Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tips Jitu Cara Meningkatkan Kinerja Browser Chrome Lebih Baik Lagi

Mencapai efisiensi ini dengan prosedur gres untuk melemahkan tab latar belakang sehingga mereka mengkonsumsi lebih sedikit daya.

Sejak mengupdate ke versi 57 Chrome, saya telah menemukan bahwa saya sanggup membiarkan tab terbuka saya bertambah menjadi angka cabul tanpa membunuh masa pakai baterai MacBook Pro dan kinerja yang melambat. Dengan versi Chrome yang lalu, pembukaan tab gres yang ceroboh ini sangat mengganggu baterai MacBook Pro dan kinerja keseluruhan saya. Namun, Anda sanggup meningkatkan kinerja Chrome 57 lebih jauh.

Namun, pertama, periksa untuk melihat versi Chrome yang Anda jalankan, buka setelan Chrome. Anda sanggup melakukannya dengan memasukkan chrome: // help / di bilah URL Chrome atau dengan mengeklik tombol Menu (ikon dengan tiga titik vertikal) di sebelah kanan bilah URL Chrome dan kemudian klik Bantuan> Tentang Google Chrome. Di Mac, Anda juga sanggup mengeklik Chrome di bilah sajian dan kemudian klik Tentang Google Chrome. Jika Anda tidak memakai Chrome versi terbaru, Anda sanggup memperbarui Chrome di laman ini.

Dengan Chrome diperbarui, berikut tiga cara untuk meningkatkan kinerja peramban.

1. Identifikasi dan hapuskan tab dan ekstensi yang menyinggung
Semakin banyak tab dan ekstensi yang Anda jalankan di Chrome, semakin banyak sumber daya yang dikonsumsinya. Sebelum Anda mulai menutup tab semua tak terduga, lihat task manager Chrome yang ada untuk melihat tab mana yang memakai sumber daya CPU dan memori paling banyak. Ini juga mengatakan jumlah Chrome yang dipakai secara keseluruhan, dan juga sebagai ekstensi yang Anda jalankan.

Untuk membuka Task Manager Chrome, klik tombol triple-dot Menu di kanan atas dan masuk ke Alat Lainnya> Task Manager.




Jendela Task Manager kecil mengatakan persentase yang berfluktuasi untuk setiap tab dan ekstensi yang terbuka yang Anda jalankan dalam hal penggunaan CPU dan memori. Sorot sebuah tab atau ekstensi dan klik End Process untuk membunuh babi sumber daya yang mengerikan dan mengembalikan beberapa overhead CPU dan memori.

2. Percobaan dengan akselerasi hardware
Dikuburkan di setelan Chrome yakni cara untuk mengaktifkan akselerasi perangkat keras, yang mungkin atau mungkin tidak meningkatkan kinerja Chrome di komputer Anda. Akselerasi perangkat keras memungkinkan CPU melepaskan sebagian kiprah rendering dan memuat halaman ke GPU sistem Anda.

Ada beberapa perdebatan perihal apakah akselerasi perangkat keras membantu atau membahayakan kinerja. Saya tidak menemukannya sama sekali, tapi mungkin ini akan membantu sistem Anda menjalankan Chrome dengan lebih efektif. Plus, perlu diselidiki untuk melihat apakah Anda mengaktifkan akselerasi perangkat keras atau tidak.

Untuk menemukan pengaturannya, klik tombol Menu triple-dot dan pilih Settings.
Gulir ke bawah ke penggalan bawah halaman Pengaturan dan klik Show advanced settings.
Gulir ke bawah ke penggalan System dan centang (atau hapus centang) kotak untuk Use hardware acceleration bila tersedia.
Mulai ulang Chrome



Sekali lagi, jarak tempuh Anda mungkin berbeda dengan akselerasi perangkat keras, tapi perlu diperiksa apakah Anda lebih baik dengan atau tanpa itu.

3. Tekan tombol reset
Jika semuanya gagal, Anda sanggup menyetel ulang Chrome dan mengembalikan browser ke setelan defaultnya. Menyetel ulang Chrome tidak menghapus semuanya; Bookmark, riwayat browsing dan kata sandi yang disimpan tidak diatur ulang. Apa yang akan Anda hilang dalam menyetel ulang Chrome yakni halaman awal, halaman tab baru, tab yang disematkan dan mesin pencari default (jika bukan Google).


Tombol Reset berada sempurna di bawah pengaturan akselerasi perangkat keras pada halaman pengaturan lanjutan. Klik tombol Reset settings dan kemudian klik Reset untuk mengkonfirmasi niat Anda.