Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fitur Motion Smoothing yang tersembunyi di TV kita



Mungkin dari teman-teman semua masih sedikit awam dengan fiture Motion Smoothing yang sebenarnya ada, dan bersembunyi di dalam TV kita, dan mungkin fiture ini jarang sekali di aktifkan. yuk kita bahas apa sih Motion Smoothing itu.

Biasanya di TV - TV keluaran terbaru sudah ada yang namanya fiture Motion Smoothing dan pada merek TV tertentu memiliki nama yang berbeda-beda pula, seperti Auto Motion Plus (Samsung), Motionflow (Sony), Motion Enhancement (Sharp) dan TruMotion (LG), oke sebelum melangkah lebih jauh, saya mau jelaskan dulu apa sih Motion Smoothing itu? dan apa sih gunanya untuk kita para Gamers? efeknya plus dan minus dalam bermain game.


Secara garis besar sebuah siaran TV direkam dan disiarkan dalam 24 Frame Per-Second (fps) sedangkan siaran olahraga biasanya direkam dan disiarkan diangka 40 fps, ini sebabnya biasanya pada acara olahraga kita melihat tontonan yang lebih halus atau smooth. Semakin tinggi FPS tentunya akan semakin nyaman dan semakin realistis gambar yang dihasilkan. Di sinilah fungsi dari fasilitas Motion Smoothing yang ada di dalam TV kita, fungsinya adalah memaksa TV untuk melakukan sebuah komputasi frame yang dimana keluaran outputnya bisa antara 60-120 Fps, teknologi yang digunakan dalam proses komputasi ini dinamai interpolasi frame, yakni menebak, dan mengisi frame yang kosong sehingga outputnya seakan-akan 60-120Fps


Saya sudah mencobanya, dan kadang secara tidak sadar fiture ini sudah aktif dari awal pembelian TV, Saya menggunakan Smart TV LG 32 Inch dengan tipe 32LN575V, settingan TruMotion berada pada menu Picture Option, di sana ada menu TruMotion yang bisa kita set dari level Clear, Standart, Smooth dan user setting atau settingan costom, jadi ada 4 tingkatan kita mau fps sehalus apa, awalnya saya menggunakan level Clear, dan tentunya experiance dalam bermain game terasa berubah frame rate dalam bermain game meningkat derastis, terlihat saat dalam bermain game open world saat kita memutar kamera 360 derajat, kita bisa test juga untuk level setting lainnya, dan coba juga turn on-off fiture Motion Smoothing ini dan kita bandingkan seperti apa gambar yang di hasilkan dalam bermain games.
Namun setiap kelebihan pasti ada kekurangan, pertama kali yang di rasakan saat Motion Smoothing di aktifkan adalah, delay pada controler PS4 kita, ini tentunya akan berpengaruh dengan game yang gameplaynya menggunakan fase cepat, namun sebenarnya ini bisa kita pelajari dan adaptasi, saya menamatkan beberapa game sepeti The Witcher 3, Rachet and Clank dalam kondisi fiture Motion Smoothing aktif, makanya saya merasa TW3 dan Rachet and Clank running di 60Fps. Ada juga efek sedikit blur saat karakter bergerak dan Soap Opera Effect, namun menrut saya pribadi semua kekurangan di atas belum terlalu menggangu.


Mungkin dari informasi di atas, ada teman-teman yang mau mencobanya, rencana saya mau buat videonya, tapi saya tidak tau apakah perbuhan frame bisa ditangkap dengan kamera dslr. Motion Smoothing mungkin akan lebih bermanfaat saat kita aktifkan dalam menonton filem cinema, jadi kita bisa merasakan experiance filem dengan kehalusan 60-120Fps. 


Disclaimers : Mungkin untuk setiap merek-merek TV memiliki kualitas Motion Smoothing yang berbeda-beda, dan mungkin efek minus jangka panjang jika fiture ini diaktifkan bisa mermacam-macam, selama ini saya aktifkan tidak ada kendala apa-apa di TV saya.





Sumber https://hydeist666.blogspot.com/