Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencegah Akun Seller Ebay Disuspend Pengalaman Sendiri

Cara Mencegah Akun Seller Ebay Disuspend  Cara Mencegah Akun Seller Ebay Disuspend Pengalaman Sendiri
Berjualan di marketplace luar negeri ibarat ebay, amazon, bonanza, storenvy, etsy dan lainnya memang menggiurkan, apalagi dengan nilai tukar atau konversi mata uang dari dollar USA yang menguat akan meningkatkan tingkat profit penjual di marketplace tersebut. Namun alasannya ialah lingkupnya yang global, meliputi seluruh negara di dunia, marketplace tersebut mempunyai aturan yang lebih detail dan ketat dibandingkan dengan marketplace lokal Indonesia. Dan ketika seller melanggar aturan mereka, mereka tidak segan-segan untuk mensuspend permanen atau memblokir permanen akun penjual yang berakibat penjual tidak dapat berjualan lagi.

baca juga : Tahapan Cara Berjualan di Ebay Dilengkapi Gambar 

Lalu apa sajakah penyebab akun seller ebay disuspend?secara umum berbagai penyebab akun seller ebay disuspend,yang niscaya akun penjual ebay tersebut telah melanggar aturan ebay. Berkaca dari pengalaman sendiri dan juga pengalaman teman lainnya, akun seller ebay disuspend diantaranya alasannya ialah menjual barang imitasi/palsu/barang KW/melanggar hak cipta, produk medis yang berlabel resep dokter, produk kesehatan yang dihentikan beredar di negara tersebut dan lainnya. Penyebab lainnya yaitu performance seller yang tidak baik yaitu penjual tidak mengirimkan barang yang dipesan oleh pembeli dan pembeli mengadukannya ke Ebay, penjual ibarat ini biasa disebut scammer. Biasanya sebelum Ebay memutuskan mensuspend permanen akun seller ebay, mereka akan menghukum dengan suspend sementara (temporary). Ini merupakan peringatan keras terhadap seller, apabila seller tetap menjual barang/produk yang dianggap melanggar aturan tersebut maka ebay akan memutuskan suspend permanen.

baca juga : 8 BISNIS ONLINE Dengan Penghasilan Jutaan Rupiah Sebulan


Namun faktanya apabila kita search produk di ebay yang berupa custom product ibarat kaos, casing handphone, hoodie dan lain-lain masih banyak seller yang menjual dengan desain/gambar yang berhak cipta atau TradeMark dan kenapa masih eksis tidak disuspend ? Terkait hal ini memang untuk suspend merupakan kewenangan mutlak dari Ebay. Ebay mendeteksi adanya produk yang melanggar aturan menurut pengamatan sendiri dan juga menurut laporan dari pemilik merk/hak cipta. Ebay mempunyai kegiatan yang namanya Vero (Veripied Rights Owner Program) yaitu layanan ebay bagi pemilik hak cipta atau perwakilan dari pemegang hak cipta untuk melaporkan produk-produk yang dilisting yang melanggar hak ciptanya di Ebay kepada Ebay. Ebay akan menindaklanjuti laporan tersebut dengan menghapus listing dan menyuruh seller ebay untuk menghubungi pelapor terkait listing produknya yang dihapus ebay. Apabila hingga dikala ini kita masih menemukan produk yang dianggap melanggar hak cipta di ebay, itu alasannya ialah keterbatasan ebay sendiri dalam menscreening semua listing di ebay. Namun biasanya ada saat-saat tertentu dimana ebay melaksanakan razia produk dan mensuspend akun sellernya. Kaprikornus dapat dibilang untung-untungan ya.

Lalu bagaimana caranya biar akun seller ebay kondusif dari suspend ebay? ibarat halnya pemain youtube atau youtuber biar akunnya kondusif ya ikuti aturan permainan dari youtube atau google, jangan mengupload video orang lain yang berhak cipta, atau mereupload video milik orang lain, buat video yang original orisinil buatan sendiri. Begitupun yang bermain blog, apabila ingin akun adsensenya kondusif dari suspend, jangan bermain AGC (Automated Generate Content) atau copy paste masif konten blog dari orang lain. Kaprikornus untuk seller di ebay juga biar akun sellernya kondusif dan kekal janganlah menjual produk-produk yang dihentikan oleh Ebay atau melanggar hak cipta orang lain. Contohnya berjualan produk lokal ibarat produk-produk yang dipajang di minimarket, itu juga dapat lho dijual di ebay. Masih banyak koq produk-produk lokal yang menarik bagi buyer bule disana.

Sepertinya cukup hingga sini dulu ya cara mencegah akun seller ebay disuspend permanen menurut pengalaman sendiri dan juga rekan seller lainnya. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.