Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Bahasa Pemrograman Untuk Komputer Petama Di Dunia

Apa Bahasa Pemrograman Pertama di Dunia untuk Komputer?


Meskipun tidak ada balasan yang pasti, Plankalkül, yang diucapkan "Plan Calculus", dianggap sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama di dunia untuk komputer. Dibuat oleh insinyur Jerman Konrad Zuse antara tahun 1942 dan 1945, bahasa tersebut tidak menerima banyak perhatian. Bahasa terkenal yang diikuti Plankalkül yaitu Fortran dan Lisp.

Setiap hari, kita menemukan pelepasan beberapa bahasa pemrograman baru. Sementara bahasa terkenal menyerupai Java dan C ++ terus mengesankan kita dengan sifat infinit mereka, bahasa yang relatif lebih gres menyerupai Go dan Swift menarik orang-orang yang lebih baru.
Tapi, apakah Anda pernah bertanya-tanya apa bahasa pemrograman pertama di dunia? Karena Ada Lovelace (1840-an) secara luas dianggap sebagai programmer pertama, "kumpulan simbol" yang ia gunakan akan terdiri dari bahasa pemrograman pertama-bukan? Mungkin alasannya yaitu mesin Babbage tidak pernah dibangun dan ia tidak mempunyai apapun yang sanggup disebut bahasa pemrograman.

Ada orang lain yang menemukan Bahasa Pemrograman dalam karya Alan Turing dan mengutip deskripsi mesin Turing (1936). Dalam makalahnya, ia telah menulis aktivitas dan simulasi matematika.

Jawaban untuk bahasa pemrograman pertama di dunia yaitu yang rumit. Tapi, jikalau kita mengambil bahasa non-von Neumann tingkat tinggi untuk komputer sebagai basis, Plankalkül, yang diucapkan "Plan Calculus", secara luas dianggap sebagai bahasa pemrograman pertama (Dikutip & Di Translate Dari: Wikipedia, StackExchange). Plankalkül diciptakan oleh seorang insinyur Jerman Konrad Zuse untuk tujuan teknik antara tahun 1942 dan 1945.


Inilah cara menulis Hello world! Di Plankalkül, bahasa pemrograman pertama di dunia untuk komputer:

R1.1(V0[:sig]) => R0
R1.2(V0[:m x sig]) => R0
0 => i | m + 1 => j
[W [ i < j -> [ R1.1(V0[i: m x sig]) => R0 | i + 1 => i ] ] ] END
R1.3() => R0
‘H’;’e’;’l’;’l’;’o’;’,’;’ ‘;’w’;’o’;’r’;’l’;’d’;’!’ => Z0[: m x sig] R1.2(Z0) => R0
END

Berbeda dengan Bahasa pemrograman lainnya, dilihat saja sudah rumit.

Saat itu, Zuse gagal mengumpulkan banyak umpan balik. Pada tahun 1972, Plankalkül diterbitkan dan diimplementasikan secara komprehensif dalam disertasi. Kemudian pada tahun 1998 dan 2000, ada beberapa pola implementasi independen lainnya.

Kalau Anda bertanya-tanya ihwal arti harfiah Plankalkül, itu berarti "sistem formal (kalkül) untuk perencanaan (plan)".

Dalam diskusi ini, aku juga ingin menyebutkan Fortran, bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama yang populer. Lisp yaitu bahasa awal lain yang diungguli oleh Fortran beberapa tahun kemudian.


Sumber http://agakgaptek.blogspot.com/