuk membuat  pacth tersebut bekerja dengan baik.

Kamu juga dapat membaca klarifikasi yang gampang dipahami dengan melaksanakan scroll ke bawah pada software inSpectre Tools. Sebagai contoh, berikut ini yakni gambar dari komputer yang belum memasang patch ke amanan maupun update BIOS.


Setelah membaca klarifikasi diatas, apakah kau mengalami duduk kasus atau ada yang kurang dipahami? Silahkan bagikan pengalaman kau di kolom komentar.

Sumber https://teknowin10.blogspot.com/