Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Penyakit Lupus Dan Bagaimana Cara Mengobatinya

Mengenal Penyakit Lupus Dan Bagaimana Cara Mengobatinya Mengenal Penyakit Lupus Dan Bagaimana Cara Mengobatinya
Selena Gomez (Lupus Diagnosa)
Penyakit Lupus - Apa itu Lupus? Lupus adalah suatu penyakit autoimun yaitu penyakit inflamasi kronis yang diakibatkan oleh sistem kekebalan badan yang keliru sampai-sampai mulai menyerang jaringan dan organ badan sendiri. Inflamasi dampak lupus sanggup menyerang sekian banyak  belahan tubuh.

Beberapa penderita lupus hanya mengalami sedikit ketidaknyamanan. Yang lainnya menderita cacat seumur hidup yang signifikan.

Lupus mempengaruhi orang keturunan Afrika, Asia, atau keturunan Amerika keturunan dua hingga tiga kali lebih sering mempengaruhi orang kulit putih. Sembilan dari 10 penderita lupus ialah wanita. Penyakit ini biasanya menyerang antara usia 15 dan 44, meski sanggup terjadi pada individu yang lebih tua.

Jenis dan Gejala Penyakit Lupus

Ada dua jenis lupus:
  • Discoid lupus erythematosus (DLE)
  • Sistemik lupus erythematosus (SLE



Discoid Lupus Erythematosus

DLE (gejala ringan) utamanya mempengaruhi kulit yang terkena sinar matahari dan biasanya tidak mempengaruhi organ dalam vital. Luka kulit diskoid (melingkar) sering meninggalkan bekas luka sehabis penyembuhan.

DLE biasanya sanggup dikendalikan dengan menghindari paparan sinar matahari eksklusif dan obat-obatan. Efek dan Gejala DLE di antaranya:
  1. Rambut rontok.
  2. Pitak permanen.
  3. Ruam merah dan lingkaran ibarat sisik pada kulit yang terkadang akan menebal dan menjadi bekas luka.

Sistemik Lupus Erythematosus

SLE (lebih serius): Ini mempengaruhi kulit dan organ vital lainnya, dan sanggup menimbulkan ruam berbentuk, bersisik, berbentuk kupu-kupu di atas jembatan hidung dan pipi yang sanggup meninggalkan bekas luka kalau tidak diobati.

SLE juga sanggup mempengaruhi belahan lain dari kulit di kawasan lain di tubuh. Selain imbas faktual dari lupus sistemik, penyakit ini juga sanggup mengobarkan dan merusak jaringan ikat di sendi, otot, dan kulit, bersamaan dengan selaput di sekitar atau di dalam paru-paru , jantung , ginjal , dan otak.

SLE juga sanggup menimbulkan penyakit ginjal. Seperti kasus yang terjadi pada selebriti Selena Gomez yang menjalani transplantasi ginjal lantaran penyakit Lupus yang diidapnya. Keterlibatan otak jarang terjadi, namun bagi sebagian orang, lupus sanggup menimbulkan kebingungan, depresi , kejang , dan stroke.

Pembuluh darah sanggup diserang dengan sistemik lupus. Hal ini sanggup menimbulkan luka pada kulit, khususnya jari. Beberapa pasien lupus mendapat sindrom Raynaud, yang menciptakan pembuluh darah kecil berkontraksi di kulit, mencegah darah naik ke tangan dan kaki terutama sebagai respons terhadap demam.

Kebanyakan serangan hanya berlangsung beberapa menit saja, sanggup terasa menyakitkan, dan sering membalikkan tangan dan kaki putih atau warna kebiruan. Pasien Lupus dengan sindrom Raynaud harus tetap hangat dengan sarung tangan dikala cuaca dingin.

Faktor Yang Menjadi Penyebab Penyakit Lupus

Apa Penyebab Lupus? Tidak ada faktor tunggal yang diketahui menimbulkan lupus. Penelitian mengatakan bahwa kombinasi faktor genetik, hormonal, lingkungan, dan sistem kekebalan mungkin ada di belakangnya.

Faktor lingkungan, mulai dari bisul virus dan kuman hingga tekanan emosional yang parah atau paparan berlebih terhadap sinar matahari, sanggup berperan dalam memprovokasi atau memicu penyakit ini.

Cara Mengobati Penyakit Lupus

SLE tidak sanggup disembuhkan. Tujuan pengobatannya hanya untuk mengurangi tingkat tanda-tanda serta mencegah kerusakan organ pada penderita SLE.

Beberapa puluh tahun yang lalu, SLE dipandang sebagai penyakit terminal yang berujung kepada kematian. Ketakutan ini disebabkan oleh banyaknya penderita pada dikala itu yang meninggal dunia jawaban komplikasi dalam kurun waktu 10 tahun sehabis didiagnosis mengidap SLE.

Tetapi kondisi pada zaman kini sudah jauh lebih baik. Berkat pengobatan SLE yang terus berkembang, hampir semua penderita SLE dikala ini sanggup hidup normal atau setidaknya mendekati tahap normal.

Bantuan dan kontribusi dari keluarga, teman, serta staf medis juga berperan penting dalam membantu para penderita SLE dalam menghadapi penyakit mereka.

Obat-obatan tertentu, ibarat obat tekanan darah hydralazine dan obat rana ritmik, sanggup menimbulkan tanda-tanda ibarat lupus. Kadar estrogen tinggi jawaban kehamilan sanggup memperparah lupus. - Mengenal Penyakit Lupus Dan Bagaimana Cara Mengobatinya.