Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Intel Menciptakan Perangkat Tambang Bitcoin?


Crypto - Hi bro, Salah satu perusahaan yang populer dengan rancangan dan produksi mikroprosesor, Intel, telah mendapatkan paten #10,142,098, yang berkaitan dengan sistem yang mereka rancang untuk meningkatkan efisiensi energi penambang Bitcoin (BTC).


Meskipun membutuhkan seorang insinyur perangkat keras untuk memahami sepenuhnya apa yang terjadi di paten mereka, bab yang sedikit dipahami dari diskusi paten Intel yaitu kutipan berikut:

"Bagian tertentu dari pesan input, data negara, dan nilai input ke mesin SHA-256 multi-tahap 110, 112, 114 sanggup diperbaiki ke nilai data konstan selama SHA-256 hash atau selama putaran tertentu dari perhitungan dalam SHA -256 hash."

"Daripada menyediakan konstanta ini memakai register, perwujudan dari pengungkapan hardwire ketika ini, nilai data konstan ke sirkuit melaksanakan SHA-256 hash, sehingga mengurangi konsumsi energi dibandingkan dengan menyediakan konstanta memakai register yang mungkin diaktifkan oleh sinyal clock."

Peneliti Intel sepertinya telah menetapkan bahwa tidak ada optimisasi yang sanggup dilakukan pada "tahap 0" dari perhitungan SHA-256, tetapi dua tahap lainnya, begitu mereka menyebutnya, mempunyai banyak kesempatan untuk dioptimalkan.

Baca Juga :

BITCOIN ADALAH GELEMBUNG SABUN, Kata Maksim Oreshkin
Asus Bekerjasama Dengan Quantumcloud Agar Gamer Bisa Menambang Crypto

Karena tahap-0 SHA-256 hash hanya melibatkan bab dari info header tetapi bukan nonce itu sendiri, perhitungan tahap-0 SHA-256 tidak menyajikan peluang untuk meningkatkan secara optimal khusus Bitcoin. Sebagai perbandingan, perhitungan hash tahap-1 dan tahap-2 SHA-256 mendapatkan pesan input yang berkaitan dengan nonce 212 dan akhirnya hadir peluang untuk penambangan penambangan Bitcoin

INTINYA? 

Intinya yaitu bahwa konstanta tertentu dalam proses penambangan Bitcoin sanggup ditanamkan ke dalam perangkat keras itu sendiri, jadi tidak ada perangkat lunak atau komputasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan info yang sama berulang kali. Intel mengklaim ini akan mengurangi jumlah listrik yang dibutuhkan untuk menambang blok Bitcoin.

Desain arsitektur yang dipatenkan "dapat diimplementasikan dalam banyak sekali jenis sistem" dan tidak spesifik untuk sistem yang memakai chip Intel. Gambar-gambar yang disertakan dengan pengajuan paten 29 halaman yaitu diagram semua.

Tidak terang apakah Intel bermaksud untuk mengejar perusahaan yang mempunyai desain serupa dalam produksi atau apakah mereka hanya ingin melindungi perkembangan masa depan dari jenis ini. Mereka menyebutkan bahwa jenis prosesor yang dipakai tidak relevan dengan perwujudan paten, dan mereka secara khusus memacu untuk pengembangan ASIC.

Apakah ini meningkatkan prospek Intel masuk ke bisnis perangkat keras penambangan Bitcoin? Sangat mungkin, alasannya yaitu perusahaan yang telah menjadi pemain utama dalam pemrosesan komputer selama beberapa dekade, juga ingin menjadi terdepan di dunia tambang bitcoin.

Jika mereka benar-benar menyebarkan perangkat keras yang memakai lebih sedikit energi daripada perangkat keras yang dikembangkan oleh perusahaan tambang bitcoin  menyerupai BITMAIN,  tentu Intel sanggup jadi penguasa gres di bidang ini, ketika ini biaya energi menjadi penghalang utama untuk mencapai keuntungan atas investasi bagi para penambang Bitcoin (Bitcoin Miner)

(BAS/03/12/18)