Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Distro Linux Terpopuler Dan Banyak Digunakan

Distro Linux Terpopuler Dan Banyak Digunakan


Linux adalah sistem operasi berbasis UNIX. Mengapa berbasis UNIX? Dikatakan demikian karena Linuxdikembangkan berdasarkan standar yang dimiliki oleh UNIX, dengan kata lain Linux ini merupakan turunan dari UNIX. Linus Trovalds ialah pembuat atau bisa dibilang sosok dibalik sistem operasi ini. Nah Banyak distro-distro bersebaran sesuai kegunaannya, menyerupai Ubuntu,Kali Linux,DracOS Linux,Backtrack,dll. Nah Kali ini saya akan menampilkan distro Linux yang sering digunakan, berdasarkan pendapat saya pribadi.


10. Arch Linux


Arch Linux menonjol dalam Linux alasannya ialah tidak didasarkan pada distribusi yang lain dan belum terkenal dan banyak dipakai oleh masyarakat.

Secara tradisional, Arch tidak direkomendasikan untuk pengguna gres terutama alasannya ialah proses instalasi sedikit rumit dalam hal itu akan memerlukan banyak intervensi dari pihak pengguna.

Hal ini memerlukan tingkat tertentu pengetahuan perihal partisi, LVM, dan Linux secara umum untuk mempunyai instalasi sukses. Kabar baiknya ialah bahwa ini ialah sempurna apa yang menawarkan pengguna kebebasan untuk menyesuaikan sistem sesuai selera.
Pendekatan desain pengembang distro ini berfokus pada kesederhanaan, kebenaran aktivitas dan minimalisme. "Kesederhanaan" didefinisikan sebagai "tak perlu tambahan, modifikasi, atau komplikasi" sesuai sudut pandang pengembangnya, bukan sudut pandang pengguna.
Archlinux ialah sebuah Distribusi Linux berbasis binary, yang artinya, paket-paket aplikasi didistribusikan dalam bentuk telah terkompilasi. Berbeda dengan Gentoo yang mendistribusikan paket-paketnya dalam bentuk kode sumber.

9. CentOS


CentOS (Community Enterprise System Operasi) paling dikenal untuk server. versi desktop-nya tidak terkenal tetapi terus meningkatkan tahun tampilan visual sehabis tahun
Meskipun paling dikenal dan paling banyak dipakai sebagai distribusi untuk server Linux, versi desktop-nya terus membaik. Selain itu, ketahanan, stabilitas, dan 100% kompatibilitas biner dengan RHEL menciptakan CentOS nomor satu alternatif untuk Red Hat Enterprise Linux pada vendor cloud VPS.
Ini mungkin salah satu alasan utama untuk pertumbuhan berkelanjutan distribusi ini.

Sejarah CentOS Menurut Wikipedia
Pada bulan Juni 2006, para pengembang utama distro Tao Linux, kloning RHEL, mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan proyek tersebut dan menggantinya menjadi CentOS development. Para pengguna Tao linux kemudian bermigrasi memakai rilis CentOS memakai "yum update".
Di bulan Juli 2009, gres diketahui bahwa pendiri CentOS, Lance Davis, telah menghilang semenjak 2008. Lance Davis telah menghentikan kontribusinya terhadap proyek tersebut, namun tetap memegang kewenangan atas pendaftaran domain CentOS dan akun PayPal. Pada bulan Agustus 2009, Tim CentOS melaporkan telah berhasil menghubungi Davis dan mengambil alih kewenangan atas domain centos.info dan centos.org.
Di Bulan Juli 2010, popularitas CentOS meningkat tajam melompati Debian sebagai distribusi linux terpopuler untuk server web, dipakai hampir 30% dari total keseluruhan server web berbasis linux. Walaupun begitu,Debian mendapat kembali posisinya pada Januari 2012

8. Elemetary


distribusi Linux lain ditujukan untuk pengguna Microsoft dan Apple, Elementary (atau lebih sempurna ElemtaryOS), juga didasarkan pada Ubuntu.
Ini pertama kali dibentuk tersedia pada tahun 2011 dan ketika ini sedang stabil rilis keempat (codename "Loki", yang dirilis tahun ini) didasarkan pada Ubuntu 16.04.
Menurut Admin pribadi, ini ialah salah satu yang terbaik distro linux untuk dekstop. baik tampilan visual dasar ini tentunya merupakan salah satu fitur yang membedakan.

Distro ini pada awalnya bermula dari sepaket tema dan aplikasi-aplikasi yang ditujukan untuk Ubuntu, namun kemudian berubah fungsi menjadi sebuah distro linux tersendiri.Sebagai turunan dari Ubuntu, distro ini kompatibel dengan repositori dan paket-paket milik Ubuntu. Distro ini juga memakai software center milik Ubuntu untuk menangani pemasangan dan pencopotan perangkat lunak, meskipun software center elemetary sendiri sedang dalam pengerjaan. Tampilan antar mukanya dibentuk supaya terlihat intuitif bagi pengguna-pengguna gres tanpa memakai banyak sumber daya dan dengan desain yang serupa dengan sistem operasi OS X dari Apple

7. Zorin


Setelah tidak menciptakan ke daftar distribusi Linux Top pada 2015 dan tempat-10 yang sederhana pada tahun 2014, kita sanggup menyampaikan bahwa Zorin berdiri dari bubuk tahun ini.
distribusi berbasis Ubuntu ini lahir dan ketika ini dikelola di Irlandia. Dalam rangka untuk menarik pengguna Windows, ia mempunyai GUI Windows menyerupai dan banyak aktivitas serupa dengan yang ditemukan di Windows.
Tujuan utama dari distribusi ini ialah untuk menyediakan sistem operasi bebas menyerupai dengan Windows sementara memungkinkan para pengguna Windows menikmati Linux tanpa masalah. Zorin 12 dirilis September lalu.

6. Fedora


Fedora dibentuk dan dikelola oleh Fedora Project (dan disponsori oleh Red Hat, Inc.).
Karakteristik yang paling membedakan dari Fedora ialah bahwa hal itu selalu memimpin mengintegrasikan versi paket gres dan teknologi ke dalam distribusi.
Dengan kata lain, jikalau Anda ingin perangkat lunak FOSS terbaru dan terbaik, Fedora ialah salah satu daerah pertama di mana Anda harus melihat. Pada tahun 2016, versi 24 dan 25 yang dirilis.

5. Manjaro


Manjaro, distribusi berbasis Linux Arch mengalami pertumbuhan yang luar biasa selama 2016. Tanpa diragukan lagi, dengan memanfaatkan ketahanan Arch Linux dan fitur-fiturnya, pengelola dari Manjaro telah bisa secara konsisten memastikan pengalaman baik bagi pengguna Linux gres dan berpengalaman menyenangkan.

Jika Anda tidak ingat apa-apa lagi perihal Manjaro, perlu diingat bahwa ia tiba dengan lingkungan preinstalled desktop aplikasi grafis (termasuk sentra software) dan codec multimedia untuk memutar audio dan video.
Selama 2016, 4 versi atau update utama yang dirilis: 16,06, 16.06.1, 16.08, dan 16.10.

4. openSUSE


Seiring dengan Ubuntu, openSUSE ialah salah satu alternatif open source ke Red Hat Enterprise Linux. Di atas itu, openSUSE ialah (sesuai pengembangnya) sistem operasi pilihan bagi pengguna gres dan Geeks sama (Anda mungkin oke atau tidak, tapi itulah yang mereka katakan).
Di atas semua itu, produk SUSE Linux Enterprise terkenal dan pemenang penghargaan didasarkan pada openSUSE. Sebuah versi gres openSUSE Leap 42,2 dirilis selama tahun ini.

3. Ubuntu


Bagi individu dan perusahaan yang membutuhkan dukungan profesional oleh pencipta distribusi ini, Ubuntu menonjol. Meskipun sumbangan profesional tersedia di bawah kontrak dukungan, Ubuntu mempunyai basis pengguna yang besar dan dukungan pengguna luar biasa juga.
Selain itu, Ubuntu tersedia baik di edisi desktop dan server, dan yang berbasis Debian, itu juga merupakan sistem operasi rock-solid. Dukungan Jangka Panjang (LTS) edisi telah dijamin dukungan selama 5 tahun sehabis tanggal rilis mereka.
Selain itu, Anda akan melihat pada daftar ini yang beberapa distribusi desktop berbasis Ubuntu - dan itu ialah alasan lain untuk popularitas.
Selama 2016, Canonical (perusahaan di balik Ubuntu) merilis 5 versi (atau update ke edisi LTS ketika ini): 14.04.3, 14.04.4, 14.04.5, 16.04.1, dan 16.10.

2. Debian


Dengan lebih dari 23 tahun di ekosistem Linux, Debian menonjol untuk ketahanan, stabilitas, dan siklus rilis diminyaki. Selain itu, distribusi dengan jumlah terbesar dari paket yang tersedia dan salah satu pilihan teratas untuk server.
Rilis stabil ketika ini (versi 8, codename Jessie) akan digantikan oleh Debian 9 (codename Strech) sekitar pertengahan tahun 2017. Tidak ada gejala dari Debian kembali menjadi SysVinit bau tanah sebagai default sistem dan manajer proses.

1. Linux Mint


Linux Mint ialah stabil, kuat, dan elegan distribusi berbasis Ubuntu. Salah satu alasan di balik popularitas ialah kenyataan bahwa hingga versi 17.x itu termasuk keluar dari kotak banyak software yang berkhasiat (seperti codec multimedia).

Namun, ini berakhir dengan versi 18, meninggalkannya hingga pengguna untuk menginstal paket-paket sehabis sistem operasi dan berjalan. Untuk menciptakan terperinci - bukan itu Linux Mint telah dilarang dukungan untuk codec multimedia dan perangkat lunak lain ia dikirim dengan hingga tidak terlalu usang yang lalu.

Alasan di balik keputusan ini ialah sederhana: codec pengiriman tidak secara signifikan meningkatkan distribusi dan itu berarti banyak pekerjaan di sisi pengembang '.

Justru alasannya ialah ini bahwa Linux Mint sering ialah distribusi yang disukai kedua pengguna gres dan berpengalaman - sebuah sistem operasi lengkap siap untuk dipakai sehabis instalasi. Selama tahun 2016, 3 rilis keluar: 17,3 (Rosa), 18 (Sarah), dan 18,1 (Serena), berdasarkan Ubuntu 14.04 (Rosa dan Sarah) dan 16.04 (Serena).


Pada artikel ini kita telah menyebarkan klarifikasi singkat dari 10 distribusi Linux . Apakah anda gres untuk Linux dan mencoba untuk tetapkan mana distro yang akan Anda gunakan untuk memulai perjalanan Anda, atau pengguna yng ingin menjelajahi gres Pilihan, kami berharap panduan ini akan memungkinkan Anda untuk mengambil keputusan.

Sumber http://agakgaptek.blogspot.com/