Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Sosial Media Bagi Seorang Pelajar

Manfaat Sosial Media Bagi Seorang Pelajar


Manfaat Sosial Media Bagi Seorang Pelajar Manfaat Sosial Media Bagi Seorang Pelajar


Penuis mulai tau perihal media social pada ketika kelas 1 SMP. Menurut saya tidak terlalu terlambat mengikuti perkembangan jaman. Penulis pertama kali kenal dengan media social masih menggunakannya untuk perbuatan yang nihil hasil, iya bener dulu saya menggunakannya hanya untuk update status facebook, twitter, dan hanya menonton youtube. Tanpa memikirkan apa manfaat social media, tapi seiring berjalannya waktu saya pun mulai tau apasih hakikat social media itu, apasih manfaat social media bagi pelajar. Tentunya social media mempunyai banyak manfaat, ada juga ancaman nya.

Seiring berjalannya waktu orang-orang mulai memakai social media menjadi kebutuhan sehari hari, tidak peduli anak-anak, remaja, bahkan orang bau tanah pun mulai memakai social media. Tidak peduli rakyat atau pejabat semua mulai kenal perihal social media.
Pertumbuhan media umum selama beberapa tahun terakhir telah membawa perubahan cara pemanfaatan internet bagi penggunanya dalam dunia pendidikan. Media sosial dalam dunia pendidikan secara fungsinya dikondisikan sebagai bentuk kolaborasi, keramahan, dan kreativitas penggunanya. kondisi yang terjadi kini, banyak kalangan masyarakat belum menyadari pentingnya kebutuhan sosial media dan internet dalam dunia Pendidikan.
Pesatnya pertumbuhan ini menjadi suatu optimism bagi para pelajar, bahwa sosial media kini bukan hanya situs internet semata, namun lebih dari pada itu. Sosial media ketika ini sudah menjadi ruang publik. Social Media telah menjadi salah satu seni administrasi untuk berguru lebih dari yang di ajarkan di sekolah (out-of-the-box) yang sangat ampuh. Ratusan juta orang mengaksesnya setiap hari. Industri ini bahkan terus melahirkan inovasi-inovasi platform sosial media gres lainnya menyerupai Instagram, Pinterest, LinkedIn, dan Path. Pesatnya kemajuan teknologi mobile dan didukung oleh akomodasi untuk mengakses internet yang semakin mumpuni, maka semakin menjanjikan pula pelajar untuk berkembang di masa depan.
Mengapa social media di gemari semua orang khusunya untuk pelajar?

1. Gratis
Sebagia besar social media gratis dalam penggunaannya. Dengan fitur gratis ini banyak orang yang tertarik dan berbondong-bondong untuk menggunakannya. Seperti Facebook, Twitter, Youtube gratis dalam membuat akunnya. Tiap hari pengguna social media semakin naik yang menyebabkan  ada daya Tarik tersendiri bagi setiap orang.

2. Praktis Dalam Penggunaannya
Berjalannya waktu, media social mempunyai banyak fitur dan juga makin gampang penggunaannya tentunya ini salah satu faktor yang mensugesti bertambahnya pengguna dalam setiap harinya.

3. Jaman Serba Online
Sekarang tidak jamannya berkirim surat menyerupai dulu, berkirim suratpun makin tidak diminati Karena ribet sebagai gantinya media social memperlihatkan kemudahannya, kini kita bisa mengirim kabar melalui media social. Seperti yang kita ketahui, kini jamannya serba online mulai dari pesan makanan, pembelian tiket, jual beli oline, dll. Waduhh serba online pokoknya dah. Media social memperlihatkan kemudahan bagi kita. Khususnya pelajar.

Tahukah kalian apa yang terjadi di setiap detik pada internet, banyak ribuan bahkan jutaan interaksi setiap detik di internet.



Seperti gambar di atas banyak interaksi di internet ada setiap detiknya. Mengejutkan bukan? Lalu apa saja manfaat social media bagi seorang pelajar? Akan kah berdampak kasatmata atau mungkin sebaliknya. Perlu kita ketahui internet bagaikan pisau bermata dua, di satu sisi internet sanggup memudahkan kita dan di sisi lain sanggup membahayakan kita. Kita sebagai pelajar seharusnya bisa berfikir lebih cukup umur dan sanggup membedakan apa yang baik buat kita dan tidak mengakibatkan kerugian bagi orang lain

Sosial Media menyerupai Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube tidak lepas bagi kehidupan kita sehari hari. Salah satu alasan Sosial Media menjadi popular Karena akan memberi pengalaman berinteraksi di insternet bgi setiap penggunanya. Bayangkan saja apa yang terjadi kalau pelajar modern di jaman perkembangan teknologi yang pesat tidak mengenal apa itu sosial media

Media sosial yakni sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan gampang berpartisipasi, berbagi, dan membuat isi mencakup blog, jejaring sosial, wiki, lembaga dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media umum yang paling umum dipakai oleh masyarakat di seluruh dunia.-Wikipedia



Tidak peduli remaja atau cukup umur social media berdasarkan saya sangatlah penting apalagi untuk pelajar, Nah Apa saja manfaat social media bagi pelajar?

1. Sebagai Sumber Pembelajaran Alternatif

Sering kita jumpai bahkan kita lakukan ,pelajaran yang diberikan di sekolah atau kuliah tidak sanggup tersampaikan dengan penuh, entah factor waktu atau apa yang membuat pembelajaran kurang efektif. Nah sebagai pelajar kita bisa memanfaatkan social media menjadi sumber pembelajaran kedua. Misalnya kita tanya guru di social media, kita tanya teman yang lebih tau atau kita cari sendiri apa yang kita belum tau.
Dalam hal ini social media sanggup menumbuhkan sifat rasa penasaran yang tinggi dan tidak bermalas-malas an. Tapi sebaliknya kalau kita memanfaatkan social media dengan salah kita akan menjadi bermalas malasan dan menjadi individualis.

2. Membangun Komunitas Atau Grup

Di social media anda bisa membangun komunitas yang se hobi maupun di luar hobi. Banyak pelajar yag ditantang untuk tidak terpaku pada ruang lingkup sekolahan atau Pendidikan formal. Media social membantu pelajar untuk berguru Bersama di luar sekolahan yang akan membuat kegiatan berguru serta komunikasi lebih efisien. Sebagai pola kita ambil grup-grup, banyak grup facebook yang bertujuan untuk pembelajaran contohnya “Blogger Indonesia” Dari namanya kalian sudah tau apa itu isi grup itu sendiri. Kalian bisa menemukan grup yang anda suka di hidangan pencarian untuk kegiatan pembelajaran, Contohnya Astronomi Indonesia, Photoshoper Indonesia, dll.

Dalam hal ini, pelajar di tuntut untuk menjadi ‘ahli’ pada bidang yang di gemarinya. Tidak hanya berguru untuk ber interaksi sesama penggunanya tetapi juga cara memakai media social biar bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

3. Tambahan Sumber Pembelajaran

Selain di sekolah, media social sanggup mejadi sumber pemelajaran. Di media social memudahkan pelajar untuk mencari informasi yang sekiranya belum akurat atau belum tau secara gampang dan efisien. Banyak ebook-ebook yang sanggup di download secara gratis di internet sebagai suplemen sumber pembelajaran.
Di media social kalian juga bisa menyebarkan sumber pembelajaran secara gampang kepada setiap pengguna. Selain itu, pelajar juga bisa memakai layananberbagi konten menyerupai Google Docs untuk kiprah kelompok. Fitur tersebut membantu pelajar dalam mengorganisir kelompok dan kiprah menjadi lebih mudah.

4. Melanjutkan Pembelajaran

Bagi pelajar yang tak sanggup menghadiri kelas tertentu, tak perlu khawatir ketinggalan pelajaran alasannya yakni ketika ini media umum menyerupai Periscope, Skype atau SnapChat bisa membantu pelajar. Biasanya antara guru dan murid memakai Google Hangout atau aplikasi serupa untuk melanjutkan pembelajaran yang belum tersampaikan degan penuh. Tentu media social sangat berkhasiat bagi pelajar

Dalam hal ini social media sanggup menumbuhkan inisiatif bagi pelajar untuk tidak tepaku dalam pelajaran di sekolah.

5. Bertambahnya Wawasan

Para pelajar yang merupakan pengguna media umum secara eksklusif saling memperlihatkan dan mendapatkan bermacam-macam informasi. Misalnya dalam grup di adakan kegiatan untuk membuat projek atau missal ada lomba membuat artikel blog lah,secara tidak eksklusif pelajar berguru untuk bersaing dengan lainnya atau mungkin untuk meng eksplore kemampuan dirinya sendiri.  Kemampuan mereka untuk mengakses, menganalisa, dan menyebarkan informasi kian meningkat seiring berjalannya waktu. Bahkan tanpa mereka sadari mereka sudah mengembangkan kemampuan tersebut.

6. Mendukung Kegiatan Pembelajaran

Media social sanggup membantu pelajar untuk mendukung kegiatan pembelajaran, biar terciptanya kenyamanan dan hilangnya bosan. Seperti pada YouTube, banyak pelajaran atau tutorial berbentuk audio video yang sanggup kita ambil dari YouTube.
Media social memungkinkan pelajar untuk tidak hanya berguru di buku tetapi pelajar juga bisa berguru lewat media audio visual, contohnya gambar, video, dll.

7. Melatih Kemampuan Marketing

Nah, inilah poin yang tidak kalah penting. Di Jaman modern kita harus bisa bersaing dalam hal marketing, tidak peduli pelajar atau bukan pelajar. Marketing merupakan skill yang harus kita kuasai. Bukan menyerupai yang dulu, kini hanya bermodalkan sedikit uang dan koneksi internet kita bisa mulai berguru internet marketing. Lalu bagaimana cara kita untuk meningkatkan kemampuan kita dalam hal internet marketing? Saya sarankan anda mengikuti kegiatan pelatihan di Dumet School. Apa itu dumet school? Banyak sekali kegiatan di Dumet School yang sanggup melatih kita tentunya dalam dunia IT. Sekarang saya akan membicarakan perihal dunia Internet Marketing atau Digital Marketing. Di Dumet School Digital Marketing anda bisa berguru WordPress, SEO, Facebook Ads & Instagram Ads, Adwords Search, Youtube Ads, Email Marketing, dan Landing Page. Buat yang mau belajar digital marketing saya sarankan ke Dumet School



Apa saja yang di dapatkan setelh berguru di Dumet School Digital Marketing?
  • 7 kelas pembelajaran yaitu WordPress, SEO, Facebook Ads & Instagram Ads, Adwords Search, Youtube Ads, Email Marketing, dan Landing Page.
  • Akses untuk berguru di DUMET School sepuasnya hingga bisa dan mempunyai hasil karya
  • Akses ke iLab (sistem pembelajaran yang bisa anda saluran dimanapun dan kapanpun)
  • Bisa reseat (mengulang kelas) sepuasnya
  • Disupport seumur hidup dan gratis konsultasi selamanya
  • Sertifikat Digital Marketing dengan nomor izin diknas


Jika saya pelajar apakah saya sanggup mengikuti kursus Dumet School? Tentunya, Yang harus ikut kursus Digital Marketing yakni pemilik bisnis, staff profesional, freelancer, mahasiswa, fresh graduate, pelaku UKM dan siapapun yang mau bisa Digital Marketing. Kaprikornus segera daftarkan diri anda untuk mengikuti kursus Dumet School, banyak keuntungannya. Tidak Percaya? Banyak Testimoni kok mas


Itulah beberapa Manfaat Dari Media Sosial Bagi Pelajar, Punya kritik dan saran atas goresan pena admin di atas? Silahkan utarakan di komentar.

Sumber http://agakgaptek.blogspot.com/