Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Antara Doc Dan Docx. Apa Ya Bedanya?

Perbedaan Antara DOC Dan DOCX


DOC dan DOCX ialah dua format dokumen kata yang paling umum. Dibuat oleh Microsoft, keduanya didukung oleh hampir semua perangkat lunak pengolah kata. DOCX, di mana X ialah abreviasi dari XML, lebih gres dan menghasilkan file yang lebih kecil dan lebih ringan. DOCX juga memastikan bahwa semua format dan fitur lanjutan didukung oleh perangkat lunak pihak ketiga.

Seiring dengan format PDF, format dokumen yang paling umum dipakai ialah DOC dan DOCX. Tapi, apa perbedaan antara file DOC dan DOCX? Pada artikel ini, saya akan menjelaskan perbedaan ini dan membandingkannya. Harap dicatat bahwa jenis file ini tidak ada hubungannya dengan file DDOC atau ADOC.

.DOC File vs .DOCX File - Apa bedanya?


Sejak lama, Microsoft Word telah memakai DOC sebagai tipe file bawaannya. DOC telah dipakai semenjak rilis pertama Word untuk MS-DOS. Sampai tahun 2006, ketika Microsoft membuka spesifikasi DOC, Word ialah format proprietary. Selama bertahun-tahun, spesifikasi DOC yang telah diupdate dirilis untuk dipakai dalam prosesor dokumen lainnya.

DOC kini telah disertakan dalam banyak aktivitas pemrosesan dokumen gratis dan berbayar ibarat LibreOffice Writer, OpenOffice Writer, KingSoft Writer, dll. Anda sanggup memakai aktivitas ini untuk membuka file DOC dan mengeditnya. Google Documents juga mempunyai opsi untuk mengunggah file DOC dan melaksanakan tindakan yang diperlukan.

Format DOCX dikembangkan oleh Microsoft sebagai pengganti DOC. Pada update Word 2007, perpanjangan default file diubah menjadi DOCX. Hal itu dilakukan alasannya meningkatnya persaingan dari format open source dan open source ibarat Open Office dan ODF.

Di DOCX, pekerjaan pengkodean untuk DOCX dilakukan dalam XML, maka X di DOCX. Pengkodean gres juga memungkinkannya untuk mendukung fitur-fitur canggih.

DOCX, yang merupakan hasil standar yang disajikan dengan nama Office Open XML, membawa perbaikan ibarat ukuran file yang lebih kecil. Perubahan ini juga membuka jalan untuk format ibarat PPTX dan XLSX.

Mengkonversi file DOC ke DOCX


Pada sebagian besar kasus, perangkat lunak pengolah kata yang bisa membuka file DOC, sanggup mengonversi dokumen itu menjadi file DOCX. Hal yang sama sanggup dikatakan untuk konversi DOCX ke DOC. Masalah ini muncul ketika seseorang memakai Word 2003 atau sebelumnya. Dalam masalah ini, Anda perlu membuka file DOCX di Word 2007 atau yang lebih gres (atau beberapa aktivitas lain yang kompatibel) dan menyimpannya dalam format DOC.

Untuk versi Word yang lebih lawas, Microsoft juga telah merilis paket kompatibilitas yang bisa dipasang untuk menghadirkan proteksi DOCX.

Selain itu, perangkat lunak ini ibarat Microsoft Word, Google Docs, LibreOffice Writer, dan lain-lain bisa mengubah file DOC menjadi format lain ibarat PDF, RTF, TXT, dll.

Mana yang harus saya gunakan? DOC atau DOCX?


Saat ini, problem DOC vs DOCX tidak banyak bermasalah. Kedua format dokumen ini didukung oleh hampir semua program. Namun, DOCX ialah pilihan yang lebih baik alasannya menghasilkan ukuran file yang lebih kecil dan lebih ringan. File-file ini lebih gampang dibaca dan ditransfer. Karena didasarkan pada standar Open Office Open XML, semua perangkat lunak pengolah kata mendukung semua fitur lanjutan. Banyak perangkat lunak yang secara perlahan menjatuhkan pilihan untuk menyimpan dokumen dalam format DOC.

Masih resah wacana Perbedaan DOC dan DOCX? Tulis pendapat dan pedoman kalian di komentar. Jangan lupa share kepada siapapun semoga pada tau perbedaan DO dan DOCX. Sekian


-Admin RizkyPray

Sumber http://agakgaptek.blogspot.com/