Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan Beberapa Virus Komputer. Baca Semoga Terhindar!

Virus Komputer


Siapa tak tahu virus komputer, mahluk ini begitu menakutkan, mengundang rasa ingin tahu, menciptakan kesal, bahkan putus asa. Di sisi lain Banyak hal yang belum kita ketahui perihal virus, sehingga muncul prasangka dan polemik bahkan mitos-mitos yang belum tentu benar seputar virus komputer. 
Saat ini dengan semakin terbukanya komunikasi global, ancaman virus semakin besar. Bahkan varian perangkat lunak yang bisa merusak dan menyebar ini menjadi semakin befariasi. Kita mengenal istilah exploit, worm, spyware, malware, adware, trojan horse, rootkit, spam keylogger, hoax dan sebagaainya sebagai ancaman terhadap sistem koputer kita.

Belum lagi para hacker dan cracker senantiasa mencari titik lemah (security hole) dari jaringan yang terkoneksi ke internet. Berikut definisi ringkas menganai mahluk-mahluk mengerikan yang perlu kita waspadai dan berpotensi mengancam komputer.

  • Virus 

Adalah agenda komputer yang sanggup menyalin dirinya sendiri dan mempunyai kemampuan menular ke komputer lain. Virus bisa berupa sebuah agenda independen atau agenda yang masuk ke file lain yang menjadi host-nya. Pertumbuhan virus sangat cepat alasannya ialah kita tidak harus menciptakan sendiri tapi sanggup juga memodifikasi virus yang telah ada. Selain itu faktor ego langsung untuk bisa menciptakan agenda virus baik yang merusak atau sekedar mencari popularitas secara cepat dan gampang mendorong pertumbuhan virus.
  • Exploit

Merupakan sebuah agenda (urutan perintah) atau kumpulan data yang masuk ke komputer dengan memanfaatkan kelemahan keamanan atau juga bug dari suatu aplikasi atau sistem operasi dan berikibat sikap asing pada aplikasi. Eksploit umumnya bekerja melalui jaringan baik server juga klien. Keistimewaan exploit ia mempunyai kemampuan meningkatkan hak saluran atas suatu jaringan untuk meberi daya rusak yang lebih besar.

  • Worm

Worm atau cacing ialah agenda yang bisa menduplikasi diri antar jaringan. Berbeda dengan virus, worm tidak masuk ke dalam file lain. Sebuah jaringan yang terjangkit worm umumnya mengalami penurunan kecepatan yang drastis. Tugas worm ialah menciptakan sebuah backdoor di komputer untuk memungkinkan pembuat worm mengotrol komputer secara remote. Uniknya worm pada awalnya didesain untuk melaksanakan auto patching dari suatu sisstem operasi contohnya Microsoft windows biar security hole (lubang keamanan) dari suatu software diperbaiki.

  • Spyware

Spyware ialah perangkat lunak yang terinstal secara belakang layar pada PC untuk mengambil alih sebagian kontrol komputer tampa sepengetahuan pemiliknya. Sementara itu spyware secara belakang layar memonitor aktifitas pengguna. Spyware sanggup mengumpulkan isu langsung ibarat kebiasaan suffing internet. Misalnya kalau kita sering mengunjungi situs-siitus porno, maka tidak usah kaget kalau tiba-tiba kita menerima email (spam) penawaran obat kuat, atau saluran gratis ke situs sejenis.
  • Adware

Adware ialah script dibentuk memakai interpreter yang masuk ke chace browser kita, untuk menampulkan iklan, promosi. Adware biasanya ditempatkan baik secara sengaja atau tidak ke sebuah web hosting. Adware tidak menimbulkan kerusakan pada sistem dan gampang dibuang, tapi kadang cukup menggangu.

  • Malware

Malware ialah perangkat lunak yang menimbulkan penyimpangan fungsi dari sistem komputar atau aplikasi yang ada di dalamnya, sotware ini dirancang untuk menyusup dan merusak sistem komputer tanpa sepengetahan pemiliknya. Banyak yangmengatakan malware sama dengan virus dan pendapat ini benar. Malware juga boleh disebut worm, trojan hourse, rootkit, spyware.

  • Trojan Horse

Berawal dari epik kuda troya pada legenda romawi Trojan ialah malware yang masuk ke sistem untuk menjalankan fungsi yang diinginkan pembuatnya. Dan biasanya fungsi atau aktivitas yang dilakukannya merugikan. Sebagai rujukan waterfall.scr yang muncul dikala browsing dengan menyampaikan screensaver grratis. Secara belakang layar trojan mereduksi tingkat keamanan komputer kita dan menciptakan sistem sanggup diakses secara remote oleh siapa saja.

  • Rootkit

sebuah atau kombinasi dari beberapa agenda yang dirancang untuk mengambil alih sistem secara mendasar (pada Linux istilahnya saluran root sedang pada Ms Windows istilah nya saluran Administrator). Rootkit bisa menjangkit hampir semua sistem operasi. Dampak umum yang ditimbulkan ialah hilang atau tersembunyinya file-file data dari sisem.
  • Spam

Spam ialah bentuk penyalahgunaan pesan elektronik pada email,forum, newsgroup, blog, millis dan lainnya. Spam ialah pesan masal yang tidak dikehendaki. Seseorang sanggup mendapatkan email beruntun dalam jumlah yang besar. Spam tidak dikirim secara manual melainkan otomatis dan kadang menumpang pada salah satu mail atau server yang tingkat keamanannya rendah. Meski terlihat ibarat sepele,spam sangat merugikan pemiliki penyedia jasa internet bahkan komunitas maya secara global alasannya ialah mereduksi kecepatan internet dan menimbulkan kemacetan arus data.

  • Hoax

Hoax ialah pesan palsu berantai yang bertujuan menciptakan miss informasi. Misalnya pesan usulan untuk menghapus semua lampiran email yang bergotong-royong aman, atau pesan bahwa simpulan zaman akan terjadi pada awa pergantian milenium. Salah satu kasus hoax yang cukup terkenal ialah ketika ketika pada tahun 2006 Seorang cukup umur di amerika Megan Meiyer bunuh diri akhir pesan-pesan yang diterimanya. Namun pelaku Lori yang berusia Drew 49 tahun, dinyatakan bebas oleh pengadilan. Belum usang penulis mendapatkan pesan di mail yahoo untuk merubah passwod segera di link yang diberikan pengirim pesan (atas nama administrasi yahoo corp) dengan konsekuensi account akan dihapus kalau tidak segera dilakukan. sehabis diabaikan selama dua ahad ternyata keanggotaan email diyahoo tidak dihapus.

  • Keylogging

Keylogging atau keystroke logging ialah sebuah metode untuk menangkap apa yang ditekan pengguna pada keyboard. Sebenarnya keylogging digunakan untuk berguru bagaimana user memakai komputer, atau untuk memilih sumber kesalahan yang bersifat human error. Dapat juga digunakan untuk mengukur produktifitas karyawan, atau alat bagi penegak aturan mendapatkan password atau kunci enkripsi. Penyalah gunaan keylogging ialah dengan menyisipkan keylogger pada malware untuk tujuan kriminal.

  • Phishing

Adalah upaya penipuan baik melalui email atau messenger dengan menyampaikan sebuah link ke suatu situs palsu yang ibarat mirip aslinya contohnya sebuah bank atau situs transaksi online, Modus ini digunakan untuk memperoleh isu sensitif mengenai user ibarat nomor pin dari sebuah kreit kard, atau password dari sebuah account internet. Phishing apat juga di injek ke sebuah web server. Cara ini lebih berbahaya alasannya ialah korban sulit membedakan antara link yang bergotong-royong dengan yang palsu. 


Sumber http://agakgaptek.blogspot.com/