Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Perbedaan Antara Deep Web, Darknet, Dan Dark Web?


Internet sangat luas, namun sebagian besar masih belum tersentuh oleh dunia biasa. Kami menganggapnya itu dengan nama Deep Web, Darknet, dan Dark Web. Darknet ialah jenis jaringan yang tidak sanggup diakses dengan memakai mode normal. Deep Web - yang meliputi web gelap sebagai subset - ialah bab dari world wide web yang tidak diindeks oleh mesin pencari menyerupai Google, Bing, DuckDuckGo.

Bagi sebagian besar dari kita, web terbatas pada sepuluh dua puluh atau mungkin lima puluh situs web. Sebagian besar koleksi terbatas ini berupa situs dan layanan Google. Pada kenyataannya, internet sangat besar, dan mempunyai sekitar satu miliar situs web yang ada di server di seluruh dunia.
Bahkan dengan miliaran situs web itu, web tidak lengkap. Banyak yang percaya bahwa world wide web yang kita lihat hanyalah puncak gunung es. Dua istilah Darknet dan Deep Web, dalam beberapa hal, membenarkan adanya jaringan tersembunyi ini yang kebanyakan orang tidak sadar. Dan mereka yang tahu perihal darknet sering membingungkannya dengan web yang dalam. Padahal, keduanya benar-benar terpisah.



Apa itu Deep Web?


 namun sebagian besar masih belum tersentuh oleh dunia biasa Apa Perbedaan Antara Deep Web, Darknet, dan Dark Web?

Selama berabad-abad, saat teknologi menjadi maju, insan membangun mesin yang bisa menyelam ke kedalaman samudra. Begitulah cara kita bisa menemukan sisa-sisa RMS Titanic. Crawler mesin pencari melaksanakan pekerjaan yang sama menyerupai yang dilakukan oleh kapal selam penjelajah. Mereka terjun ke internet dan mencatat apa pun yang mereka temukan.

Mereka mungkin telah menemukan Titanic, tapi ada banyak hal yang bisa ditemukan di samudera tak berdasar. Mirip dengan kasus crawler mesin telusur, mereka belum mengidentifikasi banyak sekali bab World Wide Web, dan kami menyebutnya Web Deep.

Misalnya, mesin pencari tidak akan sanggup mengakses server dan situs web yang menginangi data perihal beberapa misi diam-diam rahasia yang dipimpin oleh pemerintah. Tapi web dalam tidak misterius kedengarannya. Jaringan pribadi, ditandai sebagai web dalam, bisa berada sempurna di samping rumah Anda. Hanya saja internet yang tidak terjangkau oleh crawler search engine standar. Misalnya, jaringan dikelola oleh beberapa layanan streaming berbayar. Ini ialah jenis web yang dalam atau web tersembunyi. Jelas, mesin pencari tidak akan menentukan berlangganan bulanan untuk mengindeks katalog situs web semacam itu.

Apa itu Darknet?


Berlawanan dengan deep web, Darknet lebih dikenal masyarakat. Ini ialah jaringan terenkripsi yang dibangun di atas internet yang ada, dan perangkat lunak atau perangkat khusus diharapkan untuk mengakses darknet. Mungkin saja, protokol konvensional yang dipakai di internet mungkin tidak bekerja di darknet.

Darknet memperlihatkan anonimitas kepada pengguna. Salah satu darknet tersebut ialah Tor atau The Onion Router. Anda memerlukan browser Tor untuk masuk ke jaringan Tor.

Tor sanggup dipakai untuk mengunjungi situs internet sehari-hari, namun juga mempunyai banyak situs dan layanan tersembunyi yang tidak sanggup diakses di internet biasa. Tor memaksa mereka memakai protokolnya yang dikenal dengan Tor Hidden Service Protocol. Dan situs-situs yang terbatas pada jaringan Tor mempunyai alamat .onion khusus. Karena ini, darknet Tor juga dikenal sebagai bawang bombay.

Jaringan Friend-to-Friend (F2F) ialah jenis darknet yang lain. Dalam kasus ini, dua orang yang bersahabat berkomunikasi satu sama lain secara eksklusif melalui internet. Mereka mungkin ingin menyebarkan beberapa file melalui koneksi P2P. Jaringan semacam itu, yang tidak bisa diakses oleh orang lain, sanggup dienkripsi atau dilindungi kata sandi. Jadi, hanya orang yang bersangkutan yang mempunyai akses.

Apa itu Dark Web?

Ada hal lain yang ingin Anda sadari, web yang gelap. Anda bisa memikirkan web gelap sebagai bab dari web dalam. Anda perlu memahami perbedaan antara web dan darknet yang dalam, dan fakta bahwa internet dan WWW (World Wide Web) bukanlah hal yang sama.

Darknet ialah jaringan, dan web dalam merupakan bab dari World Wide Web yang berada di luar jangkauan mesin pencari. Jadi, kita bisa menguraikan web gelap menyerupai World Wide Web dari darknets menyerupai Tor, Freenet, dll. Artinya, layanan dan situs yang berjalan di darknet ialah web gelap.


Itulah perbedaan antara Deep Web, Dark Net, Dark Web berdasarkan pendapat saya sendiri. Jika pendapat saya kurang anda terima, silahkan tuliskan pikiran atau pendapat Anda di kolom komentar. Terima kasih

Sumber http://agakgaptek.blogspot.com/